10 Tempat Wisata Populer di Bandung yang Bisa Jadi Modal Liburan ala Selebgram Kamu

Kamis, 09 Januari 2020 16:25 Penulis: Wuri Anggarini
10 Tempat Wisata Populer di Bandung yang Bisa Jadi Modal Liburan ala Selebgram Kamu
© Shutterstock/Agus Anwar

Kapanlagi Plus - Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiranmu saat mendengar nama kota Bandung? Cuacanya yang sejuk, kuliner yang memanjakan lidah, hingga sederet tempat wisata yang dihadirkan memang menambah pesona dan daya tarik kota yang dijuluki sebagai Paris Van Java tersebut.

Nggak heran kalau Bandung selalu jadi destinasi liburan utama di Jawa Barat. Terlebih, hampir setiap tahunnya selalu ada tempat wisata baru yang layak dikunjungi. Selain yang menonjolkan keindahan alam, banyak bermunculan juga tempat wisata kekinian yang banyak jadi favorit anak hits kekinian untuk mempercantik feed media sosial mereka. 10 tempat wisata populer di Bandung ini bisa jadi rekomendasinya jika ingin membuat foto liburanmu sekelas selebgram.

1. Lembang Wonderland

(c) Instagram/lembangwonderland(c) Instagram/lembangwonderland

Lembang Wonderland berhasil menjadi salah satu tempat wisata populer di Bandung sejak pertama kali dibuka. Berada di Jalan Raya Lembang No 177, Jayagiri, Lembang, ada banyak keseruan yang ditawarkan spot tersebut sehingga membuatnya begitu populer di kalangan para traveler. Spot tersebut mengusung konsep tempat wisata Instagenic, di mana ada beberapa zona yang pastinya bakal menarik perhatian pengunjung.

Ada 3 area utama yang masing-masing mengusung tema berbeda. Di zona Sweet Feel yang dibangun dengan konsep indoor misalnya, ada banyak permainan seru dan mengedukasi yang cocok untuk dimainkan bareng keluarga. Ada juga kolam cokelat dan kolam perahu yang dapat mengasah daya imajinasi anak lewat kegiatan bermain sambil belajar. Sementara itu, zona kedua adalah Magic Forest atau hutan ajaib yang dilengkapi dengan rumah pohon, jembatan penghubung, dan rumah yang mengusung konsep unik.

Zona terakhir yang bisa kamu temukan di tempat wisata populer di Bandung yang satu ini adalah Ice Cream Waterfall. Di taman es krim ini, kamu akan disambut berbagai replika es krim berukuran besar yang cocok jadi latar belakang foto selfie. Di malam hari, tempat ini semakin terlihat keren lewat keindahan lampu cantiknya. So, pastikan kamu mampir di sini demi liburan ala selebgram!

2. Candy House Ciwidey

Tahu nggak sih kalau ada rumah permen pertama yang sekarang jadi tempat wisata populer di Bandung? Yup, datang saja ke Candy House Ciwidey yang berada di kawasan Happy Farm Ciwidey Bandung. Dekorasi bangunan yang serba pink membuat spot yang satu ini begitu mencolok dari luar.

Memasuki bagian dalamnya tempat wisata populer di Bandung yang satu ini, pasti bakal bikin excited anak hits mana pun. Ada banyak spot selfie di sekitar lokasi, mulai dari marshmallow heaven, candy light, candy box, lollipop garden, hingga cotton candy yang paling jadi favorit pengunjung.

3. Bird & Bromelia Pavilion

Tempat wisata populer di Bandung yang satu ini terletak di kompleks Pramestha Resort Town, Dago Giri. Spot ini bisa dibilang taman burung mini karena memiliki 300 jenis burung dari 50 spesies yang tersebar di seluruh nusantara. Bird & Bromelia Pavilion bisa jadi destinasi liburan yang pas banget buat keluarga, terutama anak-anak, karena bisa menjadi media belajar yang asyik.

Saat berada di tempat wisata populer di Bandung tersebut, pengunjung boleh memberi makan burung dengan kuaci yang dibeli langsung di lokasi. Jangan membayangkan kamu akan bertemu burung dalam sangkar. Di tempat ini, kawanan burung yang ada bisa terbang bebas di dalamnya dan mendapatkan sinar matahari langsung karena kawasan tersebut dilindungi oleh jaring raksasa yang disebut aviary.

Di beberapa sudutnya juga ada spot Instagenic yang seru buat selfie atau foto bareng. Selain itu, ada juga sebuah taman kecil yang diisi oleh deretan pepohonan dan binatang imut lainnya, seperti kelinci, angsa, merak, hingga kolam ikan.

4. Dusun Bambu Family Leisure Park

(c) Instagram/dusun_bambu(c) Instagram/dusun_bambu

Bosan dengan crowded-nya suasana perkotaan dan ingin mencari getaway di antara sejuknya Kota Bandung? Mampir saja ke Dusun Bambu Family Leisure Park. Tempat wisata populer di Bandung yang satu ini berdiri di lahan seluas 15 hektar yang menyajikan beragam aktivitas menarik, mulai dari mendayung perahu kano hingga naik balon udara yang super seru.

Kalau ingin pengalaman yang lebih maksimal, masuk saja ke dalam The Labyrinth dengan biaya sekitar Rp 50 ribu. Fasilitas terbaru di tempat wisata populer di Bandung ini bisa digunakan untuk main sepuasnya.

Sementara itu, pengalaman mencicipi makanan di sana juga lebih seru lagi karena ada 3 resto dengan konsep berbeda. Restoran Lutung Kasarung menghadirkan konsep makan di sangkar burung yang tergantung di pepohonan. Sementara itu, jika ingin menjajal makan siang di saung tepi danau, Restoran Purbasari adalah pilihan yang tepat. Terakhir, jika ingin ditemani pemandangan Gunung Burangrang, kamu bisa mencoba makan di Burangrang Café. Kurang seru apa coba?

5. Perkebunan Teh Dewata

Tempat wisata populer di Bandung ada juga yang menghadirkan nuansa alam. Seperti Perkebunan Teh Dewata yang konon sudah beroperasi sejak tahun 1932. Perkebunan yang terletak sekitar 30 km dari Ciwidey ini punya pemandangan kehijauan yang bisa jadi background foto ala selebgram yang menawan.

Lokasi tempat wisata populer di Bandung yang satu ini dikelilingi oleh cagar alam Gunung Tilu dan kawasan konservasi. Jika memilih waktu berkunjung di pagi hari, kamu akan bertemu dangan perempuan bercaping yang menjalankan tugasnya memetik daun teh terbaik. Serunya lagi, kamu juga bisa ikutan aktivitas ini dengan bantuan pemandu yang ada, lho.

Kegiatan paling seru yang bisa dilakukan di tempat wisata populer di Bandung tersebut adalah tea walk alias jalan kaki keliling kebun teh seluas 350 hektar. Lepaskan penat di akhir sesi tea walk di sebuah aliran sungai jernih yang sejuk sambil mencelupkan kaki untuk proses relaksasi. Dijamin menyenangkan!

6. Chinatown Bandung

Setiap kota memang punya kawasan Pecinan. Tapi yang satu ini dijamin beda dari yang lain. Tepat di Jalan Kelenteng, Bandung, kawasan Chinatown-nya disulap sedemikian rupa seperti yang biasa kamu temukan dalam film-film dari negeri Tiongkok. Kawasan ini dihiasi dengan bangunan bernuansa China, lengkap dengan ornamen dan toko-toko yang menjual makanan khas Negeri Tirai Bambu tersebut. Tapi, kamu juga bisa menemukan makanan khas Sunda seperti nasi lengko, bakso goreng, dan makanan pedas lain yang asyik jadi camilan.

Tiap sudut wisata populer di Bandung ini juga Instagenic banget, sehingga cocok untuk selfie atau foto-foto ala selebgram. Kalau mau gaya lebih maksimal, jangan lupa siapkan OOTD pakaian ala Tiongkok juga biar foto liburanmu mirip di luar negeri beneran.

7. Tafso Barn

Bicara soal tempat wisata populer di Bandung, jelas nggak bisa melewatkan kafe kekinian dalam daftarnya. Buat yang mencari tempat santai dan chill di tengah liburan di Kota Kembang tersebut, coba deh mengunjungi Tafso Barn yang berada di kawasan Lembang. Kafe ini terbilang unik karena di dalamnya kamu bisa menemukan banyak pernak-pernik unik. Tenda mini-nya bisa menjadi spot foto Instagenic. Sementara itu, ada juga lapangan golf mini dan ayunan vintage yang bisa menikmati suasana dengan makin asyik.

8. Gunung Batu

Mencari tempat wisata populer di Bandung bernuansa alam sudah pasti banyak banget rekomendasinya. Tapi, yang satu ini wajib banget disambangi karena menawarkan konsep alam yang nggak biasa. Yup, mampir saja ke Gunung Batu yang berada di kawasan Lembang, Bandung. Lokasi yang satu ini belakangan populer karena menjadi lokasi melihat sunset favorit anak hype kekinian. Banyak foto-foto keindahannya yang tersebar di media sosial, bikin kamu ingin ikutan selfie ala selebgram deh!

Disebut Gunung Batu karena tempat wisata populer di Bandung yang satu ini didominasi oleh batu-batu besar yang tersusun membentuk gunung, dari permukaan hingga ke puncaknya. Asyiknya lagi, Gunung Batu menjadi salah satu tempat tertinggi di Bandung. Jadi, kamu bisa menikmati lanskap Bandung yang cantik dari ketinggian, termasuk gunung lain seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul, dan Palasari. Siap berpetualang ke sana?

9. 107 Garage Room

(c) Instagram/107garageroom(c) Instagram/107garageroom

Nongkrong sambil menikmati kopi dengan suguhan atmosfer yang cozy pastinya bisa bikin waktu liburan lebih menyenangkan. Yup, suasana inilah yang bisa kamu nikmati di 107 Garage Room. Tempat wisata populer di Bandung yang tepatnya berada di kawasan Ciumbuleuit ini punya konsep yang unik. Nggak hanya sekadar kafe untuk hangout aja, spot ini sebenarnya adalah tempat kreatif dari berbagai outlet milik anak muda Bandung.

Selain bisa menikmati sajian burger lezat dari Brother Jonn & Sons, seruput juga kenikmatan kopi dari Two Hands Full Coffee. Nah, kamu juga bisa membeli berbagai produk fashion lokal yang di-display di sana. Selain bisa menikmati duduk santai di lokasi indoornya, ada juga taman berumput yang bisa dijadikan spot untuk menggelar tikar sambil berkelakar dengan orang tersayang. Ada juga food truck Instagenic yang cocok buat lokasi nongkrong sambil foto-foto ala selebgram. Seru banget, kan?

10. Centrum Million Balls

Menutup daftar tempat wisata populer di Bandung yang bisa kamu kunjungi ala liburan selebgram, Centrum Million Balls jadi salah satu rekomendasi yang nggak boleh dilewatkan. Spot yang satu ini disebut-sebut sebagai kolam mandi bola terbesar di Indonesia. Di sini, kamu bisa bermain bola dengan cantik karena tempat tersebut memiliki banyak sudut warna-warni yang dijamin Instagenic. Bikin foto liburan nggak kalah dengan selebgram deh!

Centrum Million Balls buka dari Senin sampai Jumat pukul 10 pagi sampai 8 malam. Harga tiket masuk saat weekday sekitar Rp 80 ribu. Sementara itu jika berkunjung saat weekend, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu.

Berbekal daftar 10 tempat wisata populer di Bandung yang sudah kami siapkan untukmu, menyusun rencana liburan ala selebgram bukan lagi hal yang susah. Yuk, segera persiapkan perjalananmu, KLovers!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI