Ternyata Piala Dunia 2022 Bisa Ditonton Lewat TV Analog, Begini Caranya!

Rabu, 16 November 2022 18:29 Penulis: Iwan Tantomi
Ternyata Piala Dunia 2022 Bisa Ditonton Lewat TV Analog, Begini Caranya!
Credit: Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Tak terasa Piala Dunia 2022 sudah ada di depan mata. Pertandingan yang bertempat di Qatar ini pun akan mulai dihelat pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang bertanya-tanya, bagaimana cara nonton Piala Dunia 2022?

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menonton Piala Dunia atau World Cup 2022. Salah satunya adalah melalui siaran TV digital. Kali ini, Piala Dunia 2022 akan tayang di SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV. Semua kanal tersebut menjadi pemegang hak siar resmi untuk pertandingan sepak bola terbesar dunia ini.

Bisa Dinikmati Gratis Oleh Masyarakat

Siaran Piala Dunia 2022 tergolong dalam free to air. Artinya, siaran ini dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat. Meski demikian, perlu dicatat bahwa Piala Dunia 2022 akan disiarkan di TV digital.

Hal ini sejalan dengan program Analog Switch Off (ASO) yang dijalankan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo sejak 2 November pukul 24.00 WIB lalu.

Penghentian siaran TV analog itu sudah berlaku di 222 titik, termasuk Jabodetabek. Bertahap, penghentian siaran ini ditargetkan akan diperluas hingga ke 514 titik di Indonesia. Oleh karena itu, jika ingin menonton Piala Dunia 2022 lewat layar kaca, kamu perlu memiliki siaran TV digital terlebih dahulu.

Cara Nonton Piala Dunia Lewat TV Analog

Tak perlu khawatir jika televisi yang kamu miliki masih berupa TV analog. Pasalnya, kamu tetap bisa menonton siaran TV digital melalui TV analog dengan bantuan alat yang bernama set top box (STB). Set top box berguna untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara. Kemudian, gambar dan suara itu bisa muncul di TV analog.

Adapun set top box TV digital sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2) yang menjadi standar TV digital di tanah air. Karena tingginya kebutuhan set top box, alat bantu tersebut sudah banyak dijual di berbagai e-commerce. Bahkan, di e-commerce Shopee, kamu bisa menemukan promo Set Top Box Terlaris Diskon S/D 45%.

Tidak berdiri sendiri, sejatinya set top box pun masih perlu dilengkapi dengan antena TV digital. Sebabnya, setiap alat STB belum memiliki komponen antena atau penguat sinyal. Antena ini berfungsi sebagai penangkap atau penghubung sinyal antara pemancar dengan perangkat televisi.

Tak Memerlukan Antena Khusus

Kamu tidak butuh antena khusus untuk TV digital, kok. Yang penting, perhatikan beberapa hal terkait antena yang kamu miliki di rumah. Jika antena TV kamu memiliki dua jenis tuner sekaligus, yakni tuner digital dan tuner analog, berarti TV kamu bisa menerima siaran TV digital dan analog.

Selain itu, perhatikan juga kemampuan antena dalam menerima very high frequency (VHF) atau ultrahigh frequency (UHF). VHF digunakan untuk kanal 2-13, sedangkan UHF digunakan untuk kanal 14-36. Sebaiknya, pilihlah antena TV digital yang mampu menerima keduanya.

Bagaimana, sudah paham apa itu set top box dan mengapa penggunaannya begitu penting, bukan? Buruan beli set top box dan antena TV digital sekarang juga, agar bisa menikmati tayangan Piala Dunia 2022 dengan lancar.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI