10 Destinasi Wisata Bandung yang Asyik Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Selasa, 14 Mei 2019 09:19 Penulis: Wuri Anggarini
10 Destinasi Wisata Bandung yang Asyik Dikunjungi Saat Libur Lebaran
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Kalau ditanya apa saja kota favorit milenial buat merasakan liburan seru, Bandung pasti nggak boleh kelewatan masuk list. Julukan Paris Van Java memang nggak main-main disematkan untuk kota yang satu ini. Pasalnya, Bandung memang ibarat surga tersendiri buat pecinta traveling. Kota ini punya segalanya, mulai dari kesejukan udara yang bikin liburan makin betah, alam yang menawan, kuliner lezat, hingga sederet theme park yang viral di media sosial.

Pesona Bandung juga mendapat perhatian tersendiri dari Menteri Pariwisata, Arif Yahya. Menurutnya, Bandung menjadi paket lengkap yang membuat kota itu nggak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

"Saat ini Kota Bandung memang selalu menjadi incaran para wisatawan. Udaranya yang sejuk, banyaknya destinasi yang menarik, serta dukungan amenitas yang lengkap menjadi alasan para wisatawan berkunjung ke Bandung. Bandung mempunyai destinasi yang lengkap," ujar Menpar Arief Yahya.

Tertarik buat mampir ke Bandung selama libur lebaran nanti? Ini dia 10 destinasi wisata Bandung yang jadi bagian dari #PesonaMudik2019. Mana favoritmu?

1. Alun Alun Bandung

Alun alun kota Bandung merupakan salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang sering menjadi pilihan para wisatawan, khususnya warga Bandung. Selain tempatnya strategis, di tempat ini kita juga bisa bersantai ataupun melakukan bermain. Bahkan jika akhir pekan ataupun saat liburan, tempat ini selalu penuh oleh pengunjung.

Apalagi saat ini Alun-Alun Bandung telah dibangung menjadi lebih cantik. Salah satunya berkat kehadiran taman bunga yang berwarna warni. Destinasi ini pun sangat bersih dan bebas pedagang kaki lima. Soal infrastruktur penunjangnya pun cukup lengkap, seperti halnya toilet dan lahan parkir.

2. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Lembang disebut-sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Orchid Forest terkenal dengan keindahannya. Terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare ini. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru.

Ekowisata yang baru setahun lebih dibuka ini bagai paket lengkap. Pemandangan alam asri dengan udara sejuk, instalasi sarana yang aesthethic, berbagai spot foto yang Instagramable, serta fasilitas dan sub destinasi yang beragam.

Saking indahnya, destinasi ini pun diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya tepat tanggal 24 Agustus. Semenjak itu, destinasi ini tak pernah sepi pengunjung, teritama kaum millenial yang berburu spot intagramable.

3. Dusun Bambu

Sebuah taman rekreasi untuk keluarga berbasis ecotourism di Jawa Barat. Kombinasi antara keindahan alam dan budaya tradisional sunda, Dusun Bambu menyediakan berbagai macam fasilitas untuk setiap pengunjungnya.

Kampung Layung Cottage dan Sayang Heulang Camp sebagai penginapan thematic yang sangat cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan anda, 4 buah restaurant dengan masing masing keunikan dan kelezatan kulinernya yang mampu memanjakan perut, juga berbagai macam wahana bermain baik untuk dewasa maupun anak akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Nilai plus dari tempat ini adalah akses yang mudah dijangkau. Selain itu, nuansa sunda yang kental sudah terasa sejak kita masuk tempat ini. Berada di tempat ini seperti menghilangkan stress pekerjaan. Anak-anak pun pasti menyukai tempat ini.

4. Trans Studio Bandung

Nah kalau ini menjadi destinasi yang sedang hits saat ini. Apalagi Trans Studio Bandung merupakan kawasan permainan dalam ruangan terbesar se-Asia Tenggara. Berbagai permainan yang super kece dan keren ada di destinasi ini. Sangat pas untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Dari mulai The Giant Swing, Magical Parade Of Zoo, Yamaha Coster Racing, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya dijamin wisatawan akan puas jika mengunjungi Trans Studio Bandung.

5. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya merupakan wisata alam terbuka yang dilengkapi dengan wahana permainan seru. Lokasinya sangat instagramable terutama bagi yang suka foto selfie dan fotografi. Tak heran bila The Lodge Maribaya jadi salah satu wisata hits di media sosial.

Wisata ini memiliki luas mencapai 3 hektar yang berada di lereng perbukitan Maribaya. The Lodge Maribaya menyajikan pemandangan alam terbuka berupa hutan pinus alami sejauh mata memandang.

Pepohonan berwarna hijau akan semakin menyejukkan mata. Aliran sungai yang mengalir dari Sungai Cibodas membuat suasana semakin sejuk dan memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Tersedia juga beberapa spot menarik untuk pengunjung yang senang foto dengan spot kekinian.

Wisata ini juga cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Di mana terdapat camping ground berupa kemah unik yang bisa dinikmati bersama keluarga. Perkemahan ini bisa disewa baik untuk keluarga maupun kelompok. Tersedia 25 buah tenda dengan kapasitas 2-3 orang.

6. Tangkuban Perahu

Ketika sedang memutuskan untuk mengunjungi Bandung tak lengkap rasanya jika tak mendatangi Tangkuban Perahu. Pemandangan yang disuguhkan mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya.

Tak heran, objek wisata Tangkuban Perahu selalu menjadi destinasi utama para wisatawan ketika berkunjung ke Bandung. Ketika sudah datang ke sana, rasanya tak rela jika harus meninggalkannya.

Berharap suatu hari nanti bisa kembali lagi ke sini untuk melepaskan penat dengan melihat pemandangan yang menakjubkan. Belum lagi bumbu legenda Sangkuriang yang melegenda membuat destinasi ini semakin terkenal.

7. Gedung Sate

Gedung Sate menjadi destinasi ikonik yang wajib dikunjungi di Bandung. Makanya seperti ada kurang jika belum datang ke Gedung Sate. Gedung yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 22 ini memang menjadi pusat perhatian buat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Bahkan, jika pada akhir pekan objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi oleh wisatawan. Nuansa kolonial begitu terlihat dari gedung megah ini. Di dalam Gedung Sate pun terdapat Museum Gedung Sate. Sebuah museum yang berisi segala sejarah Gedung Sate dan Kota Bandung.

8. Kawah Putih

Bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya tentu tak asing ketika mendengar kata “Kawah Putih”. Kawah putih merupakan salah satu ikon wisata Jawa Barat yang begitu memanjakan mata dan Instagramable tentunya bagi kalangan anak muda yang tertarik ber-selfie ria. Kawah putih sendiri merupakan sebuah kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Nama Kawah putih sendiri merujuk pada warna kawahnya yang notabene berwarna putih.

Danau di Kawah Putih memiliki air yang dapat berubah warna. Hal ini terjadi karena konsentrasi belerang yang ada di dalamnya. Anda yang ingin mempercantik tampilan instagrammu tentunya akan sangat tertarik dengan hal ini.

Selain memiliki danau yang indah, Kawah Putih juga memiliki hutan cantigi sebagai tumbuhan yang dominan tumbuh di sekitar Kawah Putih. Hal ini disebabkan keadaan tanah yang bercampur belerang menyebabkan tidak semua tumbuhan mampu tumbuh dan bertahan di kawasan ini. Bagi anda yang ingin menambah ilmu pengetahuan, hutan cantigi tentunya menjadi objek yang menarik untuk dikaji. Atau sekedar ingin menjadikannya sebagai background untuk melengkapi foto indahmu juga menarik.

9. Glamping Lakeside

Glamping Lakeside Rancabali adalah sebuah resort yang berada di alam terbuka yang luas dengan dominasi kebun teh, dan terbuka untuk umum. Nggak harus menginap untuk bisa menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan mobil Rp 5.000. Jam bukanya pukul 07.00-19.00 setiap hari.

Primadona di kawasan glamping ini adalah Pinisi Restonya. Restoran yang berbentuk kapal pinisi dan segede pinisi beneran yang menghadap ke Situ Patenggang dan Pulau Cintanya.

Wisatawan pun bisa merasakan menginap di tengah perkebunan teh dengan pemandangan danau Situ Patenggang. Suasana sejuk dan tenang khas perkebunan bisa dirasakan saat menginap di sini.

Selain berkemah, wisatawan bisa menikmati aktivitas berkeliling naik perahu di Situ Patenggang, berburu pemandangan matahari terbenam, berendam air panas di Kawah Rengganis, menuju Batu Cinta yang punya kisah dan mitos terkenal.

10. Balai Kota Bandung

Kota Bandung kental dengan nuansa sejarahnya yang tinggi. Berbagai gedung peninggalan kolonial bertebaran di kota ini. Salah satunya Balai Kota Bandung, apalagi ternyata gedung Balai Kota merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Bandung.

Bentuknya sangat keren dengan gaya art deco. Tak pelak Gedung Balai Kota pun sering menjadi buruan para wisatawan. Apalagi kini di samping gedung tersebut terdapat pula taman yang indah. Hal ini makin membuat Gedung Wali Kota dapat menjadi pilihan alternatif liburan bersama keluarga.

 

 

 

(*/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI