Wajib Masuk List, 10 Destinasi Wisata Alam #DiIndonesiaAja yang Indahnya Mendunia

Kamis, 27 Agustus 2020 10:31 Penulis: Wuri Anggarini
Wajib Masuk List, 10 Destinasi Wisata Alam #DiIndonesiaAja yang Indahnya Mendunia
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Beberapa destinasi wisata di Indonesia udah banyak yang kembali buka nih, KLovers. Udah ada rencana mau jalan-jalan sama siapa atau udah bikin bucket list untuk liburan ke mana aja?  Nggak perlu ke luar negeri kok cukup #DiIndonesiaAja, mesti diingat kalau negeri ini dianugerahi deretan alam memesona yang patut dibuktikan sendiri keindahannya.

Di momen seperti sekarang ini, jangan lupa untuk melakukan wisata dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker, jaga jarak atau tidak menggerombol dengan wisatawan lainnya, dan jangan lupa rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer. Kira-kira, apa aja ya destinasi wisata alam yang menarik buat segera dikunjungi saat libur nanti?

Agrowisata Gunung Mas, Bogor

Buat yang sedang mencari destinasi wisata yang cocok untuk semua kalangan usia, Agrowisata Gunung Mas bisa jadi pilihan tepat. Berada di Puncak, Bogor, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari Tea Walk di tengah hamparan kebun teh, menunggang kuda Sumbawa, berkemah hingga memanfaatkan fasilitas renang Tirta Mas.

Taman Batu, Bandung Barat

Bandung seakan nggak kehabisan destinasi wisata, salah satunya Taman Batu yang jadi hidden gem-nya Bandung Barat. Tepatnya berada di Citatah, Padalarang, Gunung Masigit, ada taman bebatuan unik di dalam kawasan perbukitan seluas 2 hektar.

Formasinya sendiri digadang-gadang berasal dari 20-30 juta tahun yang lalu, lengkap dengan keindahan alam sebagai latarnya. Untuk mencapai taman yang disebut juga Karst Citatah ini, siapkan fisik prima karena harus mendaki sepanjang 1,5 kilometer.

Sendang Geulis Kahuripan, Bandung

Selain Taman Batu, nama Sendang Geulis Kahuripan yang juga berada di Bandung Barat pun lagi viral di medsos. Berada di Cilangkob, Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, ada 3 kolam berisi air yang jernih dan dipercaya bikin awet muda. Puas berfoto di dalam airnya yang sejuk, nikmati juga alamnya yang asri dan gemericik air terjun yang bikin kamu serasa di spa pribadi.

Air Terjun Kedung Kandang, Yogyakarta

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Yogyakarta selalu punya hal baru yang bikin liburanmu berkesan, salah satunya kawasan Gunungkidul dengan pesona alamnya yang masih asri. Selain menikmati keindahan Gunung Purba Nglanggeran, sempatkan untuk menikmati sejuknya Air Terjun Kedung Kandang yang lokasinya tidak terlalu jauh. Punya bentuk bertingkat-tingkat, pemandangan air terjun yang dikelilingi sawah dan pepohonan ini, bikin rasa jenuh dan penat langsung hilang.

Brown Canyon, Semarang

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kalau Amerika punya Grand Canyon di Colorado, ada versi mini yang tak kalah indahnya di Semarang. Namanya Brown Canyon, yang dulunya merupakan area pertambangan. Dikelilingi perbukitan, abadikan kunjunganmu ke destinasi wisata di Kecamatan Tembalang ini pada sore hari. Selain menghindari paparan sinar matahari dan debu, pemandangan perbukitan dan matahari terbenam menghadirkan keindahan yang tak terlupakan.

Kawah Ijen, Banyuwangi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Ini dia destinasi keren yang masih ramai banget dibicarakan di media sosial. Berada di Jawa Timur, tepatnya antara Banyuwangi dan Bondowoso, pengunjung mendatangi Kawah Ijen demi melihat fenomena api biru satu-satunya di Indonesia.

Demi melihat keajaiban alami ini memang butuh usaha demi mengejar momen yang tepat. selain berangkat tengah malam, stamina juga harus prima karena harus mendaki selama 3-4 jam. Eits, jangan langsung turun gunung, tunggu sejenak untuk menikmati keindahan sunrise dari puncak Ijen.

Hutan De Djawatan, Banyuwangi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menginjakkan kaki di salah satu destinasi ngehits di Banyuwangi ini bakal mengingatkanmu pada film atau buku fantasi. Jajaran pohon trembesi yang menjulang tinggi lengkap bukan hanya menyumbang hawa yang sejuk tapi juga keindahan yang unik.

Apalagi saat cuaca sedang cerah, manfaatkan sinar matahari yang menyeruak dari dedaunan untuk menciptakan hasil foto yang super keren. Puas berfoto, jajal juga wisata ekstrem seperti arung jeram atau tubing di sungai yang ada di kawasan Jawatan Benculuk.

Air Terjun Kanto Lampo, Bali

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bali, pulau yang dihuni para dewa ini selalu punya pesona yang ampuh menarik pengunjung dari berbagai negara. Di antara destinasi wisata yang lagi ngehits, air terjun Kanto Lampo yang ada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kabupaten Gianyar wajib masuk ke bucket list-mu.

Dengan tinggi sekitar 15 meter, tekstur bebatuan dan airnya yang sejuk menyuguhkan hiburan tersendiri. Biaya masuknya pun terjangkau banget, cuma Rp10 ribu per orang saja.

Lautan Bunga Belayu Florist, Bali

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Buat yang suka scrolling tujuan wisata di medsos, mungkin sudah nggak asing dengan taman bunga matahari yang ada di Banjar Batannyuh, Belayu, Kabupaten Tabanan ini. Kalau selama ini sering berfoto dengan setting hamparan sawah khas Bali, kali ini pengunjung bebas berpose dengan latar lautan bunga matahari, cukup bayar Rp5 ribu saja.

Gunung Rinjani, Lombok Barat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Wisata gunung Rinjani terletak di Lombok Barat dan tercatat sebagai salah satu gunung api tertinggi di Indonesia. Tingginya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut, di mana dari sana kamu bisa menyaksikan pemandangan memanjakan mata berikut Danau Segara Anakan. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keeksotisannya.

See? #DiIndonesiaAja ada banyak kok destinasi wisata alam yang keindahannya bahkan udah cukup tersohor di dunia. Info lebih lanjut tentang beragam wisata alam di Indonesia Aja yang wajib kamu kunjungi, bisa juga dicek di sini. Jadi, kapan mau traveling ke sana?

(*/eth/wri)



MORE STORIES




REKOMENDASI