Advertorial

Tips Untung Beli Tiket Transportasi Umum Saat Mudik Lebaran, Wajib Dicoba

Penulis: Gloria Trivena May Ary

Diterbitkan:

Tips Untung Beli Tiket Transportasi Umum Saat Mudik Lebaran, Wajib Dicoba
Credit: Shutterstock

Kapanlagi.com - Transportasi umum, seperti kereta api, biasanya jadi pilihan banyak orang di kala hendak mudik Lebaran. Selain bisa menempuh jarak jauh dengan waktu yang lebih singkat, berangkat ke kampung halaman menggunakan kereta api pun kini sangat nyaman dan bikin hati lebih tenang.

Masalahnya, terkadang para calon pemudik kerap dibikin dilema dengan tarif transportasi umum yang melonjak. Nggak tanggung-tanggung, lonjakan tersebut bisa dua kali lipat dari harga normal, lho. Tapi, jangan khawatir dulu ya, sebab ada Traveloka yang menawarkan harga tiket transportasi umum yang lebih terjangkau, meski saat momen mudik Lebaran sekalipun.

Nah, kalau bingung bagaimana caranya untuk memesan tiket di Traveloka, kamu bisa langsung saja kunjungi help center Traveloka.

1. Tips Beli Tiket Transportasi Saat Mudik

Saat hendak membeli tiket transportasi untuk mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan kamu lancar dan nyaman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk beli tiket transportasi saat akan mudik menjelang lebaran.

Beli Jauh-Jauh Hari

Pertama, usahakan memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan memesan tiket lebih awal, kamu dapat memilih jadwal dan kursi yang sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa harus khawatir kehabisan tiket.

Tentukan pula tanggal keberangkatan dan kepulangan dengan jelas. Hal ini dilakukan agar kamu segera mendapat tiket yang pasti tersedia dengan harga yang affordable.

Pesan Online

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah proses pembelian tiket kereta api adalah dengan berburu tiket secara online. Dengan adanya berbagai aplikasi yang tersedia, seperti KAI Access atau Traveloka, kamu bisa dengan mudah mencari dan membeli tiket sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, proses pembelian tiket secara online juga jauh lebih cepat dan praktis, karena kamu tidak perlu lagi mengantri di loket stasiun. Keuntungan lain dari memesan tiket kereta api secara online adalah keamanan yang lebih terjamin.

Cek Lagi Ketersediaan Tiket

Jika percobaan pertama kamu tidak berhasil mendapatkan tiket, jangan putus asa. Ada baiknya mencoba lagi dalam rentang waktu 30 menit hingga 2 jam. Kesempatan untuk mendapatkan tiket masih terbuka lebar, jadi jangan menyerah begitu saja. Mungkin saja ada tiket yang tersisa atau ada yang membatalkan pesanannya.

Pastikan selalu memeriksa aplikasi pemesanan tiket kereta api yang kamu gunakan. Terkadang, ada tiket yang tersedia kembali karena pembayaran tidak berhasil dilakukan tepat waktu atau ada yang membatalkan pesanannya.

Pilih Metode Pembayaran Cepat

Tips selanjutnya saat memesan tiket transportasi online adalah memilih metode pembayaran yang cepat. Dengan adanya berbagai pilihan metode pembayaran yang tersedia, mulai dari transfer bank hingga pembayaran dengan kartu kredit, kamu bisa memilih metode pembayaran yang paling nyaman dan aman.

Selain itu, fitur Daftar Penumpang dan Pilih Kursi juga memudahkan kamu untuk mengatur detail perjalanan dengan lebih baik. Dengan membayar menggunakan metode pembayaran cepat, tentu kamu akan lebih cepat mendapatkan tiket segera dan minim diambil orang lain yang sudah segera membayarnya.

Manfaatkan Diskon dan Promo

Tips terakhir yaitu manfaatkan diskon dan promo. Traveloka selalu menawarkan diskon dan promo-promo menarik menjelang lebaran atau hari-hari besar lainnya kepada para pengguna setia. Di sini, kamu bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dibanding hari-hari biasa.

Diskon dan promo ini biasanya ada rentang waktu berlaku tertentu dan syarat yang harus dipenuhi. Pastikan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku agar bisa menggunakan promo tersebut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Dapatkan Tiket Kereta Api Murah di Traveloka

Itu dia pembahasan mengenai tips pesan tiket transportasi online saat mudik menjelang lebaran. Menjelang lebaran, biasanya banyak tiket transportasi yang cepat ludes terjual habis bahkan walaupun masih awal bulan puasa.

Maka dari itu, pastikan selalu cek ketersediaan tiket yang ada di aplikasi Traveloka. Semakin cepat kamu melakukan pemesanan dan pembayaran, maka kamu bisa segera mendapatkan tiket tersebut. Sangat disarankan untuk langsung memesan tiket pulang sekalian agar tidak kehabisan tiket.

Jika memiliki fleksibilitas waktu dalam perjalanan, kamu juga dapat mencari tiket kereta api murah dengan memilih jadwal keberangkatan yang tidak populer.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa mendapatkan harga tiket kereta api yang terjangkau saat menjelang lebaran di Traveloka. Ayo pesan tiket kereta api sekarang juga di Traveloka!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/glo)

Rekomendasi
Trending