Sutradara Gadungan Bawa Nama 7 Seleb Untuk Lancarkan Aksi Penipuan

Selasa, 30 Juli 2019 15:55 Penulis: Dhimas Nugraha
Sutradara Gadungan Bawa Nama 7 Seleb Untuk Lancarkan Aksi Penipuan
Penipuan sutradara gadungan ©merdeka.com


Kapanlagi Plus - Kasus penipuan dengan kedok audisi sinetron baru saja diungkap oleh Kepolisian Kota Kediri, Jawa Timur. Dalam aksinya tersebut, untuk meyakinkan para calon peserta casting, sutradara gadungan ini melibatkan 7 nama artis ibukota.

Dilansir dari merdeka.com, menurut keterangan dari polisi, aksi penipuan tersebut setidaknya sudah memakan 25 korban. Kerugian yang diterima para korban ini sudah mencapai Rp 280 juta.

Saat ini, kasus tersebut dalam penanganan oleh Polres Kota Kediri. Kapolresta Kediri, Ajun Komisaris Besar Anton Haryadi mengatakan, selain gandeng 7 artis, untuk melancarkan aksinya, tersangka juga membawa nama stasiun televisi swasta.

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa fakta lain terkait kasus penipuan ini. Berikut faktanya.

1. Tayang di Televisi dan Honor Menggiurkan

Aksi casting tipu-tipu sinetron SAJADAH CINTA ini sudah memakan 25 korban denga kerugian ratusan juta. Sutradara gadungan yang diketahui namanya Robby Sudarsono atau Bang Jay, menjanjikan para korba honor yang menggiurkan.

Ia meyakinkan para korban, jika mereka akan menerima gaji sebesar Rp 1,5 juta setiap episode yang tayang di dua televisi nasional. Namun, sebelumnya Bang Jay meminta jaminan uang, dan pura-pura melakukan casting.

Jumlah uang yang harus dibayarkan korban pun bervariasi. Ada yang ratusan ribu untuk hanya sekedar bisa ikut casting, sedangkan yang sudah dijanjikan untuk syuting setidaknya harus membayar mahar dari Rp 1 juta hingga Rp 40 juta.

"Anak saya habis sekitar p 20 juta," ujar salah seorang orangtua calon artis dilansir dari merdeka.com saat gelar perkara di Mapolres Kota Kediri, Senin (29/7/2019).

2. Mengaku Sutradara Dari PT JAS Production

Kapolresta Kediri Ajun Komisaris Besar Anton Haryadi mengatakan, dari hasil penyelidikan dan penyidikan, Robby Sudarsono akhirnya bisa ditangkap. Diketahui pria dengan panggilan Bang Jay ini, ternyata adalah warga Bekasi.

Selain itu, tersangka juga mengaku dari salah satu rumah produksi. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata rumah produksi tersebut tidak ada.

"Yang bersangkutan mengaku sutradara dari PT JAS Production untuk sinteron yang ternyata tidak ada," ujar Kombes Anton Haryadi.

Anton menambahkan, tersangka dulunya adalah seorang kru film yang bertugas sebagai penghubung atau LO (Liaison Officer).

3. Catut Nama ANTV dan Trans 7

Modus lain yang dipakai tersangka untuk melancarkan aksi penipuannya dengan mencatut dua nama stasiun televisi swasta, yaitu ANTV dan Trans 7.

Selain itu, Anton juga menjelaskan jika tersangka juga melakukan kerja sama dengan sebuah agen modeling di Kota Kediri untuk pura-pura melakukan perekrutan. Pelaku juga menjanjikan, jika sinetron SAJADAH CINTA ini akan tayang di ANTV dan Trans 7.

Atas kasus itu, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP juncto 372 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman pidana penjara 4 tahun.

Tak hanya tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti, seperti merchandise sinetron Sajadah Cinta, hingga peralatan syuting.

4. Ada 7 Artis Ibukota Yang Terlibat dalam Aksi Ini

Dalam keterangannya, Kombes Anton Haryadi juga menjelaskan setidaknya ada tujuh pesinetron Sajadah Cinta yang dimintai keterangan.

Datangnya tujuh artis tersebut diduga kuat untuk memuluskan aksi penipuan oleh pelaku. Hingga saat ini, masih ada lima orang artis yang bisa datang di Mapolresta Kediri untuk dimintai keterangan.

Sementara itu, Adit salah satu pesinetron yang dibawa Robby, ketika dimintai keterangan mengaku tak tahu menahu soal kasus penipuan ini. Namun, selama itu pula ia juga mendapatkan gaji sesuai yang dijanjikan oleh Bang Jay.

"Gaji dibayarkan. Kalu enggak kayak gitu (dibayar sesuai janji), saya bakalan mencurigainya," tutur Adit saat konpers.

5. Ada Pengambilan Gambar dan Promo Sinteron

Aksi penipuan Bang Jay sebagai sutradara diduga sudah dipersiapkan secara matang. Pasalnya, tak sekedar mengundang 7 artis Ibukota, ia juga melakukan pengambilan gambar layaknya sebuah produksi sinetron.

Tak hanya itu, ia juga melakukan promo abal-abal untuk sinetron terbarunya untuk meyakinkan para korbannya. Ia bahkan menjanjikan kepada para korban, jika sinetron Sajadah Cinta ini akan tayang pada 17 Juli 2019.

(kpl/dim)

Editor:

Dhimas Nugraha



MORE STORIES




REKOMENDASI