Tenggelamkan Kapal, Menteri Susi Dapat Pujian Leonardo DiCaprio

Senin, 12 Juni 2017 08:18 Penulis: Agista Rully
Tenggelamkan Kapal, Menteri Susi Dapat Pujian Leonardo DiCaprio
© istimewa

Kapanlagi Plus - Selain memiliki gaya yang eksentrik, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga memiliki cara yang tegas untuk menjaga sumber daya laut Indonesia. Menteri yang juga seorang pengusaha ini bahkan diketahui meledakkan kapal dan menindak tegas para pelaku illegal fishing. Tindakannya ini menuai pujian dan apresiasi.

Rupanya tak hanya mangaka Jepang saja yang menghargai tindakan Ibu Menteri satu ini, aktor papan atas Hollywood Leonardo DiCaprio juga melakukan hal serupa. Hal ini diketahui dari acara World Oceans Day 2017 yang diperingati pada tanggal 8 Juni setiap tahunnya.

Leonardo DiCaprio menyampaikan pidatonya tentang kewaspadaan illegal fishing dalam World Oceans Day 2017 © Youtube.comLeonardo DiCaprio menyampaikan pidatonya tentang kewaspadaan illegal fishing dalam World Oceans Day 2017 © Youtube.com

Dalam perhelatan yang berlangsung di kantor PBB, New York tersebut, Leonardo DiCaprio menyampaikan pujian pada Susi dalam pidatonya. Ya, memang Leo tidak hadir secara langsung dalam acara yang berkonsentrasi pada penanggulangan illegal fishing tersebut tapi pidatonya disampaikan dalam video yang diputar dalam acara tersebut.

"Beberapa waktu lalu, sekitar 10 ribu kapal secara ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil ikan di perairan Indonesia. Ini membuat nelayan lokal merasakan dampak buruk," ujar aktor berusia 42 tahun tersebut.

"Namun Menteri Perikanan Susi melakukan usaha memberantas kegiatan ilegal tersebut dan menjadi pemimpin ke era pengelolaan perikanan yang transparan," lanjutnya. 

Leo menyinggung aksi Susi ini usai mengetahui bahwa Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memberikan data kapal (Vessel Marine System) agar bisa diakses oleh Global Fishing Watch (GFW). Dengan sistem ini, pergerakan kapal-kapal ikan dapat dilacak secara langsung.

Menteri Susi mendapatkan pujian dari Leonardo DiCaprio atas ketegasannya menindak kapal ilegal dan mau menyerahkan data kapal ikan Indonesia © twitter.com/IwanPalsuMenteri Susi mendapatkan pujian dari Leonardo DiCaprio atas ketegasannya menindak kapal ilegal dan mau menyerahkan data kapal ikan Indonesia © twitter.com/IwanPalsu

Aplikasi GFW ini dikembangkan oleh Google, Skytruth, dan Oceana dengan Yayasan Leonardo DiCaprio dan Bloomberg Philantrophies sebagai penyandang dana. GFW diharapkan dapat menjadi aplikasi yang mempermudah stakeholder tertentu untuk memantau kapal-kapal penangkapan ikan yang beroperasi.

"Ini memperlihatkan seseoran pemimpin yang berani dan inovatif yang dibutuhkan seluruh dunia," pungkas Leonardo memuji kerelaan Menteri Susi menyerahkan data kapal ikan Indonesia untuk pengelolaan perairan yang transparan tersebut. Gimana? Bangga bukan?

Menteri Susi tertidur di bandara John F. Kennedy Amerika Serikat © istimewaMenteri Susi tertidur di bandara John F. Kennedy Amerika Serikat © istimewa

Sementara itu, sang Menteri yang mendapatkan pujian dari salah satu aktor kenamaan dunia diketahui tertidur di bandara John F. Kennedy Amerika Serikat. Well, Menteri Kelautan dan Perikanan satu ini memang unik!

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI