10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah dan Sederhana

Minggu, 25 Oktober 2020 10:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah dan Sederhana
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Berbagai cara menurunkan berat badan tentunya menjadi solusi seseorang yang mempunyai masalah bentuk tubuh yang kurang ideal. Ya, baik laki-laki maupun perempuan tentunya ingin mempunyai bentuk tubuh yang proposional. Tak heran jika banyak orang yang melakukan diet ekstra ketat demi mendapatkan tubuh sesuai keinginan. Namun, menurunkan berat badan tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena bisa saja hal itu malah menimbulkan masalah pada tubuh. Sebab, di jaman yang serba modern ini banyak dari orang yang menempuh berbagai cara menurunkan berat badan dengan mengeluarkan banyak uang demi membeli obat pelangsing.

Supaya tetap aman, kalian bisa menurunkan berat badan dengan cara alami tanpa efek samping yang membahayakan. Bahkan, tak perlu merogoh kocek mahal, kalian bisa menurunkan berat badan dengan cepat, mudah, dan sederhana. Biasanya bagi mereka yang menerapkan program diet, berolahraga adalah cara ampuh membuang lemak atau kalori melalui keringat.

Namun, ada juga lho sederet cara menurunkan berat badan tanpa melakukan aktivitas fisik seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya.

1. Perlambat Saat Mengunyah

Sebagian orang pasti tahu pentingnya memperlambat mengunyah saat makan. Namun, kebanyakan orang tak sabar untuk melakukan itu dan memilih mengunyahnya dengan cepat dan terburu-buru. Ternyata, memperlambat mengunyah juga baik untuk menurunkan berat badan lho. Hal ini lantaran ketika kalian memperlambat mengunyah, tentu saja juga dapat memperlambat waktu kalian saat makan.

Nah, itulah yang mampu menurunkan asupan makanan dan memperkecil porsi makan. Sebab, seberapa cepat menyelesaikan makan juga mempengaruhi berat badan. Selain menambah berat badan, makan cepat juga menyebabkan obesitas.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji rupanya kini menjadi trend. Padatnya aktivitas membuat kebanyakan orang memilih makanan cepat saji sebagai pilihan yang praktis dan rasanya yang enak di lidah. Tetapi hidangan yang satu ini tidak baik bagi kesehatan tubuh, justru akan semakin menimbun lemak. Jadi, apabila kalian ingin menurunkan berat badan untuk menghindari makanan yang satu ini. Selain itu, junk food mengandung MSG tinggi yang dapat menaikkan berat badan secara drastis. Sebagai gantinya, kalian bisa mengonsumsi makanan seperti telur ataupun ikan.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat salah satu makanan yang bisa menurunkan berat badan lho. Sebab, makanan kaya serat akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Dengan begitu, kalian akan merasa kenyang lebih lama dan keinginan untuk ngemil akan tertahan. Tak hanya itu saja, makanan kaya serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan kalian. Oleh sebab itu, kalian bisa mengonsumsi jenis sayuran yang bisa kalian masukkan ke dalam menu harian.

4. Tidur Cukup dan Hindari Stres

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Sebab, orang yang kurang tidur akan lebih berkemungkinan besar untuk mengalami kenaikan berat badan. Mengapa hal ini terjadi? Sebab, orang yang kurang tidur bisa jadi mendapat godaan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan menambah berat badan daripada orang yang cukup istirahat.

Hal itu terjadi karena saat mengantuk bagian otak yang berfungsi memberi sinyal kenyang akan terganggu sehingga terlambat memberi tahu bahwa kalian sudah kenyang meskipun sudah makan banyak. Selain itu, cara menurunkan berat badan dengan cepat kalian harus bisa mengontrol diri dan hindari stres.

5. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Konsumsi karbohidrat menjadi salah satu penyebab banyaknya timbunan kalori di dalam tubuh. Bila selama ini kalian suka mengonsumsi nasi, maka ada baiknya mulai mengganti kebiasaan itu dengan mengonsumsi beras merah yang lebih banyak mengandung serat. Selain itu penting bagi kalian untuk mengonsumsi buah-buahan segar yang lebih bermanfaat sebagai cara menurunkan berat badan.

6. Mengonsumsi Air Putih Hangat

Cara menurunkan berat badan kali ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Kalian hanya perlu membiasakan diri mengonsumsi air putih hangat ketika bangun tidur. Ada baiknya, kalian mengonsumsi 1 hingga 2 gelas. Kebiasaan minum air putih setiap bangun tidur juga membantu mengisi perut sebelum beban porsi makan besar kalian.

7. Kurangi Porsi Makan

Sesuai dengan keinginan yakni menurunkan berat badan, oleh sebab itu pula dibutuhkan kesadaran pada diri sendiri untuk menahan mengonsumsi makanan berlebih. Kalian bisa mengurangi porsi makan secara perlahan supaya berat badan juga mengalami penurunan. Meski bagi sebagian orang sulit, namun kebiasaan tersebut apabila selalu dilakukan setiap hari, maka tubuh pun akan terbiasa dan adaptasi untuk makan dengan porsi yang sedikit.

8. Konsumsi Kopi Tanpa Pemanis

Kafein yang ada di dalam kopi merupakan stimulan bagi sistem saraf tubuh yang bisa meningkatkan metabolisme. Sayangnya, efek menurunkan berat badan ini bisa hilang ketika menambahkan gula atau pemanis lainnya. Konsumsi kopi tanpa pemanis bisa membuat metabolisme seseorang bekerja dengan tepat. Hal ini bisa membantu tubuh untuk membakar lemak lebih banyak.

9. Konsumsi Kacang-kacangan

Meski kacang-kacangan merupakan makanan berlemak, namun makanan tersebut tetap menyehatkan terlebih untuk mencegah nafsu makan. Selain itu, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang berpotensi menyelamatkan kehidupan. Oleh sebab itu, konsumsi kacang-kacangan untuk camilan kalian.

10. Olahraga Kardio

Selain cara di atas, untuk menurunkan berat badan ada baiknya tetap harus diimbangai dengan olahraga. Kalian bisa melakukan olahraga kardio. Olahraga ini tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan namun juga bagi kesehatan secara keseluruhan. Kalian bisa melakukan olahraga seperti berjalan, berlari, menari, berenang, dan bersepeda. Melakukan olahraga tersebut selama 20 hingga 40 menit dalam sehari bisa berdampak luar biasa pada kesehatan dan membakar lemak.

Itulah sederet cara menurunkan berat badan dengan cepat, mudah dan sederhana. Selamat menerapkan dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI