Viral, Marinir Ini Bubarkan Massa Kerusuhan Hanya 10 Menit & Tanpa Gunakan Senjata

Kamis, 23 Mei 2019 13:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Viral, Marinir Ini Bubarkan Massa Kerusuhan Hanya 10 Menit & Tanpa Gunakan Senjata
Kerusuhan 22 Mei © Tempo


Kapanlagi Plus - Kerusuhan yang terjadi di sejumlah kawasan di Jakarta pada hari Rabu (22/5) membawa dampak serius. 6 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka akibat bentrok tersebut.

Situasi pun baru berjalan kondusif pada Kamis (23/5) dinihari. Pihak keamanan gabungan TNI dan Polri berupaya membubarkan massa yang terlibat kerusuhan.

Ada kisah unik dari marinir yang nyatanya bisa membubarkan massa hanya dalam waktu 10 menit saja. Bahkan dalam prosesnya, para marinir tersebut tak melakukan kekerasan kepada pendemo.

Dilansir dari Instagram @tni_angkatan_laut, Komandan Batalyon Infanteri 7 Marinir, Letkol (Mar) Kanang Budi Raharjo adalah salah satu sosok yang bubarkan massa hanya dalam waktu 10 menit.

 

1. Berdialog Dengan Massa

Diceritakan olehnya jika Rabu malam situasi tengah memanas karena massa melakukan serangan kepada polisi. Letkol kanang pun langsung turun beserta 4 anggotanya untuk menemui massa dan melakukan dialog dengan tokoh agama.

Letkol Kanang tak melihat pendemo membawa senjata api atau senjata tajam. Itulah sebabnya mengapa dirinya juga tak membawa senjata apapun saat menemui pendemo tersebut. Dari dialog, terungkap jika para pendemo tersebut tak suka dengan cara mereka dibubarkan.

2. Tuai Komentar Positif

"Justru mereka ingin dialog dan cara-cara persuasif didahulukan," ucapnya. "Ya sekitar 10 menit, saya cuma berlima enggak bawa apa-apa, tangan kosong. Saya ketemu kalau dibilang ya koordinator ya. Lalu ditemani oleh tokoh masyarakat, akhirnya mereka mau membubarkan diri," tambahnya.

Tentu saja kisah Letkol kanang dan 4 anggotanya tersebut mendapatkan respons positif dari warganet. Mereka pun berpendapat jika tak selamanya semua hal harus diselesaikan dengan kekerasan.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI