187 Kata-Kata Bijak Bermakna Mendalam Tentang Kehidupan dan Cinta, Cocok Jadi Motivasi Diri

Selasa, 31 Agustus 2021 11:55 Penulis: Anik Setiyaningrum
187 Kata-Kata Bijak Bermakna Mendalam Tentang Kehidupan dan Cinta, Cocok Jadi Motivasi Diri
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Setiap waktu yang bergulir membawa banyak kisah di sekitar kalian. Entah itu kisah indah atau buruk, tetap ada peristiwa yang perlu kalian maknai. Agar kalian mendapat pelajaran dari setiap kisah, cobalah untuk merenung dengan membaca kata-kata bijak bermakna.

Terkadang kalian bisa langsung menangkap pesan di setiap peristiwa, tapi ada juga kisah yang terlampau rumit dan susah kalian pahami. Misalnya, ketika masalah datang silih berganti dan kalian sudah capek menghadapi, wajar jika kemalasan menguasai diri kalian. Pada saat seperti itu, kalian bisa istirahat sejenak untuk membaca kata-kata bijak bermakna sambil merenungkan masalah yang sedang kalian hadapi.

Jika hanya dipikirkan, kebiasaan itu akan sulit dicapai. Oleh karena itu, kalian perlu membiasakan diri membaca kata-kata bijak bermakna berikut ini. Selain bisa mendapat pelajaran hidup, kalian juga bisa menemukan motivasi untuk lebih baik lagi.

1. Kata-Kata Bijak Bermakna

Segala sesuatu pasti punya makna, tergantung sudut pandang kalian dalam melihat. Agar kejadian di sekitar kalian tak hanya lewat dengan sia-sia, pelajari cara memahami suatu peristiwa lewat kata-kata bijak bermakna berikut ini.

1. "Seluruh alam semesta takkan mencukupi hasrat orang serakah. Namun, jika kamu bersyukur, kamu akan merasa sangat cukup dengan apa yang kamu miliki saat ini."

2. "Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, yang dibutuhkan hanyalah semangat, percaya diri dan pantang menyerah pada apa yang dicita-citakan."

3. "Kehidupan yang besar dimulai dari mimpi yang besar."

4. "Hidup itu menyedihkan, jika kamu fokus pada kesedihan. Dan hidup sangat menggairahkan jika kamu fokus pada aliran semangat kehidupan."

5. "Hanya kepada ketulusan, kita akan mampu belajar makna dari sebuah keikhlasan dalam kehidupan."

6. "Kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah keyakinan bahwa kita dicintai; dicintai untuk diri kita sendiri, atau lebih tepatnya, dicintai terlepas dari diri kita sendiri."

7. "Hidup adalah perjuangan yang harus kita menangkan, tantangan yang harus dihadapi, anugerah Tuhan yang harus kita syukuri."

8. "Bukan kemewahan yang akan membuatmu bahagia. Tapi kesederhanaan yang akan membuatmu tampak istimewa."

9. "Jangan terlalu tergantung dengan orang lain, suatu saat kau akan menyadari bahwa kita semua hanya bisa tergantung kepada Tuhan dan diri sendiri."

10. "Jika kau tidak ingin dirugikan, disakiti, disepelekan ataupun direndahkan, maka jangan pernah kau lakukan itu pada siapapun."

11. "Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkannya." - Wayne Huizenga

12. "Hari ini adalah hari pertama dalam hidupmu. Buatlah hari ini menjadi hari yang terbaik sepanjang hidupmu dan semoga hari esok matahari bersinar dengan terang."

13. "Mengetahui saja tidak cukup; kita harus menerapkan. Keinginan saja tidak cukup; kita harus melakukan." - Johann Wolfgang von Goethe

14. "Tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau perlu belajar lagi sampai berhasil."

15. "Sebelum apapun, persiapan adalah kunci menuju kesuksesan." - Alexander Graham Bell

16. "Dalam takut yang tampak adalah hambatan, dalam yakin yang tampak adalah kesempatan."

17. "Kebanyakan orang tidak membutuhkan lebih banyak motivasi. Mereka hanya membutuhkan rencana besar dan sedikit akuntabilitas." - Jack Butcher

18. "Ubah pikiranmu, dan duniamu akan berubah." - Norman Vincent Peale

2. Kata-Kata Bijak Bermakna Mendalam

Setiap orang tentu pernah merasakan jenuh saat menjalani rutinitas yang monoton. Perasaan jenuh itu tak bisa kalian turuti sepenuhnya, tapi juga tak bisa kalian tolak. Kalian hanya perlu mengendalikan emosi dan menguasai diri, salah satunya dengan cara membaca kata-kata bijak bermakna mendalam berikut ini.

19. "Ingat keraguan akan mengakibatkan kekalahan, namun keyakinan akan menghasilkan kemenangan."

20. "Jangan lelah mencoba. Tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi memilih untuk tidak mencoba adalah jaminan kegagalan."

21. "Mengeluh itu sisi lain dari pemborosan, pemborosan waktu dan energi."

22. "Perjalanan ribuan mil dimulai dengan langkah pertama." - Lao Tzu.

23. "Tangkap peluang, kerjakan, selesaikan."

24. "Walau kamu tidak akan pernah merasa siap, mulai saja." - Mel Robbins

25. "Rahasia untuk menjadi terdepan adalah dengan memulainya." - Mark Twain

26. "Jangan katakan tidak mungkin tapi katakan bagaimana caranya."

27. "Ada dua aturan untuk menjadi sukses. Pertama, cari tahu hal yang ingin Anda lakukan. Kedua, lakukan hal tersebut." - Mario Cuomo

28. "Optimisme adalah kepercayaan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan." - Helen Keller

29. "Makin banyak kamu berbicara tentang diri sendiri, makin banyak pula kemungkinan untukmu berbohong."

30. "1000 perkataan dan pengetahuan tidak berarti tanpa adanya satu tindakan yang nyata."

31. "Percayalah terhadap kemampuanmu untuk meraih apa yang kamu inginkan dalam hidup."

32. "Berusaha melakukan kebaikan memang penting, tapi berusaha menghindarkan diri dari kejahatan adalah hal yang lebih penting."

33. "Setiap orang memerlukan dorongan dan pujian untuk tumbuh. Jangan cepat mencela. Ingat, kamu dapat mengkritik tanpa harus mencela."

34. "Jika kamu selalu berbuat baik, hidup akan selalu indah meski seberapa pun beratnya masalah."

35. "Napasmu kini adalah hembusan terakhir orang lain. Jadi, berhentilah mengeluh. Belajarlah untuk menjalani hidupmu dengan apa yang kamu miliki."

36. "Secapek-capeknya kerja, lebih capek nganggur." -Ernest Prakasa

37. "Satu-satunya batasan untuk meraih mimpi kita adalah keragu-raguan kita akan hari ini. Marilah kita maju dengan keyakinan yang aktif dan kuat." - Franklin Roosevelt

38. "Hidup seperti sebuah piano, berwarna putih dan hitam. Jika Tuhan memainkannya, maka akan menjadi melodi indah."

3. Kata-Kata Bijak Bermakna Tentang Cinta

Memahami kisah cinta bukan sesuatu yang mudah bagi setiap orang. Kalian perlu mempelajari beberapa rumus dalam sebuah hubungan. Meski rumus cinta itu hal yang tak pasti, tapi kalian bisa mendapat suatu pelajaran dari kata-kata bijak bermakna tentang cinta berikut ini.

39. "Jika seseorang benar-benar mencintai kamu, mereka tidak akan membuat kamu merasa seperti kamu harus terus-menerus berjuang untuk perhatian mereka."

40. "Sederhana dalam mencintai, ikhlas menerima kekurangan, dan setia dalam menjalin hubungan."

41. "Air mata merupakan satu-satunya cara bagaimana mata berbicara ketika bibir tidak mampu menjelaskan apa yang membuatmu terluka."

42. "Tak ada yang salah dengan cinta. Karena ia hanyalah sebuah kata dan kita sendirilah yang memaknainya."

43. "Cinta adalah ketulusan, bukan sebuah alasan. Cinta suci datang dari hati, bukan untuk disakiti."

44. "Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang keluar bersama ke arah yang sama." - B.J. Habibie

45. "Cinta akan membuat kita menjadi orang terkaya di dunia, oleh karena itu mulailah mencintai."

46. "Dari jatuh cinta, seseorang dapat belajar untuk lebih pengertian dan menekan segala keegoisan."

47. "Mencintai merupakan sebuah anugerah besar yang Tuhan berikan kepada manusia. Maka dari itu, kita perlu senantiasa bersyukur dan menjaga segala anugerah itu."

48. "Tidak ada yang memiliki porsi lebih besar dalam menjaga hati. Setiap pasangan memiliki peran yang sama untuk saling menjaga."

49. "Cinta tak pernah memandang harta ataupun jabatan jika kita mendasarinya dengan ketulusan dan keikhlasan."

50. "Janganlah pernah membuat seseorang menjadi jatuh cinta padamu, namun dirimu sendiri masih belum bisa memberikan hatimu padanya seutuhnya. Karena cinta sepihak itu sangat pedih.

51. "Manfaatkan momen jatuh cinta untuk membuat hidup menjadi lebih bermakna dengan seseorang yang kamu sayang."

52. "Tuhan tidak pernah keliru memberikan anugerah cinta kepada hamba-Nya, karena sebuah cinta yang datang itu pasti ada makna dan alasannya."

53. "Cinta itu tidak bisa dijelaskan seberapa besarnya, orang mungkin menilai cinta itu sebesar dunia, samudera, bahkan langit. Namun tidak ada seseorang pun yang bisa menakar seberapa besar cintanya dengan logika."

54. "Tak ada yang menjamin mudah dalam menjaga hati, namun hal itu tak akan susah bagi mereka yang kuat dengan pendiriannya."

55. "Cintai orang yang mencintaimu, untuk mengerti akan indahnya ketulusan hidup dari kasih sayang."

56. "Cinta dan kasih sayang yang didasari dengan ketulusan hati tak akan pernah ada habisnya."

57. "Menghargai seseorang yang kamu sayang, akan membuatnya semakin erat memelukmu."

58. "Ketulusan cinta dan kasih sayang tidak dapat dilihat atau didengar, tetapi hanya bisa dirasakan dengan hati."

59. "Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa sayang, termasuk dengan memahami perasaannya."

60. "Jatuh cinta membuat dunia serasa penuh dengan warna."

4. Kata-Kata Bijak Bermakna Tentang Kehidupan Cinta

Cinta merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan. Meski kata orang cinta itu indah, tapi jangan lupakan kemungkinan bagi kalian untuk sedih. Agar kalian lebih bisa menguasai diri dalam urusan cinta, coba baca kata-kata bijak bermakna berikut ini.

61. "Ketika jatuh cinta, tanpa sadar akan membuatmu menjadi versi terbaik dalam hidupmu."

62. "Cinta tak pernah membeda-bedakan sifat, raga, jasmani, harta seseorang. Karena cinta hanya keikhlasan dan ketulusan hati kita untuk seseorang."

63. "Jatuh cinta tak hanya membuat seseorang bahagia, namun juga berjuang untuk orang yang disayang."

64. "Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan." - Colin Powell

65. "Perubahan itu menyakitkan, Ia menyebabkan orang merasa tidak aman, bingung, dan marah. Orang menginginkan hal seperti sediakala, karena mereka ingin hidup yang mudah." - Richard Marcinko

66. "Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu." - John Ruskin

67. "Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan." - John F Kennedy

68. "Gagal dalam karier bukanlah kegagalan hidup. Banyak orang yang sukses setelah mengalami kegagalan. Tetaplah semangat dan percaya diri."

69. "Kebahagiaan sama dengan kenyataan dikurangi ekspektasi." - Tom Magliozzi

70. "Sukses adalah kemampuan untuk melangkah dari kegagalan tanpa hilang antusiasme." - Sir Winston Churchill

71. "Jangan malu terlihat miskin, malulah ketika kita pura-pura kaya."

72. "Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang sedikit pun. Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan."

73. "Mendengarlah dengan sabar. Berbicaralah dengan bijaksana. Berdirilah dengan tegar. Bersikaplah dengan sederhana."

74. "Kamu tidak dapat mengubah masa lalu dan janganlah terlalu khawatir dengan hari esok. Hari ini adalah hari yang dapat mengubah masa depanmu."

75. "Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat. Itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga."

76. "Sebelum bisa berteman dengan orang lain, pertama-tama kau harus bisa berteman dengan dirimu sendiri." - Stephen Richards

77. "Cemas yang berlebihan tidak akan mengubah apa pun kecuali merusak diri sendiri."

78. "Kamu tidak boleh takut dengan keunikanmu dan kamu harus makin tidak peduli dengan apa yang orang pikirkan tentangmu." - Robert Greene

79. "Sesekali berhentilah sekedar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya." - Abdullah Gymnastiar

80. "Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan."

81. "Yang terpenting adalah bagaimana kamu menghadapi rintangan tersebut, apakah kamu akan berusaha atau dijadikan alasan untuk berhenti dan menyerah."

82. "Ketika kamu merasakan kesakitan, lupakan, namun ingatlah segala bentuk kebaikan yang sudah kamu dapatkan."

83. "Dia yang mampu menguasai orang lain memang kuat. Tapi dia yang mampu menguasai dirinya sendiri, itulah yang lebih dahsyat." - Lao Tzu

84. "Jika anda ingin bahagia, tetapkan sasaran yang membangkitkan pikiran, membebaskan energi, dan menginspirasi harapan anda." - Andrew Carnegie

5. Kata-Kata Bijak Bermakna Penuh Motivasi

Jika kehilangan pegangan, hidup kalian akan terasa hambar karena tak jelas arah tujuan yang akan dicapai. Pada saat seperti itu, kalian harus segera mencari motivasi sebagai pegangan hidup. Nah, barang kali, kata-kata bijak bermakna berikut ini cocok untuk kalian baca.

85. "Mulailah dengan tujuan dalam pikiran." - Stephen Covey

86. "Untuk bisa bahagia sendiri, kita harus membuat setidaknya satu orang bahagia."

87. "Siapa yang bisa menerima kelemahannya, sesungguhnya baru saja menambah satu kelebihan pada dirinya."

88. "Jika Anda ingin membuat mimpi Anda menjadi kenyataan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bangun." - J.M. Power

89. "Pikiran negatif sangat berkuasa bila diberi kesempatan, jadi jangan memberinya kesempatan."

90. "Apa yang sudah kamu berikan jangan pernah diingat lagi, namun selalu ingatlah hal yang sudah kamu terima dan selalu mensyukurinya."

91. "Lari dari masalah akan membuat masalah menjadi lebih besar, menghadapinya akan membuatmu menjadi lebih besar."

92. "Berubah memang berat pada awalnya, kacau di tengah-tengahnya, dan sangat indah pada akhirnya." - Robin Sharma

93. "Jangan berhenti berupaya ketika menemui kegagalan. Bersyukurlah karena kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita arti kesungguhan."

94. "Hati yang sedang panas menumpulkan logika dinginkan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan."

95. "Katakan pada hatimu kalau takut gagal justru lebih buruk dari kegagalan itu sendiri." - Paulo Coelho

96. "Hambatan tidak bisa menghentikan Anda. Masalah tidak bisa menghentikan Anda. Orang lain tidak bisa menghentikan Anda. Hanya Anda yang bisa menghentikan Anda." - Jeffrey Gitomer

97. "Saat kamu menyerah, kamu mungkin tidak tahu, sudah berapa dekatnya kamu dengan keberhasilan."

98. "Jika putus asa dan ingin menyerah, jangan memaksa untuk terus bergerak. Tapi paksalah hati dan pikiran anda untuk menemukan tujuan baru."

99. "Kata "bahagia" akan kehilangan artinya kalau tidak diseimbangkan dengan kesedihan." -Carl Jung

100. "Jangan sepelekan hal yang kecil, karena sesuatu yang besar itu berasal dari hal-hal yang kecil."

101. "Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu sesuatu. Karena itu memberimu kesempatan untuk belajar."

6. Kata Bijak Bermakna Mendalam Singkat

Kata bijak bermakna mendalam berikut ini bisa dijadikan inspirasi buat kalian. Selain itu, kata bijak bermakna juga dapat kalian gunakan untuk caption di sosial media. Sehingga melalui kata bijak bermakna mendalam tersebut kalian tak hanya sekedar posting status di sosmed melainkan bisa memberi semangat dan pesan bijak buat orang lain. Yuk simak ulasannya tentang kata bijak bermakna mendalam yang singkat.

102. "Arti hidup adalah waktu. Tak ada yang lain."

103. "Bermimpilah besar dan berani gagal."

104. "Jika rencana Anda tidak berjalan, maka ganti rencana tersebut, jangan tujuannya."

105. "Hidup itu seperti fotografi. Kamu butuh negatif untuk berkembang." - Ziad K Abdelnour

106. "Optimisme adalah iman yang menuntun Anda ke pencapaian." - Helen Keller

107. "Jika tidak bisa menjadi yang terbaik, jadilah yang dapat membahagiakan."

108. "Pamer adalah ide yang bodoh untuk sebuah kemenangan." Bruce Lee

109. "Hidup adalah proses terus-menerus memperbaiki diri." - Asma Nadia

110. "Makin kamu membuang-buang waktu, makin jauh pula kamu dari kesukesan."

111. "Mulai setiap harimu dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur." - Roy T. Bennett

112. "Percaya diri adalah rahasia nomor satu dari kesuksesan."

113. "Kamu akan mendapatkan apa yang kamu berikan." - Jennifer Lopez

114. "Jika peluang tidak mengetuk, bangunlah sebuah pintu."

115. "Mimpi tidak berguna kecuali kamu mewujudkannya."

116. "Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi sesuatu." - Mufti Menk

117. "Perjuangan memanglah berat, namun akan manis buahnya."

118. "Orang yang memindahkan gunung dimulai dengan membawa batu-batu kecil awal."

119. "Jangan berduka, apapun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

120. "Hidup ini sederhana, tapi kitalah yang membuatnya rumit." - Confucius

121. "Obat terbaik dari segala kesulitan adalah kesabaran."

122. "Hidup jadi terasa mudah jika pernah merasakan susah."

123. "Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan." - John F Kennedy

124. "Kehidupan seringkali kejam, tetapi mendewasakan."

125. "Jangan pernah takut gagal ketika kamu ingin sukses."

126. "Jadilah dirimu sendiri. Orang tidak harus menyukaimu, dan kamu tidak perlu peduli."

127. "Jika kapalmu tidak kunjung datang, berenanglah."

128. "Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia." - Dalai Lama

129. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." - Ali bin Abi Thalib

130. "Bulan baru, harapan baru, cinta baru, dan kenangan baru."

7. Kata Bijak Bermakna Mendalam Tentang Keluarga

Keluarga adalah segalanya, begitulah pepatah bijak yang sering kita dengar. Sebab dari keluarga kita bisa belajar tentang arti hidup. Dari keluarga pula kita bisa merasakan rasa nyaman, aman, tenang, dan damai. Karena itulah kebahagiaan keluarga adalah hal paling utama. Sejumlah kata bijak bermakna mendalam tentang keluarga berikut ini menggambarkan bahwa kebahagiaan keluarga adalah segalanya.

131. "Keluarga adalah jaket pelampung di tengah lautan badai kehidupan." - J.K Rowling

132. "Saat beban terlalu berat, janganlah putus asa. Tuhan memberikan kita keluarga agar kita berusaha demi mereka."

133. "Keluarga yang baik dibangun dengan cinta, dimulai dengan kasih sayang, dan dipelihara dengan kesetiaan."

134. "Keluarga adalah tempat terbaik untuk kita belajar tentang sebuah pengorbanan."

135. "Surga yang nyata saat ini yang bisa kita rasakan adalah rumah kita yang dipenuhi kehangatan dari keluarga kita."

136. "Jika kita ikhlas dalam berupaya untuk kebahagiaan kehidupan keluarga, Tuhan akan memudahkan dan menunjukkan jalan."

137. "Keluarga adalah salah hal terpenting yang kita miliki, yang tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan."

138. "Satu-satunya hal yang tidak bisa didaur ulang ialah waktu yang terbuang sia-sia tanpa adanya keluarga."

139. "Keluarga ialah, anugerah dari keindahan yang ada di semesta."

140. "Keluarga adalah amanat dari Tuhan. Hendaknya segala yang kamu lakukan adalah kedamaian dan kebahagiaan keluarga."

141. "Ikatan yang menghubungkan keluarga sejati bukanlah ikatan darah, tetapi rasa hormat dan sukacita dalam kehidupan satu sama lain." - Richard Bach

142. "Keluarga adalah ikatan jiwa yang penuh kasih, saling mempercayai dan saling memahami."

143. "Percayalah, keluarga adalah tempat terbaik untuk berbagi."

144. "Keluarga adalah rumah. Sejauh apapun kita melangkah, akan tetap kembali padanya."

145. "Jangan pernah menyerah. Apalagi untuk keluarga. Selalu ada jalan selama itu berusaha dan berdoa."

146. "Liburan terbaik bukanlah soal kemewahan, tetapi soal kebersamaan di tengah keluarga tercinta."

147. "Keluarga seperti cabang di pohon. Kita semua tumbuh ke arah yang berbeda, namun akar kita tetap bersatu."

148. "Setiap keluarga punya cinta dan cerita karena keluarga adalah anugerah yang akan bertahan selamanya."

149. "Keluarga ialah sahabat yang selalu ada di samping untuk kita pada keadaan yang paling amat sangat buruk sekali pun."

150. "Mencintai keluarga menjadi amanah untuk setiap insan manusia."

151. "Bekerja keras dan pantang menyerah saat muda adalah invetasi kebahagiaan bagi keluarga di hari tua kita nanti."

152. "Kebersamaan dengan keluarga itu lebih berharga dibanding apapun."

153. "Untuk apa memiliki keluarga banyak kalau hanya yang dicari itu harta tahta, bukan kebersamaan bersama."

154. "Kehangatan dalam keluarga tidak diukur dari ukuran luas rumahnya, tapi luasnya kebahagiaan yang menempati."

155. "Puisi yang paling indah adalah keluarga."

156. "Utamakanlah keluarga. Ingatlah saat semuanya runtuh dan gagal, keluarga adalah tempatmu kembali."

157. "Keluarga adalah kompas yang membimbing kita. Mereka adalah inspirasi untuk mencapai ketinggian yang luar biasa dan kenyamanan saat kita sesekali goyah."

158. "Cintai keluarga, karena keluarga adalah kesatuan jiwa yang penuh dengan rasa saling menyayangi, saling mempercayai dan saling memahami."

159. "Keluarga adalah salah hal terpenting yang kita miliki, yang tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan."

8. Kata Bijak Bermakna Mendalam Bahasa Jawa

Ada beragam kata bijak bermakna mendalam berbahasa Jawa penuh dengan filosofi hidup. Tidak heran jika kalian bisa menjadikan kata bijak bermakna mendalam bahasa Jawa bahan renungan sekaligus introspeksi diri. Berikut ulasannya tentang kata bijak bermakna mendalam berbahasa Jawa.

160. "Sabar iku ingaran mustikaning laku."

(Sabar itu diibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)

161. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti."

(Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

162. "Arek lanang iku kuoso milih, arek wadon kuoso nolak."

(Anak laki-laku bebas memilih, anak perempuan bebas menolak)

163. "Ambeg utomo, andhap asor."

(Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati)

164. "Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan."

(Niat bekerja bukan untuk nyari perkara. Niat mencari rezeki, bukan hanya cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

165. "Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan."

(Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)

166. "Natas, nitis, netes."

(Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali)

167. "Alam iki sejatining Guru."

(Alam adalah guru yang sejati)

168. "Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo."

(Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)

169. "Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah."

(Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita)

170. "Akeh manungsa ngrasakaken tresna, tapi lalai lan ora kenal opo kui hakekate atresna."

(Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa tidak mengenal hakikat cinta sebenarnya)

171. "Seng nandur bakale ngunduh."

(Yang berbuat akan mendapatkan hasilnya)

172. "Mohon, mangesthi, mangastuti, marem."

(Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama)

173. "Kena iwake aja nganti buthek banyune."

(Berusahalah mencapai tujuan tanpa menimbulkan kerusakan)

174. "Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah."

(Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita)

175. "Aja mbedakake marang sak sapadha-pada."

(Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

176. "Mikul dhuwur mendhem jero."

(Seorang anak yang menjunjung tinggi derajat orang tua)

177. "Adigang, adigung, adiguna."

(Mengandalkan kekuatan, kekuasaan, dan kepintarannya)

178. "Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip."

(Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)

179. "Tuna sathak bathi sanak."

(Merugi harta tapi mendapatkan sahabat)

180. "Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso."

(Bahwa cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan, kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu)

181. "Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan."

(Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan)

182. "Ala lan becik iku gegandhengan, kabeh kuwi saka kersaning Pangeran."

(Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan)

183. "Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati."

(Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat)

184. "Becik ketitik, ala ketara."

(Perbuatan baik akan selalu dikenali, dan perbuatan buruk nantinya juga akan diketahui juga)

185. "Eling lan waspada, sadar lan sabar, setiti lan ngabekti, sumeleh tur sareh."

(Ingat dan waspada, sadar dan sabar, hemat dan mengabdi, ikhlas dan tenang)

186. "Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan."

(Jangan mudah sakit hati manakala musibah menimpa diri, jangan sedih manakala kehilangan sesuatu)

187. "Rukun agawe santosa, crah agawe bubrah."

(Hidup rukun pasti akan hidup sentosa, sebaliknya jika selalu bertikai pasti akan bercerai)

KLovers, itulah kata-kata bijak bermakna mendalam yang bisa kalian baca sebagai sumber motivasi diri saat dilanda kesusahan.

(Sumber: Bola.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI