Studio Kyoto Animation Jepang Dibakar, Yasuhiro Takemoto & 33 Orang Tewas

Kamis, 18 Juli 2019 22:45 Penulis: Dhimas Nugraha
Studio Kyoto Animation Jepang Dibakar, Yasuhiro Takemoto & 33 Orang Tewas
Studio Kyoto Animation Kebakaran Twitter/@mipyong1


Kapanlagi Plus - Tagar #PrayForKyoAni memuncaki trending topic dunia di twitter, Kamis (18/7/2019). Lebih dari 240 ribu cuitan, menyerukan tagar ini dari seluruh dunia. Hal tersebut dilakukan sebagai ungkapan duka cita dari para penggemar atas insiden kebakaran yang terjadi di Studio Kyoto Animation, Jepang.

Dilansir dari Jiji Press, kebakaran ini dilakukan oleh orang tak dikenal. Dari kejadian tersebut, sementara ini dikabarkan ada 33 orang yang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

1. Kebakaran Dilakukan Oleh Satu Orang

Menurut laporan dari kepolisian setempat, pelaku diketahui adalah seorang laki-laki berusia 41 tahun. Saat itu, ia berjalan ke Studio 1 Kyoto Animation di Fujimi, Kyoto sekitar pukul 10.30 pagi.

Ia kemudian menuangkan cairan yang diduga bensin di beberapa area bangunan, sebelum akhirnya menyalakan api. Pada saat itu, ada lebih dari 70 orang di gedung itu.

Sekitar 30 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Sementara pelaku sebelum ditangkap ia sempat dibawa ke rumah sakit. Hingga saat ini, masih belum tahu motif apa yang membuatnya melakukan pembakaran.

2. Salah Satu Sutradara Terkenal Meninggal

Dari 33 tiga korban tewas dalam kejadian tersebut, salah satunya adalah Yasuhiro Takemoto. Bagi pecinta anime, pasti cukup mengenal nama tersebut.

Yasuhiro Takemoto adalah sutradara anime yang tergabung dalam Studio Kyoto Animation Co. Sutradara kawakan ini pernah menggarap beberapa projek serial anime dan movie anime.

Projeknya yang terkenal, antara lain adalah Amagi Brilliant Park, Chuunibyou demo Koi Ga Shitai, Clannad, Full Metal Panic, Hyouka, K-On, dan beberapa anime terkenal lainnya.

Tak hanya serial, beberapa film anime garapan Yasuhiro juga sangat terkenal, seperti KOE NO KATACHI, INUYASHA THE MOVIE, dan TAMAKO LOVE STORY.

3. Studio Kyoto Animation

Studio Kyoto Animation Co sendiri didirikan pada tahun 1981 oleh Yoko Hatta, seorang produser anime. Suaminya, Hideaki, menjabat sebagai presiden perusahaan.

Seperti yang diketahui, Studio KyoAni ini telah memproduksi serial anime dan film anime yang berkualitas tinggi. Bahkan, kapasitas dari Studio ini pun juga sudah diakui oleh dunia.

(kpl/dim)

Editor:

Dhimas Nugraha



MORE STORIES




REKOMENDASI