Unik, Aplikasi Selfie Saat Ini Bisa Deteksi Penyakit Kanker!

Selasa, 12 September 2017 16:58 Penulis: Tyssa Madelina
Unik, Aplikasi Selfie Saat Ini Bisa Deteksi Penyakit Kanker!
Source: Tandaseru.id

Kapanlagi Plus - Siapa yang tidak doyan selfie? Kegiatan yang saat ini seolah menjadi agenda wajib masyarakat milenial ternyata membawa terobosan baru di dalam dunia kesehatan.
Terinspirasi dari banyaknya orang yang menggemari selfie, tim riset dari Washington University, Amerika Serikat mengembangkan sebuah aplikasi yang disebut sebagai BiliScreen. Aplikasi ini dapat mendeteksi kanker pankreas, di mana gejala awalnya adalah penyakit kuning.

Beberapa sumber menyebutkan, salah satu satu gejala awal kanker pankreas adalah penyakit kuning, perubahan warna kuning pada kulit dan mata yang disebabkan oleh penumpukan bilirubin dalam darah, kata periset. Kemampuan untuk mendeteksi tanda-tanda penyakit kuning saat kadar bilirubin dinaikkan secara minimal. Namun, sebelum terlihat oleh mata telanjang, dapat memungkinkan program skrining yang sama sekali baru untuk individu yang berisiko.

Penampakan alat deteksi kanker pankreasPenampakan alat deteksi kanker pankreas

Aplikasi BiliScreen menggunakan prinsip kerja algoritma penglihatan komputer dan alat belajar mesin untuk mendeteksi peningkatan kadar bilirubin atau bagian putih mata. Aplikasi tersebut kemudian menghitung informasi warna putih mata yang kemudian dihubungkan dengan tingkat bilirubin dengan menggunakan mesin algoritma.

Menurut Profesor Jim Taylor dari University of Washington yang dikutip oleh Indianexpress, penyakit kanker pankreas adalah penyakit mengerikan tanpa skrining yang efektif saat ini. "Tujuan kami adalah untuk mendeteksi kanker lebih dini agar penanganan menjadi tepat waktu."

Dalam sebuah studi klinis awal, aplikasi BiliScreen digunakan pada 70 orang dan teridentifikasi dengan benar 89,7% Aplikasi ini diklaim lebih efektif dibandingkan dengan test darah yang saat ini digunakan.

Nah dengan begini doyan selfie bisa jadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat ya KLovers. Mau coba aplikasi ini?

(kpl/TMD)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI