10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Cepat, dan Mudah

Selasa, 07 Mei 2019 13:01 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Cepat, dan Mudah
ilustrasi menurunkan berat badan (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian semua orang. Untuk sebagian orang, dengan memiliki badan ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut, salah satunya dengan menurunkan berat badan. Namun, menurunkan berat badan tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena bisa saja hal itu malah menimbulkan masalah pada tubuh.

Menurunkan berat badan secara alami dapat menjadi cara paling aman yang bisa kalian coba tanpa perlu khawatir dengan efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Lalu, apa saja cara alami yang bisa kalian lakukan? Dilansir dari beberapa sumber, berikut 10 cara menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah yang bisa kalian coba.

1. Hindari Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Cara pertama yang bisa dilakukan bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan ialah menghindari makanan cepat saji. Meskipun makanan cepat saji banyak dipilih karena alasan kepraktisannya, memakan makanan cepat saji perlu dihindari karena kandungan MSG yang tinggi di dalamnya dapat menaikkan berat badan secara drastis. Sebagai gantinya, kalian bisa memilih makanan yang mengandung protein seperti telur, ayam maupun ikan.

2. Minum Air Jeruk Nipis

air jeruk nipis (credit: shutterstock)air jeruk nipis (credit: shutterstock)

Meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jeruk nipis sendiri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, dan juga zat besi. Namun, sebaiknya pastikan kondisi lambung kalian dulu ya untuk melakukan diet dengan cara ini agar tidak menimbulkan masalah pada lambung nantinya.

Diet dengan menggunakan jeruk nipis sebaiknya dilakukan secara terjadwal dan konsisten seperti cara diet yang dianjurkan di doktersehat yakni dengan meminum 3 gelas per hari di waktu pagi, siang dan menjelang tidur untuk hasil yang maksimal.

3. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat atau diet karbohidrat bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan selanjutnya. Terlebih, seperti yang dikutip dari alodokter, diet karbohidrat bahkan disebut lebih efektif menurunkan berat badan jangka pendek jika dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Diet karbohidrat juga memiliki manfaat yang lain seperti dapat mencegah dan mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi maupun memperbaiki gangguan metabolisme. Untuk mencukupi asupan tubuh, kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan dan juga ayam.

4. Hindari Camilan dengan Kandungan Gula Tinggi

ilustrasi mengurangi makanan dengan gula tinggi (credit: shutterstock)ilustrasi mengurangi makanan dengan gula tinggi (credit: shutterstock)

Menghindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan juga diabetes.

Sebagai gantinya, kalian bisa mengonsumsi cemilan rendah karbohidrat seperti yoghurt, smoothies, pudding maupun buah. Dan juga, saat ini sudah banyak camilan yang dijual di pasaran yang ramah untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan.

5. Perbanyak Olahraga

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba yakni memperbanyak olahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan membakar kalori yang dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Semakin banyak kalian berolahraga, maka semakin banyak juga kalori yang dibakar oleh tubuh.

Jika kalian malas berolahraga berat, banyak pilihan olahraga ringan yang bisa kalian coba untuk menurunkan berat badan seperti cardio, yoga dan juga sit-up. Selain cepat dan mudah, olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Selain baik untuk tubuh, air putih juga efektif untuk menurunkan berat badan. Air putih sendiri memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak cerah dan masih banyak manfaat lainnya.

Menurunkan berat badan dengan minum air putih, sebaiknya juga diimbangi dengan memperbanyak asupan sayur dan buah karena dapat mengurangi kebiasaan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gula tinggi. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih secara rutin, dapat membantu kalian mendapatkan berat badan ideal.

7. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi ternyata juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Makanan tinggi serat yang bisa kalian coba ialah kacang-kacangan, sayur, dan juga buah. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, tak hanya menurunkan berat badan namun kalian juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan juga membersihkan saluran pencernaan.

8. Kurangi Porsi Makan dan Perbanyak Asupan Sayur

ilustrasi mengurangi porsi makan (credit: shutterstock)ilustrasi mengurangi porsi makan (credit: shutterstock)

Mengurangi porsi makan atau asupan kalori dapat menurunkan berat badan seacara efektif. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan mengurangi frekuensi makan dalam jumlah yang besar dapat membantu mengurangi berat badan. Namun sebenarnya yang dianjurkan ialah mengurangi porsi makan itu sendiri, bukan frekuensinya.

Cukup tetap makan 3 kali sehari namun dengan porsi yang kecil dapat membantu menurunkan berat badan tanpa menimbulkan masalah yang lainnya. Selain itu, untuk hasil yang maksimal lebih baik kalian mengurangi bumbu-bumbu penyedap dan memperbanyak asupan sayuran.

9. Mengonsumsi Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara alami. Sejak dulu, teh hijau diyakini dapat menurunkan berat badan secara efektif. Caranya juga mudah. Kalian cukup mengonsumsi teh hijau secara teratur sebelum makan dan pastikan kalian meminumnya tanpa gula ya.

Selain bermanfaat menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat memperlancar metabolisme tubuh dan juga mencegah kanker.

10. Minum Campuran Madu dan Jahe

Cara terakhir yang bisa kalian coba ialah meminum perasan jahe yang dicampur dengan madu. Jahe sendiri memiliki khasiat untuk menekan nafsu makan secara alami sehingga mengurangi asupan makan. Sama halnya dengan jahe, madu juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan selain juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan stamina. Bagaimana cara membuatnya? Cukup campur 2 sdm madu dengan 2 sdm perasan jahe kemudian seduh dengan air panas. Kalian bisa meminum minuman tersebut 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Dalam menurunkan berat badan, yang dibutuhkan bukan hanya memperhatikan asupan makanan ataupun olahraga saja, namun juga komitmen dan konsistensi dalam diri untuk hasil yang maksimal. Nah, Apa kamu siap menurunkan berat badan hari ini?

 

Penulis: Devi Puspita

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI