Setelah Telegram, Kominfo Pertimbangkan Tutup Sosial Media Lain

Agista Rully | Senin, 17 Juli 2017 11:18
Setelah Telegram, Kominfo Pertimbangkan Tutup Sosial Media Lain
merdeka

Kapanlagi.com - Merebaknya paham terorisme dikhawatirkan oleh pemerintah dapat menyebar dengan mudah di bermacam platform sosial media. Untuk itu, Kementerian Informasi dan Komunikasi meminta kerjasama dengan berbagai platform untuk menangkal konten-konten berbau hoax dan radikalisme baik dalam bentuk foto atau tulisan.

Kerjasama yang diinginkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, bisa berupa seleksi konten yang dilakukan platform media sosial asing dengan aparat penegak hukum dalam negeri. Bila tidak seperti itu, maka Kominfo pertimbangkan untuk menutup semua platform sosial media.

"Penyedia platform internasional sangat mengecewakan kami. Kami meminta untuk memperbaiki ini, kalau tidak ada perbaikan kita akan serius dan akan mempertimbangkan untuk menutup platform-platform tersebut," ujar Rudiantara dikutip dari berbagai sumber.

Rudiantara, Menkominfo, akan mempertimbangkan untuk menutup Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook  istimewaRudiantara, Menkominfo, akan mempertimbangkan untuk menutup Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook istimewa

"Permintaan kami pada platform untuk menutup akun-akun yang memiliki muatan radikalisme sepanjang 2016 hingga 2017 baru 50% dipenuhi. Ini sangat mengecewakan," imbuh pria yang menjabat sebagai Menteri di era Pemerintahan Jokowi ini.

"Mereka kan ke sini karena bisnis. Iklan-iklan juga dari sini oleh sebab itu perlu patuh pada peraturan yang ada di sini." Menurut Rudiantara sendiri, kini Kominfo tengah gencar melakukan upaya untuk mencegah penyebaran radikalisme.

Cara yang dilakukan dengan penutupan situs dan pemblokiran akun di media sosial. Pemblokiran akun di media sosial ini melibatkan bermacam platform termasuk Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook. Oleh sebab itu KLovers, kita harus bijak dalam menggunakan sosmed ya ;)

(ant/agt)




PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI