Viral, Ini Kisah di Balik Penangkapan Pemilik 39 Pohon Ganja

Jum'at, 31 Maret 2017 11:18 Penulis: Agista Rully
Viral, Ini Kisah di Balik Penangkapan Pemilik 39 Pohon Ganja
© istimewa

Kapanlagi Plus - Cinta sejati mungkin merupakan hal yang jarang ditemui di era modern seperti saat ini. Meski demikian, ada sebagian orang yang membuktikan bahwa cinta sejati tanpa syarat itu betul-betul ada. Mulai dari cinta ayah yang rela kelaparan demi anak-anaknya, cinta tanpa pandang usia, atau rela melepaskan orang yang dicintai untuk berbahagia.

Baru-baru ini, ada lagi sebuah kisah cinta yang jadi viral. Sebab demi kesehatan sang istri, seorang pria rela menjadi pelanggar hukum. Terlebih lagi pria tersebut akhirnya harus rela kehilangan sosok wanita yang dicintainya karena jeratan hukum.

Seorang pria asal Kota Sanggau, Kalimantan Barat, Fidelis Ari Sudarwoto diresmikan menjadi tersangka setelah ketahuan menanam 39 batang pohon ganja di rumahnya. Secara hukum, perbuatan Fidelis Ari memang salah. Sebab menurut Undang-Undang Narkotika, kepemilikan dan penggunaan ganja tanpa sepengetahuan pihak berwajib merupakan hal ilegal.

Yenny Riawati, Istri tersangka pemilik 39 batang pohon ganja di Kalimantan © deliknewsYenny Riawati, Istri tersangka pemilik 39 batang pohon ganja di Kalimantan © deliknews

Meski demikian Fidelis Ari membudidayakan ganja tak untuk dirinya sendiri apalagi untuk disalahgunakan. Setelah ditelusuri, ternyata Fidelis menanam tanaman bernama latin Cannabis sativa tersebut sebagai obat untuk penyakit langka yang diderita istrinya, Syringomyelia.

Penyakit Syringomyelia adalah tumbuhnya kista yang memanjang dan tumbuh di sumsum tulang belakang manusia, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan penderita. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh faktor genetik, diderita sekitar 8 dari 100.000 orang, dan operasi untuk penyakit ini tak selalu direkomendasikan oleh tenaga medis.

Fidelis Ari sebelumnya telah membawa sang istri menjalani berbagai macam pengobatan, termasuk pengobatan alternatif. Namun hasilnya nihil, hingga dia menemukan fakta bahwa ekstrak Ganja Tetrahydrocannabinol (THC) dapat meredakan penyakit sang istri. Oleh sebab itu, pria yang dikaruniai dua orang anak berusia balita ini rela menanam tanaman terlarang tersebut di rumahnya dan ditangkap menjadi tersangka.

Fidelis Ari Sudarwoto mengunjungi anaknya saat pemakaman istrinya, Senin (27/03) © dream.co.idFidelis Ari Sudarwoto mengunjungi anaknya saat pemakaman istrinya, Senin (27/03) © dream.co.id

Ekstrak ganja yang diracik oleh Fidelis Ari terbukti berpengaruh bagi kesehatan sang istri, "Sejak menggunakan ekstrak ganja tersebut, adik ipar saya sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan." ujar Yohana, kakak Fidelis Ari dikutip dari dream.co.id.

Sayangnya keberuntungan tersebut tak tahan lama karena Fidelis harus mendekam di penjara, walhasil sang istri menghadap sang Ilahi pada Senin (27/03) lalu. Fidelis Ari sempat pulang saat jenazah istrinya dikebumikan dan menemui anaknya. Namun hingga saat ini perkara Fidelis Ari masih berlanjut. Sempat diketahui pula hasil tes urin Fidelis Ari yang dinyatakan negatif, hal ini berarti bahwa Fidelis memang tidak menyalahgunakan tanaman yang sebetulnya bijinya dapat digunakan sebagai sumber minyak ini.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI