Staycation Nyaman Tanpa Bebani Keuangan, Begini Triknya!

Minggu, 08 September 2019 15:09 Penulis: Wuri Anggarini
Staycation Nyaman Tanpa Bebani Keuangan, Begini Triknya!
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Beraktivitas tanpa henti setiap harinya bukan hanya bikin tubuh merasa lelah, tapi juga mulai mengalami jenuh bahkan stres. Namun untuk mengambil liburan panjang, ini bukan saat yang tepat. Selain masih punya banyak pekerjaan yang harus digarap, bujet untuk traveling ke spot wisata impian juga belum terkumpul.

Sebenarnya, kamu bisa meluangkan waktu dengan menjajal staycation di akhir pekan, tanpa harus mengambil cuti atau membebani kondisi keuanganmu. Yuk, miliki liburan singkat yang nyaman dengan melakukan trik staycation berikut ini.

Tentukan Tujuan

Hanya punya waktu yang terbatas untuk refreshing, pilih tujuan terdekat yang mudah dijangkau. Selain menghemat waktu bepergian, hal ini juga bisa menekan bujet tanpa harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk urusan transportasi.

Tidak harus melulu melakukan staycation di kotamu sendiri, bisa juga menjajal menginap di luar kota atau daerah yang bisa dijangkau dalam 1-2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Lakukan Sesuatu yang Berbeda

Untuk membuat staycation terasa seperti liburan yang nata, pilih tujuan yang berbeda dari yang selama ini kamu lakukan. Misalnya tinggal di kota yang identik dengan keramaian dan lalu lintas yang padat, pilih hotel yang berada di lokasi yang tenang. Menghabiskan terlalu banyak waktu di mobil? Pilih penginapan di tengah alam atau pantai yang memberimu banyak waktu dan kesempatan untuk berjalan kaki.

Sesuaikan dengan Bujet

Sebelum hunting hotel, sebaiknya pertimbangkan bujet yang ada dan sesuaikan dengan kemampuan. Buat yang punya anggaran terbatas, memilih budget hotel yang sesuai dengan keinginan staycation-mu pun sudah bikin kamu merasa puas, kok. Tapi jika ingin menikmati fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh hotel berbintang, mulai dari awal untuk menyisihkan sebagian gaji demi menjajal staycation sesuai impian.

Manfaatkan Promo Hotel

Melesatnya tren traveling membuat banyak hotel yang berlomba-lomba memberikan promo untuk menarik banyak tamu. Apalagi didukung aplikasi pemesanan hotel yang seringkali menawarkan potongan hingga fasilitas menarik lainnya.

Selain itu, manfaatkan juga reward poin yang bisa ditukarka dengan voucher hotel yang dapat menghemat bujetmu. Yuk, rajin meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang diskon dan promo tiket yang bikin staycation semakin seru.

Rencanakan 1 Acara Khusus

Mentang-mentang sudah dapat voucher hotel, maunya menghabiskan akhir pekan hanya berdiam di dalam hotel saja. Buat staycation jadi lebih spesial dengan merencanakan acara khusus yang dinanti-nanti. Misalnya memilih penginapan di dekat tempat pertunjukkan yang selama ini jadi impianmu atau menikmati Sabtu malam yang indah di restoran favorit yang lokasinya tak jauh dari hotel.

Kemas Seperlunya

Dengan staycation, tak perlu membawa terlalu banyak barang. Cukup mengemas peralatan mandi dan pakaian ganti seperlunya. Semakin sedikit barang yang dibawa, waktu yang dimiliki untuk diri sendiri pun semakin banyak karena tak perlu membongkar dan repack atau bahkan pulang ke rumah tanpa cucian berlebih.

Siap menjajal staycation akhir pekan ini?

(kpl/eth)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI