10 Tempat Wisata Populer di Bandung yang Bisa Bikin Liburanmu Makin Seru di 2020

Senin, 06 Januari 2020 21:17 Penulis: Iwan Tantomi
10 Tempat Wisata Populer di Bandung yang Bisa Bikin Liburanmu Makin Seru di 2020
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Tahun baru selalu disambut dengan suka cita. Beragam resolusi pun dibikin untuk menciptakan momen yang lebih baik. Salah satu hal yang nggak boleh dilewatkan di 2020 adalah liburan. Bagaimanapun traveling sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup yang nggak bisa dipisahkan.

Selain padatnya aktivitas, problem sosial, seperti kemacetan yang kerap dijumpai juga bisa bikin stres. Di sinilah pentingnya liburan. Salah satu destinasi wisata yang bakal tetap menarik untuk dikunjungi pada 2020 adalah Bandung.

Di ibukota Jawa Barat tersebut kamu bisa menemukan beragam tempat wisata. Nah, supaya liburan kamu di Bandung makin seru, berikut 10 tempat wisata populer di Bandung yang wajib kamu kunjungi di tahun 2020.

1. Glamping Lakeside

©Shutterstock

Bandung punya resort indah yang berada di alam terbuka, bernama Glamping Lakeside Rancabali. Resort tersebut dikelilingi kebun teh yang hijau, sehingga begitu asri dan cocok dijadikan destinasi wisata liburan 2020 di Bandung. Yang bikin Glamping Lakeside Rancabali terkenal karena bentuk bangunan restonya yang menyerupai kapal Pinisi.

Selain itu, dari Pinisi Resto kamu juga bisa menikmati indahnya Situ Patenggang dan Pulau Cinta. Bukan hanya bisa berkemah, kamu juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling Situ Patenggang. Sebagai penyempurna, cobalah menjelajahi Batu Cinta dengan kisah dan mitos terkenal, serta Kawah Rengganis yang cocok untuk berendam air panas di tengah hawa dingin Glamping Lakeside Rancabali yang sejuk.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

©Shutterstock

Pada 18-25 April 1955, Bandung menjadi pusat perhatian dunia karena menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika yang bersejarah. Gedung tempat konferensinya pun masih bisa kamu jumpai di Bandung, yang kini sudah diubah menjadi Museum Konferensi Asia Afrika. Tempat ini pun masih tetap hits pada 2020, karena kamu bisa merasakan bagaimana suasana Konferensi Asia Afrika saat itu. 

Gedung Meseum Konferensi Asia Afrika sendiri terbagi menjadi dua bagian. Bangunan pertama disebut sebagai Gedung Merdeka yang dulu dijadikan siding utama. Sementara bangunan di sebelah Gedung Merdeka itulah yang kini menjadi Museum Konferensi Asia Afrika.

3. Kawah Putih Ciwidey

©Shutterstock

Bertahun-tahun jadi ikon wisata Bandung, Kawah Putih Ciwidey masih jadi tempat wisata super populer yang layak kamu kunjungi di tahun 2020. Terlebih tempat ini juga menawarkan panorama alam super keren, yang selalu cocok untuk latar berfoto. Buat kamu yang belum tahu, Kawah Putih Ciwidey memiliki air yang dapat berubah warna.

Perubahan warna tersebut terjadi karena kandungan belerang yang ada di dalamnya. Selain itu, Kawah Putih Ciwidey juga punya Hutan Cantigi. Tanaman ini tumbuh dominan di sekitar Kawah Putih. Bentuknya yang unik, kian menambah daya tarik dari tempat wisata yang berada di kawasan Rancabali, Bandung ini.

4. Museum Geologi Bandung

©Shutterstock

Fasilitas yang makin bagus, membuat minat berkunjung ke museum meningkat. Hal ini pun yang bikin wisata museum bakal menjadi salah satu alternatif liburan yang populer pada 2020. Menariknya, Bandung memiliki banyak sekali museum terkenal yang layak dikunjungi, seperti Museum Geologi Bandung. 

Lokasinya pun gampang ditemukan lantaran dekat dengan Gedung Sate. Ada banyak hal yang bisa kamu jumpai di Museum Geologi Bandung. Sesuai namanya, kamu bisa melihat fosil, flora dan fauna, hingga sejarah terbentuknya Kota Bandung sesuai kondisi geologi Indonesia di berbagai era yang berbeda.

5. Gunung Tangkuban Perahu

©Shutterstock

Meski termasuk wisata Bandung yang mainstream, nyatanya popularitas Gunung Tangkuban Perahu nggak pernah meredup. Bahkan, pada 2020, Tangkuban Perahu masih menjadi salah satu destinasi wisata hits dan favorit. Apalagi gunung ini juga sarat cerita legenda Sangkuriang, yang bikin siapapun penasaran untuk melihat rupa langsung gunungnya. Dengan pemandangan yang menawan kamu bisa datang ke Gunung Tangkuban Perahu, setiap kali berwisata ke Bandung.

6. Gedung Sate

©Shutterstock

Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Bandung, tanpa mampir ke Gedung Sate. Ikon Kota Bandung tersebut merupakan warisan kolonial yang masih asri. Arsitekturnya yang megah, bukan hanya bisa kamu pandangi. Namun, kamu juga masuk ke dalam gedung pemerintahan tersebut. Pasalnya, Gedung Sate juga memiliki museum. Kamu pun bisa mengunjung Museum Gedung Sate secara gratis, untuk melihat langsung beragam sejarah gedung tersebut terbentuk sekaligus operasionalnya dari masa ke masa.

7. Alun-Alun Kota Bandung

©Shutterstock

Nggak kalah ikonik dengan Gedung Sate, Alun-Alun Kota Bandung menjadi salah satu tempat wajib sekaligus super populer untuk dikunjungi saat liburan ke sana. Apalagi wujud Alun-Alun Kota Bandung setelah direnovasi begitu bersih dan menarik. Arsitekturnya yang begitu cantik, membuat tempat ini nggak pernah bosan dijadikan lokasi untuk berfoto-foto saat liburan ke Bandung.

Serunya lagi, tempat tersebut bisa kamu kunjungi secara cuma-cuma. Saat sore hari, kamu bisa datang ke sana sembari menikmati aneka kuliner khas Kota Kembang. Selain dekat Masjid Kota Bandung, area berolahraga yang memadai juga membuat Alun-Alun Kota Bandung cocok juga dijadikan tempat untuk melatih kebugaran. Jika nggak, kamu bisa sekadar bersantai sembari menghirup segarnya udara di sekitar Alun-Alun Kota Bandung yang dipenuhi dengan tanaman rimbun dan beragam jenis bunga aneka rupa.

8. Floating Market

©Shutterstock

Ingin mengunjungi tempat yang romantis dan memiliki danau indah saat liburan ke Bandung? Kamu bisa mengunjungi Floating Market yang berada di Lembang. Konsepnya yang asyik, membuat Floating Market cocok dijadikan destinasi liburan keluarga. Bukan hanya menghadirkan pasar terapung, kamu juga bisa menemukan beragam spot menarik lainnya. 

Mulai Kota Mini, Rainbow Garden, Wahana Permainan Air, hingga beragam penyewaan kostum Jepang dan Korea Selatan yang masih populer di taun 2020 ini. Apalagi di Floating Market, kamu bisa mengunjungi Desa ala Jepang, hingga ladang bunga ala Jerman. Tambahan spot kuliner yang lengkap dan menggugah selera, makin menyempurnakan Floating Market sebagai tempat wisata populer Bandung pada 2020.

9. Curug Cimahi

©Shutterstock

Ada lagi Curug Cimahi yang keindahannya nggak perlu diragukan. Bahkan, di tahun 2020, Curug Cimahi masih menjadi salah satu tempat populer yang wajib dikunjungi ke Bandung. Selain menawarkan keindahan air terjun dan panorama alam yang begitu asri, Curug Cimahi juga hadir dengan fasilitas pariwisata yang lengkap. Terlebih lagi, Curug Cimahi juga mudah dijangkau dari Lembang. Di malam hari, air terjun ini nggak kalah menawan, lantaran disinari dengan lampu yang warna-warni.

10. Jalan Braga

©Shutterstock

Jangan biarkan liburan ke Bandung terasa kurang lengkap, sebelum kamu mampir ke Jalan Braga. Tempat ini bukan hanya klasik dan ikonik, tetapi juga nggak pernah bosan untuk dikunjungi. Selain menjadi cagar budaya bagi banyak bangunan lama, di sana kamu juga bisa bersantai maupun hangout bareng kawan di kafe-kafe maupun restoran dengan citarasa menggiurkan. Apalagi sebagian besar tempat kuliner maupun kafe di Jalan Braga juga menempati bangunan lawas, sehingga makin bikin betah berlama-lama dan bernostalgia di sana.

Itulah 10 tempat wisata populer di Bandung yang bisa bikin liburanmu makin seru di tahun 2020. Tunggu apalagi, yuk mulai siapkan rencana liburan ke Bandung, dan kunjungi satu per satu tempat keren tersebut, KLovers.

 

 

(kly/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI