10 Cara Sukses Membuat Cireng Bumbu Rujak. Coba Deh Number

Senin, 01 Juli 2019 09:14 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Sukses Membuat Cireng Bumbu Rujak. Coba Deh Number
Shutterstock

Kapanlagi Plus - Hai Klovers sudah pernah belum mencicipi camilan khas Bandung, yaitu cireng? Cireng atau yang terkenal dengan aci goreng ini merupakan camilan yang enak dimakan saat bersantai untuk teman ngeteh dan ngopi. Cireng memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit alot. Cireng merupakan camilan ciri khas dari Bandung. Nah Klovers, saat ini cireng sudah banyak dikreasikan menjadi cireng yang lebih kaya akan teksturnya. Pada umumnya original cireng merupakan aci yang digoreng hingga kering saja. Cireng Bandung kenyal seperti ini biasanya terkenal dengan nama cireng tanpa isi.

Berkembangnya cireng saat ini, cireng pun di modifikasi dengan berbagai isian yang menggugah selera. seperti cireng isi kornet, cireng isi oncom pedas, cireng isi abon sapi, cireng isi bakso, cireng isi sosis, cireng isi ayam, cireng isi daging tuna, cireng isi keju dan aneka isian cireng lainnya yang tentu saja lezat. Nah, bila biasanya cireng yang enak dan crispy terasa kurang nikmat jika tidak disajikan dengan sambal kacang atau sambal oncom pedasnya, lagi-lagi cireng muncul dengan kreasi baru yang lebih menarik dan lebih kreatif dalam penyajiannya, yaitu diutak atik dengan cocolan bumbu rujak. Cireng yang disajikan dengan bumbu atau sambal rujak seperti ini terkenal dengan sebutan rujak cireng atau cireng bumbu rujak.

Rujak cireng atau cireng bumbu rujak ini tentu saja enak dan membuat lidah tak ingin berhenti untuk mencicipi terus, apalagi cireng jajanan tradisional Bandung ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa dibilang sangat murah meriah. Dengan mengeluarkan uang lima ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati beberapa pcs cireng bandung crispy ala abang gorengan. Nah Klovers selain harga merakyat, cireng khas bandung ini juga sangat mudah ditemui dimana-dimana. Dari tukang gorengan yang mangkal dipinggir jalan, warung gorengan, tukang gorengan yang dipasar tradisional dan lain sebagainya. Namun, jika kamu mulai bosan menikmati cireng yang biasa KLovers beli di luar.Tak ada salahnya jika sesekali kamu mencoba membuat cireng bandung sendiri dirumah. Tenang Klovers kami akan sajikan komplit untuk kamu bagaimana cara membuat cireng mudah dan praktis beserta dengan cara membuat cireng sambal rujak yang tentu saja akan semakin menambah kecintaan kamu terhadap salah satu gorengan kenyal dan crispy ini.

Jika Klovers memang merupakan penggemar cireng atau bahkan belum pernah mencobanya, Kamu bisa mengintip artikel di bawah ini tentang cara membuat cireng bumbu rujak yang dilansir dari resephariini.com. Nah, Klovers untuk bahan-bahan dan cara membuat cireng bumbu rujak nya, silahkan simak artikel resep sederhananya di bawah ini ya. Selamat mencoba

Bahan- Bahan Untuk Membuat Cireng

Bumbu (Cr.KapanLagi.com/Shutterstock)Bumbu (Cr.KapanLagi.com/Shutterstock)

  1. Tepung aci/sagu 400 gram
  2. Ketumbar bubuk 1 sendok teh
  3. Bawang daun 3 batang ( iris tipis )
  4. Bawang putih 5 siung ( haluskan )
  5. Garam 1 sendok teh
  6. Air mendidih 400 mili liter
  7. Minyak sayur ( digunakan untuk menggoreng )

Bahan- Bahan Untuk Membuat Sambal Rujak Cireng

Garam (KapanLagi.com/Shutterstock)Garam (KapanLagi.com/Shutterstock)

  1. Cabai rawit merah 10 buah
  2. Terasi bakar 1/2 sendok teh
  3. Gula merah sisir 4 sendok makan
  4. Garam 1/2 sendok teh
  5. Air matang 80 mili liter
  6. Air asam jawa 2 sendok makan

Cara Membuat Cireng

  1. Langkah awal, campur tepung sagu, ketumbar, bawang daun, bawang putih, dan garam. tuangi air panas, aduk rata, lalu biarkan hingga adonan tidak panas.
  2. Selanjutnya ambil 1 sendok makan adonan cireng, bentuk bulat lalu pipihkan. ulangi hingga semua adonan habis, kemudian goreng di dalam minyak banyak yang panas hingga matang dan kuning keemasan. angkat, tiriskan.

Langkah-Langkah Membuat Sambal Rujak Untuk Cireng

  1. Pertama yaitu bumbu rujak, nah Klovers kamu harus mengulek halus semua bahan yang ada  di atas tadi, setelah halus kemudian larutkan bahan dengan air hangat, sambil diaduk rata ya Klovers. Setelah semuanya sudah kamu kerjakan bahan tersebut bisa kamu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kedua, Klovers ambil wadah, kemudian dalam satu wadah, masukan tepung sagu dan daun bawang kemudian campurkan, tetap aduk dengan rata ya Klovers. Setelah kamu aduk dengan rata, bahan tersubut bisa kamu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Langkah selanjutnya, Klovers siapkan panci, setelah panci sudah siap kamu perlu memasukkan air, garam, gula, kaldu bubuk, merica, dan bawang putih. Bahan tersebut juga kamu Aduk hingga rata dan jangan lupa untuk memasaknya  hingga mendidih. Setelah semuanya mendidih Klovers bisa angkat bahan tersebut. Tetap hati-hati ya Klovers karena panci masih panas.
  4. Nah Klovers bahan yang sudah kamu angkat dari panci tadi langsung bisa kamu tuangkan ke dalam wadah berisi tepung. Terus aduk hingga rata dengan sendok kayu hingga adonan tercampur dan bisa dibentuk.
  5. Setelah semua bahan sudah diselesaikan. Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak dalam wajan.
  6. Nah sebelum memasukkan adonan cireng ke wajan Klovers perlu membaluri tangan dengan tepung sagu, agar tangan tidak lengket. Bila sudah, ambil adonan secukupnya lalu bentuk menjadi bulat pipih.
  7. Goreng cireng dalam wajan hingga kedua sisinya matang. Angkat dan tiriskan.
  8. Cireng Siap disajikan bersama bumbu rujak.

Tips Membuat Cireng Bumbu Rujak

  1. Air harus benar-benar mendidih ketika dicampur dengan tepung agar hasil cireng matang tidak alot.
  2. Kesulitan menggoreng cireng adalah sifatnya yang menempel satu sama lain. Oleh karena itu, pakai wajan yang lebar dan besar agar cireng tidak berdempetan. Contohnya wajan anti lengket Oxone OX-30F Frypan yang berlapis marble sehingga aman untuk kesehatan. Ukuran frying pan ini pun sangat besar, yakni 30 cm.

Nah, Klovers itu tadi bahan, resep, dan tips membuat cireng sambel rujak yang perlu Klovers perhatikan, jangan sampai terlewat langkah-langkahnya ya. Sampai jumpa.

Penulis: Margareta Novika Sandy Putri

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI