Nggak Cuma Soju, Ini Lho 5 Jenis Minuman Korea yang Terbuat dari Beras

Minggu, 13 September 2020 10:11 Penulis: Dhia Amira
Nggak Cuma Soju, Ini Lho 5 Jenis Minuman Korea yang Terbuat dari Beras
Ilustrasi (credit: en.wikipedia.org/wiki/Makgeolli)


Kapanlagi Plus - Drama Korea memang saat ini banyak menarik perhatian berbagai negara, salah satunya Indonesia. Semua yang ada di drama Korea menjadi sesuatu hal yang menarik bagi para penontonnya, salah satunya adalah soju.

Soju merupakan salah satu minuman keras yang sangat populer di Korea Selatan. Rasanya yang seperti vodka, namun lebih cair dan manis ini memiliki bahan utama dari beras. Walaupun ada pula soju yang terbuat dari ubi, kentang, gandum, dan singkong.

Ternyata selain soju, ada pula loh beberapa minuman Korea yang terbuat dari bahan dasar beras. Apa saja ya minuman tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 jenis minuman Korea yang terbuat dari beras. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Makgeolli

Minuman Korea pertama yang terbuat dari bahan dasar beras yaitu ada Makgeolli. Sebenarnya bukan soju yang menjadi minuman Korea tertua, tetapi Makgeolli.

Minuman beralkohol ini memiliki warna seputih susu dan rasa yang lebih manis dari soju. Dalam makgeolli terdapat kandungan 6% hingga 8% alkohol, sehingga minuman fermentasi dari beras ini dapat membuat kalian mabuk.

Tidak seperti soju, makgeolli memiliki ampas dibawahnya dan juga soda yang membuat minuman ini disukai oleh para petani di Korea. Itulah mengapa makgeolli juga sering disebut sebagai nongju atau arak petani.

2. Cheongju

Minuman Korea selanjutnya yang terbuat dari beras yaitu ada cheongju. Minuman yang satu ini juga merupakan salah satu minuman beralkohol di Korea. Hampir mirip dengan soju, tetapi cheongju mengalami proses yang lebih panjang.

Itulah mengapa cheongju memiliki warna yang lebih bening dan rasa yag lebih enak. Tidak hanya memiliki kualitas yang lebih baik dari soju, cheongju juga memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan soju.

Bukan hanya menjadi minuman semata, nyatanya cheongju juga sering dibuat sebagai obat loh KLovers. Bahkan dulu banyak yang menjadikan cheongju sebagai obat dan menamakannya sebagai yakju atau yang berarti arak obat.

3. Sungnyung

Sungnyung menjadi salah satu minuman Korea yang juga terbuat dari beras. Sungnyung menjadi salah satu minuman yang unik di Korea, hal ini karena minuman tersebut memiliki rasa seperti roti bakar.

Itu karena sungnyung terbuat dari nasi yang kering di dasar kuali, bukan hal yang asing lagi bila masyarakat Korea suka dengan kerak nasi, sehingga terbentuklah minuman ini.

Minuman sungnyung tidak memiliki kadar alkohol, dan disajikan saat peristiwa penting seperti upacara penghormatan arwah leluhur mereka sebagai sajian penutup. Itulah mengapa minuman ini menjadi salah satu minuman tradisional khas Korea.

4. Baekseju

Kemudian ada baekseju yang menjadi salah satu jenis minuman berbahan nasi selanjutnya. Baekseju juga menjadi salah satu minuman beralkohol yang dimiliki oleh Korea. Berbeda dengan soju, baekseju hanya diminum oleh pria-pria dewasa saja.

Ini karena baekseju dipercaya dapat memanjangkan umur seseorang. Itulah mengapa baekseju diberi nama sebagai minuman keras 100 tahun. Dan hanya pria-pria dewasa saja yang ingin mendapatkan hasil dari minuman ini.

Baekseju bukan hanya terbuat dari beras saja, minuman tersebut juga memiliki banyak sekali bahan rempah-rempah yang salah satunya adalah gingseng. Tidak heran bila minuman satu ini disebut sebagai minuman kesehatan.

5. Sikhye

Dan minuman Korea yang terakhir yaitu ada sikhye, yang juga menjadi salah satu minuman tradisional Korea. Sikhye biasanya diminum saat seseorang selesai dari berendam, hal ini karena sikhye mampu membuat mata lebih segar.

Minuman ini dapat dengan mudah kita temukan di restoran Korea atau dalam bentuk minuman kaleng. Sikhye juga tidak beralkohol, dan sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan.

Itulah 5 minuman Korea yang terbuat dari bahan utama beras. Bukan hanya soju saja, nyatanya Korea Selatan memiliki berbagai jenis minuman dari beras yang tidak kalah enak serta populer.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI