Wajib Tahu, Ini Dia 10 Fakta Unik Game PUBG

Rabu, 06 Februari 2019 15:11 Penulis: Editor KapanLagi.com
Wajib Tahu, Ini Dia 10 Fakta Unik Game PUBG
Kredit: Tencent

Kapanlagi Plus - Player Unknown's Battle Grounds atau yang biasa disebut PUBG adalah game online multiplayer battle royal yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh PUBG Coorporation.

Games yang terinspirasi dari film tahun 2000 yaitu Battle Royal, mengharuskan 100 pemain untuk saling membunuh menggunakan senjata yang mereka dapatkan. Seiring waktu berjalan, save area akan mengecil satu pemain terakhir yang masih bertahan hidup ialah pemenangnya. Berikut fakta-fakta seputar PUBG.

1. Jumlah Player Terbanyak

PUBG memiliki pemain yang sedang bermain dan jumlah pemain yang memiliki game terbanyak di steam mengalahkan DotA 2.

2. Banyak Game Sejenis Yang Bermunculan

Tidak perlu waktu yang lama setelah game PUBG menjadi fenomenal, banyak yang membuat game atau mode yang mirip dengan PUBG di smartphone maupun di PC.

3. Jadi Ajang E-Sport

Banyak kompetisi E-Sport yang diselenggarakan sampai sekarang, salah satunya yang sudah sukses adalah Gamescom PUBG Invitational 2017. Diselenggarakan oleh ESL, turnamen yang terbuka untuk umum ini berhadiah total lebih dari 350.000 USD.

4. Merambah ke Console

PUBG juga melirik para pemain console, bekerja sama dengan Microsoft Studio secara langsung PUBG Corp berhasil merilis game tersebut pada tanggal 12 Desember 2017 yaitu 8 hari sebelum PUBG meninggalkan Early Access.

5. Cheater di Pidana

Fenomena cheater di PUBG sudah tidak asing lagi, Tencent yang merupakan publisher game terbesar di negara tirai bambu ini melaporkan 120 pembuat game ilegal ke polisi setempat. Good Game Tencent!

6. Banyak Mendapat Penghargaan

PUBG banyak mendapatkan penghargaan dan masuk dalam nominasi beberapa penghargaan. Salah satunya yang paling bergengsi adalah The Game Awards. PUBG memenangkan The Game Awards For The Best Multiplayer Game.

7. Masalah Pada Bahasa dan Kewarganegaraan

Ketika game ini telah dibuat studio game yang sedang bekerja sama waktu itu yang bernama Bluehole sempat berdebat dengan sang pembuat game karena masalah bahasa dan kewarganegaraan. Bluehole berasal dari Korea Selatan, sedangkan Brendan Greene berasal dari Irlandia. Masalah ini diakibatkan oleh para pemilik modal yang tidak yakin untuk menanam sahamnya kepada orang yang berbeda berkebangsaan dari mereka. Para pemilik modal berpikir bahwa hal tersebut merupakan resiko yang besar.

8. Ratusan Dolar Hanya Untuk Membeli Item Virtual

Game PUBG sangatlah populer sehingga orang rela untuk menghabiskan ratusan dolar hanya untuk membeli bandana virtual. Pada awalnya bandana ini hanya tersedia sebagai hadiah bonus bagi mereka yang membeli game PUBG untuk PC saat masa pre order saja. Permintaan yang banyak dan persediaan yang sedikit menjadikan bandana ini menjadi item yang langka dan tidak semua orang memiliki sebab itu lah menjadikan bandana ini bisa terjual dengan harga yang fantastis yaitu lebih dari 1000 Dolar.

9. Item Topeng Yang Pernah Menjadi Kontroversi

Item topeng yang dimaksud adalah helm pilot yang menampilkan desain rising sun. Item ini dianggap menyinggung masyarakat Korea Selatan dan Tiongkok. Rising sun merupakan desain yang digunakan militer Jepang saat melakukan invansi ke negara sekitar, seperti Korea Selatan dan Tiongkok. Karenanya keberadaan item tersebut sempat dilaporkan oleh salah satu media Korea Selatan.

Di sisi lain hal ini menjadi perhatian publik karena PUBG sendiri sangat populer di Tiongkok, sementara Bluehole selaku pengembang merupakan perusahaan yang berbasis di Korea Selatan. Menanggapi laporan tersebut item tersebut segera ditarik dari peredaran oleh PUBG, mereka juga menawarkan pengembalian dana bagi pemain yang sudah membelinya.

10. BOT Unit 731

Tidak hanya helm, BOT dalam game PUBG pun sempat menuai kontroversi. Salah seorang pemain ternyata menemukan BOT yang diberi nama unit 731. Unit ini mirip divisi Jepang saat melakukan invansi dulu. Divisi ini dikenal sangat kejam dalam sejarah karena telah melakukan eksperimen senjata kimia.

Pada para tahanan perang asal Tiongkok, Korea Selatan dan Rusia pada saat perang. Unit 731 ini disebut telah mengambil nyawa 10 ribu orang. Sama seperti helm pilot, BOT dengan nama Unit 731 ini juga sudah ditarik dari permainan. Dalam pernyataannya, Bluehole juga berjanji tidak akan mengulangi kejadian tersebut dan mengaku ada kesalahan dari anggotanya dalam kejadian ini.

Itu dia fakta-fakta menarik seputar PUBG, apa kalian punya fakta menarik lain game PUBG?

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI