Sodorkan Presentasi Menawan, 5 Startup Ini Pukau Juri dalam Pitching Day Semarang

Sabtu, 12 Mei 2018 11:45 Penulis: Wuri Anggarini
Sodorkan Presentasi Menawan, 5 Startup Ini Pukau Juri dalam Pitching Day Semarang
┬ęThe NextDev

Kapanlagi Plus - The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang rampung digelar. Dari 20 finalis yang mengikutinya, tersaring tiga peserta yang berhak maju ke babak selanjutnya, yaitu Final Pitching, di Jakarta pada akhir Oktober mendatang. Mereka adalah Qappas, Tumbas.in, dan Dukapedia.

Meyakinkan para juri adalah tugas yang cukup berat. Tapi dari sekian banyak peserta, ada beberapa startup yang berhasil tampil memukau. Siapa saja mereka?

Kurirbuku.com

Meski tampil sebelum penutupan sesi pertama pitch deck The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang, semangat para juri kembali bangkit saat Kurirbuku.com melakukan presentasinya. Haning, founder Kurirbuku.com berhasil menyampaikan produknya dengan baik meski cuma punya waktu tiga menit.

Selain itu, fokus startup untuk membangun platform berbagi buku dan tenaga pengajar ini tampaknya berhasil memancing rasa penasaran para juri.

"Kami membangun socialpreneur lewat Kurirbuku di Semarang," ungkap Haning kepada dewan juri. Suaranya yang lantang dan tegas semakin menekankan makna dari kata-kata yang disampaikannya selama 180 detik. Tak heran bila juri-juri tak hanya menghujaninya dengan pertanyaan, tapi juga saran-saran positif untuk pengembangan Kurirbuku.com.

Nyanggar.id

Nyanggar.id menawarkan sebuah platform untuk digital marketing bagi seniman tari tradisional di Jawa Tengah. Sang founder, Rizki Danang, mengaku bahwa Nyanggar.id hadir setelah banyaknya keluhan dari para penari tradisional yang kesulitan mencari pasarnya di masyarakat.

Sebuah ide yang sangat menarik. Sayangnya, Nyanggar.id masih berupa konsep ide dan belum sampai pada tahap prototype stage. Semoga saja Nyanggar.id kembali ikut The NextDev 2018 dengan persiapan dan materi yang lebih matang dan sempurna.

Persona

"Persona adalah platform digital yang menawarkan layanan tes psikologi Untuk kebutuhan korporasi dengan mengunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.”

Itulah yang dipresentasikan oleh Vilga Diputra, Chief Executive Officer (CEO) Persona, dan Laurensius Falendo dari Business Development, waktu tiga menit dimanfaatkan dengan cepat dan tepat untuk membuat juri tertarik dengan konsep platform mereka.

Keunggulan Persona adalah sudah menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan di Semarang. Artinya, sudah ada pihak yang mengakui kualitas Persona.

"Selain menggunakan tools AI, kami juga menggunakan metode wawancara dan mendampingi perusahaan saat wawancara supaya hasil kami lebih baik," jelas Vilga.

KerabaTani

KerabaTani adalah platform digital di sektor pertanian yang memanfaatkan teknologi dengan menghubungkan tiga komponen besar dalam sistem pertanian, yaitu petani, investor dan pembeli. Tujuan dari KerabaTani ini adalah meningkatkan produktivitas, menjaga mutu, serta pemberian gizi yang tepat pada setiap tanaman. Intip aksi mereka dalam pitching day Semarang di sini.

Vetways

Vetways merupakan platform digital yang diciptakan untuk meningkatkan produktivitas hewan-hewan ternak yang dimiliki oleh keluarga. Tujuan utama dari Vetways adalah bagaimana caranya untuk membantu swasembada protein hewani bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Simak ulasan selengkapnya di sini.

Lima startup di atas mewakili 20 peserta The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang bahwa startup di negara ini memiliki masa depan cerah di dunia digital. Masing-masing ide begitu segar dan diharapkan bisa diwujudkan agar memberikan dampak sosial yang lebih baik kepada Indonesia.

Bagaimana dengan kamu? Wujudkan impian dan bersainglah dengan pemuda-pemuda terbaik Indonesia di ajang The NextDev 2018.

(adv/xpi/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI