Terbukti Hoax, Ridwan Kamil Sarankan Ratna Sarumpaet Minta Maaf ke Masyarakat Bandung

Kamis, 04 Oktober 2018 15:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Terbukti Hoax, Ridwan Kamil Sarankan Ratna Sarumpaet Minta Maaf ke Masyarakat Bandung
Ridwan Kamil © Liputan 6


Kapanlagi Plus - kabar penganiayaan Ratna Sarumpaet sempat melebar luas. Namun setelah diadakan konferensi pers, ibu dari Atiqah Hasiholan ini mengatakan jika kabar tersebut adalah bohong dan dirinya meminta maaf.

Tentu saja ada banyak kekecewaan dari 'ulah' Ratna ini. Ratna pun bahkan sampai harus meminta maaf kepada Amien Rais dan Prabowo Subianto, bahkan mundur dari timses Prabowo-Sandi.

Meski begitu, ada beberapa tokoh yang merasa terganggu dengan berita hoax tersebut. Salah satunya adalah gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menuntut Ratna untuk meminta maaf.

1. Minta Maaf Secara Terbuka

Ya, mantan walikota Bandung ini mengatakan jika Ratna harus meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Bandung. Seperti diketahui, dalam cerita karangan Ratna, kasus penganiayaan tersebut terjadi di Lanud Husein Sastranegara Bandung.

"Ibu @RatnaSpaet Ratna Sarumpaet yth, Ibu sebaiknya meminta maaf terbuka juga kepada masyarakat Kota Bandung yg sudah dirugikan nama baiknya oleh cerita hoaks ini. Satu kalimat dari ibu, akan meredakan hal ini tanpa berpanjang lebar. Insha Allah mereka pemaaf. Hatur Nuhun.," tulis Ridwan Kamil.

Kang Emil juga menambahkan jika berpolitik haruslah dengan akal sehat. Tak lupa dirinya berpesan agar masyarakat ikut menyalurkan energi demi meringankan duka masyarakat di Sulawesi.

2. Akui Ceritanya Adalah Hoax

Berita mengenai Ratna Sarumpaet ramai menghiasi timeline social media maupun televisi belakangan ini. Aktivis yang juga ibu dari Atiqah Hasiholan ini memberikan klarifikasi tentang berita penganiayaan dirinya.

Ratna pun mengakui jika berita tersebut ternyata adalah hoax semata. Dirinya pun meminta maaf kepada para pihak yang telah mendukungnya, terutama Amien Rais dan Prabowo Subianto.

Ratna sendiri juga memutuskan untuk tak lagi menjadi bagian dari timses untuk capres Prabowo-Sandi. Dirinya mengunggah surat pengunduran dirinya di Twitter yang tertanggal 3 Oktober 2018 pukul 16.00 WIB.

3. Reaksi Gibran

Ada banyak reaksi dari para netizen tentang pengunduran diri Ratna, karena ada sekitar 2.000 netizen yang mengomentari unggahan tersebut di akun Twitter Ratna. Salah satu yang berkomentar adalah Gibran Rakabuming, anak Presiden Jokowi.

Melalui akun Twitter pribadinya @Chilli_Pari, Gibran pun quoting tweet dari Ratna tersebut. Dirinya tak banyak berkomentar karena hanya meletakkan karakter yang membentuk emoji sedih.

Ratna pun berpotensi 'menambah' masalah lain pasca pengakuannya ini. Dirinya bisa dipolisikan atas dasar menyebarkan kebohongan dan juga berita palsu.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI