Tak Kalah Dari Brand Luar, Kedai Kopi Ini 'Go International'

Selasa, 22 Januari 2019 22:34 Penulis: Guntur Merdekawan
Tak Kalah Dari Brand Luar, Kedai Kopi Ini 'Go International'
Tanamera Coffee / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi Plus - Tanamera Coffee sebagai salah satu kedai penyaji kopi lokal telah membuktikan jika mereka tetap bisa bersaing dengan merk besar seperti Starbucks hingga Maxx Coffee. Tahun ini di usia yang menginjak 5 tahun, Tanamera Coffee sudah memiliki 11 cabang yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Tak cukup sampai situ saja, sepanjang tahun 2019 ini Tanamera Coffee bakal melebarkan pasarnya dengan membuka sekitar 9 gerai baru. Bahkan, beberapa di antaranya bakal dibuka di luar negeri juga loh!

"Kami juga akan ekspansi ke pasar Asia dengan membuka gerai Tanamera Coffee di Malaysia pada April ini dan Singapura pada kuartal ketiga atau keempat 2019. Total sampai akhir tahun 2019, Tanamera akan menjadi 20 gerai," ujar Natasha Tirtadjaya, Senior Marketing Executive Tanamera Coffee.

Tanamera Coffee / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaTanamera Coffee / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Tanamera Coffee mencoba untuk mengenallan specialty kopi nusantara ke pasar Internasional. Bukan tanpa alasan, menurut Natasha, kopi lokal Indonesia sangat variatif dan punya karakter kuat. Karenanya, Ia yakin jika kualitas dari kopi lokal juga berpotensi besar untuk mencuri hati para pecinta kopi di seluruh dunia.

"Negara kita memiliki perbedaan tanah dari Sabang sampai Merauke, yang membuat kopi kita lebih berkarakter dibanding negara lain," sambungnya.

Tanamera Coffee sendiri namanya memang sudah cukup mendunia. Berbagai penghargaan Internasional telah ditorehkan sebelumnya, seperti menjadi Champion International Roaster tahun 2015 dan 2016 silam di Melbourne International Coffee Expo hingga menerima 44 penghargaan dari ajang International Coffee Award.

"Ini menjadikan Tanamera sebagai kedai kopi di Indonesia yang paling banyak mendapat penghargaan internasional. Dalam mencari green bean berkualitas di pelosok Indonesia tidak mudah dilakukan. Kerja keras dan kerja sama dengan petani menjadi kunci Tanamera Coffee dalam menciptakan varian kopi nusantara berkualitas," jelas Natasha.

Tanamera Coffee / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaTanamera Coffee / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Salah satu strategi utama Tanamera Coffee dalam menghasilkan biji kopi berkualitas terbaik adalah dengan melakukan pengawasan dari hulu hingga hilir. Tugas itu diserahkan pada John Lee, sang Master Roaster dari Tanamera Coffee, yang selalu berkeliling ke berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia untuk menemukan potensi biji kopi terbaik.

"Kami sangat berterima kasih karena bertemu dengan petani-petani yang ingin menjaga dan mau belajar proses memproduksi kopi secara benar untuk menghasilkan kualitas yang bagus atau bukan hanya sekadar kuantitas besar," pungkas John.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI