Yuk Kenali Disleksia, Gangguan Proses Belajar Seperti Yang Diidap Azka Corbuzier

Kamis, 07 Juni 2018 11:05 Penulis: Natanael Sepaya
Yuk Kenali Disleksia, Gangguan Proses Belajar Seperti Yang Diidap Azka Corbuzier
Deddy Corbuzier © instagram.com/mastercorbuzier

Kapanlagi Plus - Sebelumnya kita mau kasih selamat dulu deh untuk Azka Corbuzier yang baru saja lulus dari Sekolah Dasar (SD) dengan menyandang predikat sebagai lulusan terbaik. Nah menariknya pada foto yang diposting oleh Deddy Corbuzier baru-baru ini menyebutkan kata dislexian atau disleksia. Memang disleksia itu apa sih?

Ada beberapa orang yang melihat disleksia sebagai penyakit atau gangguan yang berhubungan dengan otak. Hampir sih, tapi sebenarnya disleksia itu adalah gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak di usia 7 sampai 8 tahun. Oke, berarti jelas disleksia bisa mengganggu proses belajar anak-anak.

Biasanya disleksia sendiri berhubungan dengan kesulitan membaca, kesulitan menulis, mengeja kata dan bahkan mengutarakan apa yang ada di kepalanya secara verbal. Hanya saja perlu kamu catat kalau seorang anak yang mengidap disleksia bukan berarti ia anak yang kurang cerdas.

Mengidap disleksia bukan berarti seorang anak mengalami keterbelakangan mental, malas atau kurang cerdas © instagram.com/mastercorbuzierMengidap disleksia bukan berarti seorang anak mengalami keterbelakangan mental, malas atau kurang cerdas © instagram.com/mastercorbuzier

Benar, seorang anak disleksia pada umumnya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses informasi, baik ketika berbicara ataupun membaca. Karena itu untuk para calon dan mereka yang sudah berada di fase orang tua, jangan lantas berpendapat kalau anak nggak cerdas hanya karena ia sulit mengucapkan kata-kata yang panjang, memahami alfabet, warna, sampai kesulitan dalam membaca atau menulis ketika tumbuh besar.

Juga bukan berarti disleksia tidak dapat ditangani. Selain membutuhkan perlakuan khusus, dorongan semangat pada anak untuk belajar juga bisa menjadi terapi sederhana untuk mengatasi disleksia. Kepedulian jadi kunci, setelah itu pengarahan dan metode pengajaran yang tepat akan sangat membantu anak tersebut berkembang. Untuk itulah peran orang tua dan guru sangat penting dalam mendidik serta mengarahkan anak yang mengidap disleksia.

Memang sampai sekarang para peneliti belum bisa memastikan apa penyebab disleksia, tapi selama si anak mendapat perhatian, semangat dan arahan yang tepat, gangguan dalam proses perkembangan baca-tulis rasanya bukan hal yang perlu ditakutkan. Iya, lihat saja Azka Corbuzier yang sukses mematahkan disleksia dan membuktikan dirinya sebagai lulusan terbaik. Congrats capt!

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI