Tolak Dijodohkan, Gadis Sulawesi Nekat Tenggak Racun Serangga

Agista Rully | Rabu, 17 Mei 2017 10:18
Tolak Dijodohkan, Gadis Sulawesi Nekat Tenggak Racun Serangga
Sedhguru.org

Kapanlagi.com - Meski perlahan masyarakat Indonesia mulai meninggalkan cara tradisional pernikahan seperti menjodohkan atau menikah muda, faktanya masih terdapat sebagian masyarakat yang menganut paham semacam ini. Pernikahan dini dan perjodohan masih sering ditemui di daerah terpencil Indonesia.

Menurut data Komisi Perempuan Indonesia jumlah anak-anak yang melakukan pernikahan dini kian meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu menurut data yang dihimpun oleh seorang profesor dari UIN, 62% wanita menikah karena hamil dan 21% menikah karena ingin memperbaiki kondisi ekonomi keluarga.

Salah satu penyebab pernikahan di bawah umur adalah paksaan orangtua. Anak yang terpaksa dijodohkan mengalami dampak buruk psikologis dan kesehatan, parahnya ancaman depresi dapat menyerang. Contoh nyata baru-baru ini terjadi pada seorang gadis asal Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Seorang gadis asal Sulawesi Selatan meminum racun serangga karena enggan dijodohkan  Celebes OnlineSeorang gadis asal Sulawesi Selatan meminum racun serangga karena enggan dijodohkan Celebes Online

Gadis yang masih berusia 18 tahun tersebut nekat menenggak racun hama Senin (15/05) kemarin karena dijodohkan oleh orangtuanya. Cara gadis ini merupakan bentuk penolakan terhadap pria yang tak dicintainya tersebut. Beruntung tindakannya tidak berakibat fatal, nyawa gadis malang ini masih bisa diselamatkan.

Orangtua gadis yang baru lulus dari SMA Negeri ini langsung melarikannya ke Puskesmas Batimurung saat mengetahui putri mereka nekat mengonsumsi racun hama.

"Dia pertama kali ditemukan oleh kakaknya. Saat itu dia sudah pingsan dan di sampingnya terdapat botol racun hama yang dipakai di sawah," ujar keluarga gadis tersebut dikutip dari berbagai sumber. Keluarga tersebut membenarkan bahwa orangtua si gadis menerima pinangan seorang lelaki yang masih bertalian darah dengan mereka. Meski kalian terpaksa dijodohkan, sebisa mungkin jangan melakukan hal yang sama seperti gadis ini ya KLovers ;)

(kpl/agt)




PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI