Tips Hemat Kuota Paket Data Biar Irit Walau Sering Sosmedan

Penulis: Iwan Tantomi

Diterbitkan:

Tips Hemat Kuota Paket Data Biar Irit Walau Sering Sosmedan
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi.com - Disadari atau tidak, kehidupan modern ini membawa setiap orang untuk lebih aktif di dunia digital. Dari urusan pekerjaan sampai hiburan, semuanya bisa diakses lewat satu gadget di genggaman. Wajar jika hidup pun kadang jadi terasa serba praktis dan instan.

Hanya saja, untuk mengakses semua kebutuhan digital tersebut, perlu internet. Walau ada WiFi, nyatanya tak bisa digunakan di semua lokasi. Jadi, mau tidak mau juga harus selalu sedia paket data, paling tidak di ponsel yang kamu bawa. Hanya saja, paket data juga ada masa aktifnya. Nah, supaya tak sampai dilema karena habis tiba-tiba, begini tips menghemat kuota paket data yang tepat!

1. Unduh Konten Saat Terhubung WiFi Saja

Cobalah untuk tidak mengunduh video, lagu, atau foto saat menggunakan paket data. Sebaiknya, unduh konten tersebut saat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Hal ini akan membantumu menghemat kuota data. Jika memungkinkan, manfaatkan jaringan WiFi publik yang tersedia di tempat-tempat umum. Namun, pastikan kamu tetap berhati-hati akan keamanan datamu saat menggunakan jaringan WiFi publik.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Aktifkan Mode Penghemat Data

Beberapa perangkat memiliki fitur mode penghematan data yang dapat membantu mengurangi penggunaan data latar belakang oleh aplikasi dan layanan. Dengan mengaktifkan mode ini, kuota internet kamu akan terpakai lebih sedikit. Selain itu, mengirim atau menerima gambar melalui aplikasi pesan atau email dapat mengonsumsi banyak data. Jadi, sebelum mengirim gambar, perkecil ukurannya agar menghemat kuota datamu.

3. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis pada beberapa aplikasi seperti Facebook dan Google+ dapat menghabiskan banyak paket data. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang sering melakukan pembaruan seperti itu. Kamu dapat mengatur sinkronisasi akun secara manual untuk menghemat kuota internet. Jika ada pembaruan aplikasi, sebaiknya lakukan pembaruan tersebut saat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Sebab, pembaruan aplikasi juga dapat menghabiskan banyak paket data internetmu.

4. Matikan Background Data

Beberapa aplikasi dapat menggunakan data latar belakang tanpa kamu sadari. Matikan background data untuk aplikasi yang tidak perlu menggunakan data secara terus-menerus. Kamu dapat mengatur penggunaan data pada setelan ponselmu. Selain itu, streaming video dan musik juga menggunakan banyak data. Jadi, jika ingin menghemat kuota datamu, turunkan kualitas streaming menjadi tingkat yang rendah atau menggunakan layanan streaming yang memiliki opsi pengaturan kualitas rendah.

5. Cek Paket Data Secara Berkala

Tak kalah penting untuk dilakukan adalah cek paket datamu di ponsel secara berkala. Jika kuota internetnya tinggal sedikit atau masa aktifnya mau habis, segera top up kembali paket datanya. Biar lebih praktis tanpa harus keluar rumah, beli paket data di DANA yang menawarkan banyak keuntungan. Mulai belinya praktis karena buka 24 jam, jadi kapan saja bisa, baik itu hari kerja atau tanggal merah, pagi, siang maupun malam.

Kamu bisa beli sambil nyantai, sehingga tak perlu ribet keluar rumah. Paling penting, paket datanya hadir dengan pilihan lengkap, yaitu mulai dari Rp2.500 serta tak ada biaya admin. Menarik banget, kan? Makanya, jangan ragu beli paket data di DANA. Sebelum itu, pastikan untuk download aplikasi DANA terlebih dulu ya!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi

Rekomendasi
Trending