10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Biar Sukses Wujudkan Body Goals

Kamis, 29 Agustus 2019 15:46 Penulis: Wuri Anggarini
10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Biar Sukses Wujudkan Body Goals
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Ngaku aja deh, memiliki tubuh langsing ideal ala selebriti favorit pastinya jadi salah satu impian terpendam dalam dirimu. Nggak heran kalau banyak dari kamu yang berusaha mencari cara menurunkan berat badan paling ampuh biar bisa mengikuti jejak bikini body ala selebriti idola. Tapi, sudah mencoba berbagai cara malah hasilnya berat badan nggak turun-turun juga? Mungkin ada yang salah dengan pola diet yang kamu jalani nih.

Demi mewujudkan body goals idaman, perlu diet yang tepat, mulai dari memilih makanan yang baik dikonsumsi hingga kebiasaan lain yang menunjang pola diet yang sedang dijalani. Nggak perlu pusing lagi, ini 10 cara cepat menurunkan berat badan yang bisa dicoba untuk wujudkan body goals kamu. Yuk, dicoba!

1. Minum Air Lemon Saat Bangun Tidur

©Shutterstock©Shutterstock

Lemon menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat buat kesehatan dan kecantikan. Jika ingin mencoba cara cepat menurunkan berat badan dengan lemon, kamu cukup siapkan 1 buah lemon. Potong lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya ke dalam segelas air putih dingin. Nggak hanya mampu memberikan efek segar pada tubuh saat bangun tidur, tapi juga lemon mengandung potassium yang dapat meningkatkan massa otot. Jadi, lemak jenuh di dalam tubuh akan mudah terbakar lewat kandungan ini.

2. Jangan Skip Sarapan

Lagi diet, terus memutuskan buat nggak sarapan demi cara cepat menurunkan berat badan? Eits, ini kebiasaan yang salah lho. Justru kamu nggak boleh melewatkan sarapan karena waktu makan ini penting untuk menyiapkan energi tubuh agar dapat beraktivitas dengan maksimal. Kalau nggak makan pagi, perut justru akan lebih lapar di siang harinya. Hal ini bisa bikin kamu mengonsumsi makanan yang lebih banyak di jam makan selanjutnya.

Jika ingin mendukung cara cepat menurunkan berat badan, pilih menu sarapan yang tepat. Misalnya sereal dan buah atau roti gandum yang dapat menjadi sumber karbohidrat untuk tubuh. Jangan lupa pilih produk susu rendah lemak yang bisa mendukung dietmu.

3. Makan Pisang di Pagi Hari

©Shutterstock©Shutterstock

Pisang wajib ada dalam menu sarapan kalau kamu mau cara cepat menurunkan berat badan ini sukses. Buah ini punya kandungan serat tinggi yang bisa membuat perut kenyang lebih lama dan melancarkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme lancar, proses pembakaran lemak akan berjalan lebih maksimal sehingga kamu bisa mendapatkan berat badan ideal yang jadi impian.

4. Penuhi Kebutuhan Air Putih Harian

Tahu nggak sih, air putih juga diperlukan untuk cara cepat menurunkan berat badan. Yup, air putih dapat membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kerja ginjal sekaligus mendukung proses detoksifikasi, alias membuang racun yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi air putih juga dapat membantu kinerja otak agar lebih maksimal saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Nah, saat menjalani diet, ada beberapa trik yang bisa dicoba dengan air putih nih. Saat mulai merasa lapar di sela waktu makan, cobalah minum air putih sebelum mengunyah sesuatu karena rasa lapar juga menjadi pertanda kalau tubuh kekurangan cairan. Selain itu, coba lakukan kebiasaan meminum segelas air putih sebelum makan, sehingga porsi makan bisa berkurang. Jadi, bisa mendukung cara cepat menurunkan berat badan kamu nih!

5. Pilih Camilan yang Tepat

©Shutterstock©Shutterstock

Diet nggak boleh ngemil, siapa bilang? Camilan bukan hal yang ‘haram' saat menjalani diet, asal memahami trik memilih camilan diet yang tepat. Supaya cara menurunkan berat badan ini sukses, pilih jenis snack gandum yang memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori untuk mendukung program dietmu, misalnya roti gandum atau oatmeal. Selain itu, yogurt, kacang-kacangan dan buah-buahan juga bisa menjadi pilihan camilan yang disarankan selama diet.

6.  Atur Pola Makan yang Benar

Wajib dicatat nih, diet menurunkan berat badan itu bukan mengurangi asupan makanan, tapi mengatur sumber nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya mengurangi asupan karbohidrat, membatasi makanan berlemak dan gorengan, lalu menggantinya dengan yang lebih sehat seperti sayur atau buah. Trik ini bisa dilakukan untuk mendukung cara cepat menurunkan berat badan kamu, biar diet nggak hanya jadi wacana saja.

7. Konsumsi Teh Hijau

Bukan rahasia lagi kalau teh hijau memiliki berbagai manfaat yang menunjang kesehatan dan kecantikan. Tapi, tahu nggak kalau konsumsi teh hijau secara rutin ternyata juga bermanfaat sebagai salah satu cara cepat menurunkan berat badan? Yup, minuman yang satu ini dapat membantu melancarkan metabolisme lemak di dalam tubuh. Ada juga kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat mencegah kanker dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

8. Batasi Makan di Malam Hari

©Shutterstock©Shutterstock

Pola makan di malam hari juga perlu dijaga kalau ingin cara cepat menurunkan berat badan berhasil dan bikin kamu bisa mewujudkan body goals. Karena malam hari kamu sudah nggak melakukan istirahat berat dan hanya memanfaatkannya untuk istirahat, jadi nggak perlu mengonsumsi makanan berat dalam jumlah besar. Selain itu, hindari juga makan di atas jam 7 malam jika nggak ingin gagal diet.

Minum teh hijau atau susu rendah lemak di malam hari bisa jadi pilihan saat keinginan untuk ngemil datang. Jangan lupa sikat gigi sebelum tidur untuk mencegah craving camilan yang lebih hebat lagi. Bisa banget dicoba di rumah nih!

9. Jangan Lupa Olahraga

Cara cepat menurunkan berat badan kamu akan terasa sia-sia kalau nggak diimbangi dengan olahraga. Jadi, jangan malas menggerakkan tubuh untuk membakar lemak. Ada beberapa rekomendasi olahraga yang ampuh membakar lemak, seperti kardio. Latihan fisik yang satu ini melibatkan hampir semua anggota tubuh untuk bergerak, misalnya saja lari, bersepeda, berenang, atau lainnya.

Namun buat kamu yang nggak suka olahraga outdoor, beberapa alternatif indoor exercise ini juga bisa dicoba. Seperti Yoga yang memusatkan pada kelenturan dan pernapasan. Latihan yoga selama 10-20 menit dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Jika dilakukan secara rutin, dapat membantu cara cepat menurunkan berat badan yang kamu terapkan nih.

10. Istirahat Cukup

©Shutterstock©Shutterstock

Istirahat yang cukup di malam hari sangat penting untuk mendukung cara cepat menurunkan berat badan yang sedang kamu lakukan. Soalnya, istirahat di malam hari penting untuk mengoptimalkan regenerasi sel yang bikin metabolisme berjalan lebih maksimal. Selain itu, mereka yang kurang tidur punya kecenderungan makan yang lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan obesitas.

Yuk, saatnya atur waktu istirahat di malam hari dan kurangi begadang, ya!
Itu tadi 10 cara cepat menurunkan berat badan yang bisa mulai kamu cobain dari sekarang untuk mewujudkan body goals impian. Jangan mau hanya jadi wacana, yuk sekarang waktunya bikin jadi nyata, KLovers!

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI