10 Wisata Kuliner Legendaris Yang Bikin Nagih Di Semarang

Kamis, 08 Agustus 2019 11:11 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Wisata Kuliner Legendaris Yang Bikin Nagih Di Semarang
tripzilla.com/MakananSemarang, Diambil 7 Agustus 2019


Kapanlagi Plus - Hai Klovers udah pada makan belum nih? Siapa Klovers disini yang suka berwisata sambil kulineran, pasti banyak bukan. Jika Klovers berwisata tapi perut lapar juga pasti mengganggu perjalananmu apalagi jika Klovers sedang berwisata ke tempat yang jauh. Nah,  jika Klovers sekarang sedang berwisata ke Semarang jangan khawatir untuk mendapatkan makanan-makanan enak. Tahukah Klovers  ternyata di setiap daerah itu memiliki makanan-makanan legendaris unik yang dan menjadi andalan serta menunjukkan kekhasan daerah tersebut. Begitu juga dengan kota Semarang di tengah tren kuliner unik dan kekinian, Semarang juga memiliki makanan tradisional yang melegenda dan punya ruang di hati konsumennya lho, intinya pantang banget deh pulang sebelum mencicipi aneka kuliner legendaris yang cuma ada di sana.

Klovers pasti sudah pada penasaran makanan legendaris seperti  apa sih yang bikin pantang pulang sebelum dicobain. Daripada Klovers penasaran yuk bareng-bareng kepoin 10 wisata kuliner legendaris di Semarang yang dilansir dari idntimes.com di bawah ini. Siap-siap ngiler  ya Klovers.

 

1. A. Lumpia Gang Lombok

Nah Klovers pasti tidak asing dengan jajanan satu ini, lumpia dan Semarang rasanya sudah seperti perangko, melekat banget. Banyak orang mengidolakan lumpia Semarang yang dibilang punya citarasa unik dan beda dari lumpia kebanyakan. Meski ada banyak penjual lumpia di sana, tapi salah satu  yang paling terkenal adalah kios lumpia di Gang Lombok. Tempatnya dekat dengan kelenteng tertua di Semarang, Kelenteng Tay Kak Sie. Nah, Klovers bisa lho memesan varian lumpia disana. Terdapat lumpia basah atau goreng, selain makan di tempat, kamu bisa bawa pulang untuk oleh-oleh. Nah, harga satu lumpia, baik yang goreng maupun basah, Rp15.000. Mantap banget kan Klovers. Alamat lengkapnya ada di jalan Gang Lombok Nomor 11, Semarang, Jawa Tengah.

2. B. Soto Bangkong

Katanya Soto Bangkong ini sudah ada sejak tahun 1950, lho. Mulai dijual dengan cara dipikul dari kampung ke kampung sampai sudah punya kios besar seperti sekarang. Lokasinya berada di Jalan Brigjen Katamso yang dulunya bernama Jalan Bangkong. Kuahnya yang kental, kaya rempah-rempah, dan memakai ayam kampung sebagai pelengkap membuatnya beda dengan soto lainnya. Selain soto, kamu bisa juga pesan makanan lainnya yang gak kalah sedap, seperti garang asem atau ayam goreng kampung. Semangkuk soto bangkong hanya dibrandol seharga Rp,15.000,- aja lho Klovers. Alamat lengkapnya di jalan Brigjen Katamso dan Jalan Setia Budi Nomor 229, Semarang. Buruan cicipi ya Klovers.

3. C. Pasar Kampoeng Semawis

Pasar malam Kampoeng Semawis ini jadi surganya para pecinta kuliner, karena sekali datang, kamu bisa menemukan puluhan pedagang makanan berbagai jenis. Mulai dari siomay, lumpia, martabak manis, bakmi Jawa, sampai makanan kekinian seperti churros pun ada. Pasar malam yang berada di kawasan Pecinan ini hanya buka pada Jumat-Minggu mulai pukul 18.00. Jadi wajib disempatkan datang! Alamatnya ada di jalan Gang Warung Nomor 50, Semarang. Satu tempat bisa cicipi banyak jajanan luar biasa kan Klovers.

4. D. Nasi Gandul Pak Memed

Nasi gandul ini sekilas mirip soto Betawi dan soto tangkar khas Jakarta, tapi ada ciri khusus yang membedakan keduanya. Nasi gandul biasanya disajikan di atas piring beralas daun pisang dan disantap menggunakan suru alias sendok dari daun pisang yang dilipat. Citarasanya khas banget, banyak yang bilang seperti perpaduan rasa antara soto, rawon, dan gulai. Dalam seporsi nasi gandul, terdapat nasi putih yang disiram kuah kecokelatan, ditambah potongan lauk seperti daging sapi dan jeroan. Salah satu warung legendaris yang menjual makanan ini di Semarang adalah Nasi Gandul Pak Memed. Harga nasi gandul Pak Memed cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp19.000. Langsung aja nih Klovers datang aja ke alamatnya di jalan Dr. Cipto 12A, Semarang.

 

5. E. Babat Gongso Pak Karmin

Babat Gongso Pak Karmin ini bisa dibilang salah satu warung babat gongso yang legendaris, karena sudah berjualan sejak tahun 1971. Selain babat gongso, kamu bisa juga menikmati jeroan dan menu lainnya, seperti nasi goreng babat.  Nah, Klovers harga sepiring babat gongso Pak Karmin hanya dibarandol sekitar Rp. 19.000,- saja lho. Untuk alamat lengkapnya ada di jalan Pemuda, Semarang, dekat Jembatan Berok. (Cabang: Telaga Mas dan Jalan Gadjah Mada).

6. F. Tahu Gimbal Pak Endy

Gimbal di sini istilah untuk bakwan kalau di Jakarta, alias semacam gorengan. Seporsi tahu gimbal biasanya terdiri dari lontong, bakwan udang, irisan kol, taoge, lalu disiram bumbu kacang petis udang. Biasanya tahu gimbal disajikan dengan kerupuk udang. Kebayang, kan manis dan gurihnya campur  jadi satu di lidah? Salah satu tempat makan yang jadi rekomendasi adalah Tahu Gimbal Pak Edy.  Harga satu porsi untuk tahu gimbal Pak Edy Rp.13.000 saja Klovers. Alamat lengkapnya ada di jalan Pandanaran II, Shelter Taman KB, Semarang.

7. G. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar wajib masuk salah satu daftar kuliner yang harus dicicipi saat ke Semarang. Gulai ini sudah ada sejak tahun 1969 dan masih laris sampai sekarang. Meski bumbu gulainya gak terlalu kental, tapi rempahnya meresap sampai ke daging dan gurih rasanya, apalagi dengan tambahan perasan jeruk nipis dan irisan bawang merah mentah. Harga semangkuk gulai kambing hanya dibrandol Rp.25.000. Beuh, endes! Alamat lengkapnya ada di Jalan Tanjung Mas, Semarang Utara.

8. H. Leker Paimo

Kamu pasti gak asing sama jajanan satu ini, karena lekker ada di hampir setiap daerah di Indonesia. Tapi, Lekker Paimo di Semarang jadi salah satu primadona, karena rasa adonannya yang khas. Topping-nya pun beragam, mulai dari yang manis-manis seperti cokelat sampai yang asin seperti keju, telur, dan sosis. Meskipun topping-nya banyak dan kekinian, tapi harganya masih terjangkau banget, harga berkisar dari Rp 2000 hingga Rp 25.000. Alamat lengkapnya ada di jalan Karang Anyar Nomor 37, Semarang.

9. I. Es Puter Cong Lik

Pada tahu gak, kalau nama Cong Lik ini ternyata berarti "Kacong Cilik" alias pembantu kecil? Dulu, si pemilik kedai es puter pernah menjadi pelayan orang Jepang. Gak disangka sekarang Pak Sukimin sukses berbisnis sendiri dengan membuka kedai es puter dan jadi salah satu kuliner legendaris di Semarang. Salah satu alasan kenapa es puter di sini begitu digemari karena varian rasanya banyak banget. Seperti alpukat, kacang, durian, leci, sirsak, kelengkeng, dan blewah. Seporsi es puter ini dibrandol dari harga Rp. 15.000-20.000,- aja Klovers. Alamat lengkapnya ada di Waroeng Semawis dan Simpang Lima Semarang (samping hotel Citraland).

10. J. Wedang Tahu

Tutup wisata kulinermu pada malam hari dengan menyantap wedang tahu hangat. Kalau di Surabaya, jajanan ini biasanya disebut "tahuwa" atau "tahwa". Minuman yang terbuat dari kembang tahu dengan kuah jahe manis. Ada banyak penjual wedang tahu di Semarang, tapi salah satu tempat yang direkomendasikan berada di Depan Swiss House Ngaliyan. Alamat lengkapnya ada di Depan Swiss House Ngaliyan Semarang. Harga wesdang tahu kebanyakan hanya dibrandol Rp.6000,- saja Klovers murah banget kan.

Nah, itu tadi daftar tempat wisata kuliner yang legendaris yang bisa kamu datangi saat kamu berwisata ke Semarang Klovers. Udah bikin ngiler kan. Semoga daftar makanan tadi bermanfaat ya Klovers dan selamat mencobanya!

Penulis: Margareta Novika Sandy Putri

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI