140 Kata-Kata Terindah Menyentuh Hati dan Penuh Makna, Jadi Nasihat yang Puitis

Kamis, 19 Agustus 2021 12:21 Penulis: Dhia Amira
140 Kata-Kata Terindah Menyentuh Hati dan Penuh Makna, Jadi Nasihat yang Puitis
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Indah merupakan ungkapan yang menjelaskan kesukaan manusia pada sesuatu hal. Indah juga menggambarkan apa yang dilihat manusia dan sangat enak untuk dipandang dan membuat hati bahagia. Tidak heran bila ada banyak sekali kata-kata terindah yang menjadi sebuah ungkapan hati yang menyentuh.

Ada banyak sekali hal indah yang dapat mengungkapkan isi hati dan juga apa yang kita lihat. Seperti keindahan dunia, keindahan dalam menjalani hidup, keindahan cinta, dan masih banyak lagi. Kita bisa mengungkapkan hal-hal tersebut dengan menggunakan kata-kata terindah yang penuh akan makna.

Bagi para KLovers yang sedang mencari sebuah kata-kata puitis, maka kata-kata terindah berikut ini bisa mewakili perasaan kalian. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 140 kata-kata terindah yang menyentuh hati dan penuh akan makna. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Kata-Kata Terindah Tentang Kehidupan

Bagi kalian yang selalu merasa bersyukur dengan hal-hal yang ada di dunia ini, maka kata-kata berikut ini bisa menjadi salah satu favorit kalian. Berikut beberapa kata-kata terindah tentang kehidupan tersebut:

1. "Tidak ada cobaan yang terlalu berat karena Tuhan hanya memberikan cobaan pada mereka yang kuat."

2. "Hidup adalah siklus padang surut, berkembang dan bertumbuh hingga akhirnya tiada. Maka isilah hidup sebaik yang kau bisa, sebermanfaat yang kau mampu, sebelum kehidupan itu pergi dan terlepas."

3. "Jangan pernah berputus asa jika menghadapi kesulitan, karena setiap tetes air hujan yang jernih berasal daripada awan yang gelap."

4. "Tidak ada pemandangan yang lebih mengenaskan daripada seorang pesimis muda." - Mark Twain

5. "Keindahan hidup tidak ditentukan oleh seberapa bahagianya dirimu tetapi oleh seberapa bahagianya orang lain karena kehidupanmu."

6. "Kita hidup dengan apa yang kita peroleh, tetapi kita memperoleh kehidupan dengan apa yang kita beri." - Winston Churchill

7. "Orang yang bersyukur adalah orang yang tahu cara menikmati hidup."

8. "Belum pernah ada seorang pun dalam sejarah kita yang menuntut kehidupan serba mudah yang namanya layak dikenang." - Theodore Roosevelt

9. "Hanya ada satu hal yang membuat mimpi tak mungkin diraih: perasaan takut gagal." - Paulo Coelho

10. "Hal-hal sederhana dalam hidup memang yang paling luar biasa, hanya orang-orang yang bijak yang dapat memahaminya." - Paulo Coelho

11. "Kehidupan ini seimbang, Tuan. Barangsiapa hanya memandang pada keceriaannya saja, dia orang gila. Barang siapa memandang pada penderitaannya saja, dia sakit." - Pramudya Ananta Toer

12. "Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi." - Andrea Hirata

13. "Bagaimanapun keadaan kita, mau sedih, bahagia, waktu tidak pernah berhenti menunggu. Waktu tetap berjalan." - Tere Liye

14. "Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam. Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang." - Ahmad Fuadi

15. "Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa. Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran." - Ahmad Fuadi

16. "Aku berusaha menciptakan melodi indah di tengah kehidupan yang sesungguhnya sangat memprihatinkan." - Merry Riana

17. "Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam." - Raden Ajeng Kartini

18. "Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya." - Soekarno

19. "Ketika kau melakukan usaha mendekati cita-citamu, di waktu yang bersamaan cita-citamu juga sedang mendekatimu. Alam semesta bekerja seperti itu." - Fiersa Besari

20. "Pelangi yang muncul setelah hujan adalah janji alam bahwa masa buruk telah berlalu dan masa depan akan baik-baik saja." - Windry Ramadhina

 

 

2. Kata-Kata Terindah yang Romantis

Kemudian ada pula kata-kata terindah yang romantis. Yup! Cinta memang menjadi hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Banyak kebahagiaan yang bisa dirasakan oleh mereka yang sedang jatuh cinta. Dan berikut beberapa kata-kata terindah yang romantis dan bisa mewakili perasaan kalian:

21. "Aku akan kembali. Aku akan mencarimu. Mencintaimu. Menikahimu. Dan hidup tanpa rasa malu." - Robbie Turner

22. "Denganmu, hatiku telah menemukan ritmenya."

23. "Kenapa tisu bermanfaat, karena cinta tak pernah kemarau." - Sujiwo Tejo

24. "Aku melihatmu dan melihat sisa hidupku di depan mataku."

25. "Suatu kehidupan tidak akan menjadi baik bila tanpa cinta. Namun bisa menjadi buruk bila menggunakan cinta palsu."

26. "Tahukah kamu bahwa aku pernah menjatuhkan setetes air mata di Selat Sunda? Tetapi setelah aku berhenti menjatuhkan air mata tersebut saat itulah aku menemukanmu di hidupku."

27. "Jangan berjalan di depanku, dan jangan juga kau berjalan di belakangku. Tetapi berjalanlah di sampingku."

28. "Tatapan ini memang terlihat sangat sederhana, tetapi justru dari tatapan itulah aku merasa sangat bahagia."

29. "Aku akan selalu mendapatkan hidup ini untuk kebahagiaanmu dan untuk muara cinta kita. Dan ingin kusampaikan bahwa aku sangatlah bahagia bisa memilikimu."

30. "Kamu mungkin memegang tanganku untuk sementara waktu, tetapi kamu memegang hatiku selamanya."

31. "Tak ada yang bisa menyakitimu tanpa izin dariku." - Mahatma Gandhi

32. "Memejamkan mata adalah caraku yang paling mudah untuk merasakan kehadiranmu di sisiku."

33. "Kita harus berarti untuk diri kita sendiri dulu sebelum kita menjadi orang yang berharga bagi orang lain." - Ralph Waldo Emerson

34. "Hal yang aku suka dari kamu adalah kekuranganmu, hal itu mengajariku untuk menerima segala keadaanmu."

35. "Kamu telah mengganti mimpi burukku dengan mimpi indah, kekhawatiranku dengan kebahagiaan, dan ketakutanku dengan cinta."

36. "Terima kasih karena telah menguatkanku di saat semua orang ingin menghentikan langkahku, istriku tersayang."

37. "Cinta sejati itu memandang kelemahan, lalu dijadikan kelebihan untuk saling mencintai." - BJ Habibie

38. "Bersandarlah di pundakku sayang, sampai kamu menemukan titik kenyamananmu. Karena memang sudah tugaskulah membuatmu selalu merasa nyaman."

39. "Jika kamu mencintai seseorang, bebaskanlah mereka. Jika mereka kembali maka ia milikmu. Jika tidak, tinggalkanlah."

40. "Rasanya aku ingin menjelma seperti badut hanya untuk membuatmu tertawa dan bahagia, tanpa harus ada tangis di balik kepura-puraan."

 

 

3. Kata-Kata Terindah yang Penuh Makna

Selanjutnya yaitu, ada kata-kata terindah yang penuh akan makna. Bagi para KLovers yang sedang mencari sebuah kata-kata puitis, maka kata-kata berikut ini akan cocok. Berikut beberapa kata-kata terindah yang penuh akan makna:

41. "Saya menangis karena saya tidak punya sepatu, lalu saya bertemu dengan seorang pria yang tidak punya kaki."

42. "Jangan pernah berhenti menunjukkan kepada seseorang betapa mereka sangat berarti bagimu."

43. "Lebih baik menangis di tengah hujan sehingga tidak ada yang bisa mengerti bahwa kamu bahagia atau kesakitan."

44. "Beberapa orang berpura-pura kuat, tapi mereka hancur di dalam."

45. "Diam adalah jawaban terbaik dari semua pertanyaan bodoh, dan senyum adalah reaksi terbaik dalam semua situasi kritis."

46. "Jelajahi hal-hal baru dan belajar darinya karena hidup ini terlalu singkat."

47. "Saya berharap saya bisa kembali ke hari-hari buruk dan mempelajari pelajaran yang saya lewatkan."

48. "Hidup hanya datang sekali, jadi lakukan apa yang membuatmu bahagia, dan berada di sekitar orang yang membuatmu tersenyum."

49. "Hidup ditentukan oleh keputusanmu, jika kamu menginginkan hasil berbeda buatlah keputusan yang berbeda."

50. "Kadang-kadang hidup seperti permainan, entah menang atau kalah tetapi kamu harus mengerahkan semua upaya terbaik."

51. "Kamu tidak memiliki kekuatan untuk kembali dan mengubah masa lalu, tetapi kamu memiliki kekuatan untuk memulai dari tempatmu sekarang dan mengubah masa depan."

52. "Hidup adalah perjalanan panjang dimana kamu akan menemukan ribuan keajaiban, perhatikan mereka."

53. "Satu bab buruk dalam hidup itu tidak berarti adalah akhir, tetapi itu adalah awal dari babak baru dalam hidupmu."

54. "Kamu harus menangkap momen spesial dalam hidup yang akan memberikan kebahagiaan seumur hidup."

55. "Sulit untuk memulai babak baru dalam hidup ketika kamu tahu seseorang tidak akan ada di sana, tetapi ceritanya harus terus berjalan."

56. "Kamu tidak bisa kembali dan mengubah hal-hal yang ada, tetapi kamu bisa belajar dari itu dan mengambil tindakan sekarang."

57. "Kamu harus mengambil risiko, kamu harus menerima perubahan, maka hanya kamu yang akan memahami keajaiban hidup sepenuhnya."

58. "Apapun yang terjadi selama setahun terakhir ini. Bersyukurlah karena itu membuatmu lebih kuat menghadapi masa depan."

59. "Jangan pernah melupakan masa lalu karena akan selalu menjadi bagian dari hidup, tapi saya bisa belajar darinya dan mempersiapkan masa depan."

60. "Kemenangan kecil itulah yang memberimu keberanian dan kepercayaan diri untuk mencapai hal-hal yang lebih besar dalam hidup."

 

 

4. Kata-Kata Terindah dari Para Tokoh

Kemudian yang keempat yaitu ada kata-kata terindah dari para tokoh yang sangat menyentuh dan bijak. Bagi kalian yang sedang mencari sebuah kata-kata bijak, maka kata-kata terindah berikut ini bisa menjadi sebuah solusinya. Berikut beberapa kata-kata terindah dari para tokoh tersebut:

61. "Alam tidak memiliki sesuatu yang tanpa manfaat." - Aristoteles

62. "Apa yang saya saksikan di alam adalah sebuah tatanan agung yang tidak dapat kita pahami dengan sangat tidak menyeluruh, dan hal itu sudah semestinya menjadikan seseorang yang senantiasa berpikir dilingkupi oleh perasaan rendah hati." - Albert Einstein

63. "Tuhan memberikan karunia berupa kehidupan. Selanjutnya berikan diri kita hadiah berupa hidup dengan baik." - Voltaire

64. "Saya percaya bahwa setiap kejadian dalam hidup terjadi dalam kesempatan untuk cinta, bukanlah ketakutan." - Oprah Winfrey

65. "Kehidupan adalah bunga dan cinta adalah madunya." - Victor Hugo

66. "Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu." - Benjamin Franklin

67. "Kekayaan bukan milik siapa yang mempunyai, tetapi milik siapa yang menikmati." - Benjamin Franklin

68. "Adalah jati yang merasakan Tuhan dan bukan alasan. Itulah keyakinan: Tuhan dirasakan dengan hati dan bukan dengan alasan." - Blaise Pascal

69. "Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu lain terbuka; tetapi sering kita melihat terlalu lama pada pintu yang tertutup yang membuat kita tidak melihat pintu lainnya yang sudah terbuka untuk kita." - Hellen Keller

70. "Sendirian kita dapat berbuat sedikit, bersama-sama kita dapat berbuat begitu banyak." - Hellen Keller

71. "Di alam ini kita tak melihat satu pun yang terisolasi; tetapi segalanya berhubungan dengan sesuatu yang lain yang sebelum itu, di samping itu, di bawah, dan di atasnya." - Johann Volfgang von Goethe

72. "Setiap detik adalah nilai yang tak terhingga" - Johann Volfgang von Goethe

73. "Seorang optimis memandang pada bunga mawar saja, bukan pada durinya, seorang pesimis merenungi duri, acuh tak acuh pada bunganya." - Kahlil Gibran

74. "Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah." - Kahlil Gibran

75. "Pelajarilah masa lalu,jika ingin meramalkan masa yang akan datang." - Konfusius

76. "Hidup itu benar-benar sederhana, tetapi kita bersikeras membuatnya rumit." - Konfusius

77. "Alam tidak terburu-buru, tetapi segala sesuatunya kesampaian." - Lao Tzu

78. "Jangan menyia-nyiakan hidup anda dengan menunggu datangnya sayap. Tapi yakinlah bahwa anda mampu untuk terbang sendiri, sekalipun tanpa sayap." - Audrey Gene

79. "Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita selalu menyesali apa yang belum kita capai." - Arthur Schopenhauer

80. "Hidup adalah seni gambar tanpa satupun penghapus." - John W. Gardner

 

 

5. Kata-Kata Terindah yang Singkat

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata terindah yang singkat. Kata-kata indah tidak selalu harus dengan kalimat yang panjang ya KLovers, menggunakan kata-kata singkat juga sudah bisa menyentuh hati kalian loh. Berikut ini kata-kata terindah yang singkat tersebut:

81. "Hidup itu seperti resep dengan semua bahan yang sempurna."

82. "Kamu tidak bisa mekar begitu cepat, kamu harus tumbuh dulu."

83. "Jika kamu menunggu sesuatu terjadi, kamu sudah terlambat."

84. "Senyuman terbaik datang setelah saat-saat tersulit."

85. "Pemandangan terbaik datang setelah pendakian tersulit."

86. "Jangan sampai mengucap kata menyerah jika masih ingin hidupmu terus berlanjut."

87. "Menunggu dan menanti itu berbeda, namun tidak ada yang menyenangkan."

88. "Lupakan apa yang tertinggal, pikirkan ke depan, dan nikmati saat ini."

89. "Hidup adalah kumpulan momen yang kamu simpan di hatimu."

90. "Terkadang hal-hal kecil membuat hidup layak dijalani."

91. "Sehati bukan karena memberi, tapi sehati karena saling memahami."

92. "Jika kamu ingin tumbuh, serahkan semua yang membuatmu jatuh."

93. "Jadilah seperti ombak, kuat dan tak terbendung."

94. "Hal-hal baik membutuhkan waktu, jadi bersikaplah positif dan sabar."

95. "Kamu pencipta hidupmu sendiri dan bisa tidak mengubah apa pun untuk orang lain."

96. "Ubah dirimu untuk kebaikan, bukan untuk orang lain."

97. "Jadilah cantik dari dalam yang akan mencerminkan dari luar kepada orang lain."

98. "Jangan anggap hatimu sepi, anggap saja sebagai istirahat."

99. "Jika kamu menunggu cinta berikutnya, bercerminlah."

100. "Berhenti bermimpi, mulailah bekerja dan kejar impianmu."

 

6. Kata-Kata Terindah Puitis

Kata-kata terindah seringkali kita jumpai dalam baris dan bait puisi. Hal ini lantaran, setiap kata dalam puisi dipilih dengan seksama agar bisa menggambarkan perasaan terdalam. Berikut kata-kata terindah yang puitis dan bisa wakili perasaan terdalam.

101. "Hujan turun bersama tetes rindu dan sendu bersama kenangan yang tak mungkin terulang."

102. "Bukan perpisahan yang kutakutkan. Melainkan kenangan yang kita lalui bersama."

103. "Suatu hari kamu akan rindu chattinganku yang membosankan, panggilan teleponku yang keseringan, pertanyaanku yang menjengkelkan. Kamu juga akan rindu posesifku, argumenku, dan insekuritasku. Tapi lebih dari itu, kamu akan lebih rindu perhatianku."

104. "Termenung sendiri di bawah sinar terik matahari, mengingatkan waktu itu bersamanya."

105. "Aku suka senja karena senja mengajarkanku bahwa merindu juga perlu jeda."

106. "Siapa bilang menunggu itu indah, siapa bilang menanti itu mudah."

107. "Jika rindu itu lagu, maka nada-nada yang timbul adalah rasa yang pernah ada."

108. "Karena ke mana pun kamu pergi, namamu dan semua tentangmu akan abadi dalam sajakku." - Prilly Latuconsina

109. "Kenangan tentangmu seperti rumah bagiku. Jadi, setiap kali pikiranku mengembara, ia selalu menemukan jalan untuk kembali padamu."

110. "Sudah banyak kata yang terucap, namun kata rindu masih enggan tuk diucapkan."

111. "Melafalkan namamu berulang-ulang dalam doa adalah cara yang kusebut sebagai rindu."

112. "Rindu tidak hanya muncul karena jarak yang terpisah. Tapi juga karena keinginan yang tidak terwujud."

113. "Aku tahu dalam setiap tatapanku, kita terhalang oleh jarak dan waktu, tapi aku yakin kalau nanti kita pasti bisa bersatu."

114. "Tak ada satu pun hari atau waktu yang kulewatkan tanpa merindukanmu."

115. "Ada kalanya jarak selalu menjadi penghalang antara aku dan kamu, namun di hatiku aku selalu merasa bahwa kita dekat."

116. "Bila hati ini tak lagi sanggup membendung semua kerinduan, tak ada hal lain yang bisa kulakukan selain mendoakanmu."

117. "Jika di saat ini aku hanya bisa menahan kerinduan, ada kalanya aku bisa bertemu dan melepaskan rasa rinduku ini bersamamu."

118. "Dalam dinginnya malam, tak bisa kuhitung lagi seberapa sering aku memikirkan dan merindukanmu."

119. "Ketika aku menutup mataku, yang kulihat adalah dirimu. Ketika aku membuka mataku, yang kurasakan adalah aku merindukanmu."

120. "Rindu ini curang, selalu bertambah tanpa tahu bagaimana caranya agar berkurang."

7. Kata-Kata Terindah Menyentuh Hati

Tak saja indah dan mewakili perasaan, kata-kata terindah yang ditulis dengan tulus juga mampu menyentuh hati. Tak heran, setiap orang yang membaca kata-kata ini akan tersentuh hatinya, dan turut merasakan apa yang tersirat di dalam kata-kata tersebut. Berikut kata-kata terindah yang mampu menyentuh hati.

121. "Aku adalah sinar silau panasmu dan bayang-bayang hangat mentarimu, bumi pasrah langitmu". - Gus Mus, Sajak Cinta

122. "Wahai, rembulan yang pudar. Jenguklah kekasihku! Ia tidur sendirian, hanya berteman hatinya yang rindu". - W.S. Rendra, Permintaan

123. "Aku ingin mencintaimu dengan sederhana. Dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu". - Sapardi Djoko Damono, Aku Ingin

124. "Kenapa tisu bermanfaat, karena cinta tak pernah kemarau". - Sujiwo Tejo

125. "Malam Minggu. Hatiku ketar-ketir. Ku tak tahu apakah demokrasi dapat mengantarku ke pelukanmu dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya". - Joko Pinurbo, Malam Rindu

126. "Tapi, inilah yang berbahaya dari cinta, kita tak pernah bisa merencanakan dan memilih kepada siapa akan jatuh cinta". - Djenar Maesa Ayu

127. "Dan bibirnya adalah sepotong puisi yang belum selesai. Aku yakin, hanya bibirku yang bisa menyelesaikannya menjadi sebuah puisi yang lengkap". - Leila S.Chudori

128. "Aku kopi pahit, yang belajar menatap dunia dengan senyumanmu". - Agus Noor, Pagi di Secangkir Kopi

129. "Ketika ada yang bertanya tentang cinta, apakah sungguh yang dibutuhkan adalah kemewahan kata-kata atau cukup ketidaksempurnaan kita?" - Aan Mansyur

130. "Aku ingin tidur di kolong ranjang saja. Memintal benang-benang sepi menjadi peta menuju kotamu yang kerap kukunjungi dalam mimpi". - Galih Pandu Adi

131. "Dari semua tempat jauh yang kujangkau, tujuan akhirku tetap menuju engkau". - Wira Negara

132. "Cintanya adalah paket air mata, keringat, dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang". - Dewi Lestari

133. Pada awalnya, cinta itu bisa melihat. Tapi, menjadi buta karena masuk ke dalam hati yang paling dalam". - Pidi Baiq

134. "Aku ingin memelukmu sekali lagi, membalas kecemburuanku pada angin yang bisa sewaktu-waktu memelukmu". - Fiersa Besari

135. "Kelemahan terbesar kita adalah selalu ingin terlihat kuat di depan orang-orang yang kita sayangi". - Adimas Immanuel

136. "Bahwa yang selain bunga pun harus mekar tanpa menunggu musim panas yang segar". - D. Zawawi Imron, Refrein Den Haag Sore

137. "Apakah yang telah memautkan kita selain kata. Seperti darah ketika luka mengungkapnya". - Iswadi Pratama

138. "Hujan kali ini bagai kata-kata cinta, yang mesra diucapkan Tuhan, dan kita khusuk menunduk mendengarnya". - Arifin C. Noer

139. "Asal mula adalah kata. Jagat tersusun dari kata. Di balik itu hanya ruang kosong dan angin pagi". - Subagio Sastriwardoyo

140. "Cinta itu saling menyukai, bukan saling melukai". - Sujiwo Tejo

Itulah 140 kata-kata terindah yang bisa menyentuh hati kalian dan penuh akan makna. Tidak hanya menjadi sebuah kata-kata biasa saja, namun kata-kata terindah ini juga bisa menjadi sebuah rasa syukur dan nasihat yang luar biasa.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI