Viral Video Keluarga 'Khong Guan' Bicara Tentang Politik dan Puasa

Rabu, 22 Mei 2019 13:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Viral Video Keluarga 'Khong Guan' Bicara Tentang Politik dan Puasa
Image © Twitter/jokoanwar


Kapanlagi Plus - Aksi demo massal yang terjadi di Jakarta Hari ini, Rabu (22/5) menimbulkan keresahan mendalam dari masyarakat. Peristiwa ini seakan-akan jadi klimaks dari rentetan kericuhan yang terjadi di dunia politik dalam beberapa tahun terakhir.

Tak bisa dipungkiri jika perbedaan pilihan Presiden menimbulkan perpecahan, baik itu di dunia maya maupun nyata. Bahkan, sesama keluarga saja bisa saling bermusuhan cuma karena beda pandangan politik.

Publik yang merasa kecewa atas perpecahan di Indonesia saat ini menuangkan perasaannya dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang kultwit di Twitter, bikin meme, ada pula yang dengan kreatif membuat sebuah video sindiran gokil...

1. Video Khong Guan

Kalian pasti tahu dengan keluarga yang fotonya terpampang di toples Khong Guan kan? Seorang netizen yang kreatif memparodikannya jadi semacam live action, melibatkan 3 orang, yakni sang ibu, anak laki-laki dan anak perempuan.

Perbincangan mereka pun terjadi di meja makan, persis seperti yang terlihat di foto. Namun yang bikin ngakak adalah topik obrolan mereka, yang membahas seputar perpecahan akibat politik.

2. Petuah Ibu

Di awal video, kedua anak saling berdebat mengenai sesuatu. Si cowok ngotot menyuarakan angka 1, sementara si cewek angka 2, tanpa kejelasan apa yang mereka bahas. Si ibu lantas menjadi penengah.

"Diam! Kenapa kalian masih ribut, bikin suasana jadi bad mood. Puasa itu tidak hanya menahan drink dan food. Bukan cuma jaga perut, tapi juga jaga mulut, dari perkataan yang tidak patut. Banyakin nyebut dan bersujud. Itu baru yahud," ujar sang ibu bijak, diiringi bebunyian petir menyambar dan kamera yang zoom in zoom out.

"Sekarang tidak ada lagi nomor 1 dan 2. Jadinya nomor 3, persatuan indonesia. Kita bersatu, indonesia maju bisa terwujud, sampai ke akar rumput, jaya di darat dan di laut," sambungnya lagi dengan nada suara dramatis ala sinetron.

3. Salah Paham

Usut punya usut, sang ibunda salah paham mengenai perdebatan anak-anaknya. Mereka berdua sebenarnya sedang membahas kapan ayahnya akan pulang sehingga bisa ikutan muncul di foto toples Khong Guan.

"Iya bu. Itu kami manggut, tapi bukan itu yang kami maksud. Kami sedang berdebat apakah ayah akan pulang tanggal 1 atau 2 syawal, bu?" ujar sang anak.

"Pokoknya 3!" jawab ibu yang berlanjut dengan beberapa detik keheningan.

"3 Lebaran lagi nak," pungkas sang ibu yang sontak membuat suasana menjadi haru-haru gimana gitu.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI