12 Minuman Sehat untuk Jantung Kuat, Mudah Dibuat

Rabu, 04 Agustus 2021 11:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
12 Minuman Sehat untuk Jantung Kuat, Mudah Dibuat
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Jantung yang kuat merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh. Pasalnya, jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, memasok oksigen dan nutrisi, serta membuang limbah. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan asupan tubuh, termasuk minuman sehat untuk jantung.

Suplai nutrisi dari minuman sehat untuk jantung, asupan dari makanan dengan gizi seimbang juga diperlukan agar fungsinya tetap baik. Jika jantung terganggu, fungsinya pun akan terdampak dan kalian bisa mengalami masalah kesehatan.

Perlu kalian ketahui bahwa tak semua minuman baik untuk jantung. Jenis minuman, seperti alkohol, berisiko memperlemah dan membuat detaknya tidak teratur. Dengan begitu, kalian perlu menghindarinya dan hanya pilihlah minuman sehat untuk jantung. Berikut ini terdapat beberapa informasi mengenai minuman sehat tersebut yang dilansir dari beberapa sumber.

 

1. Minuman Sehat untuk Jantung dari Buah

1. Jus Pepaya

Kandungan likopen dalam pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Likopen juga bersifat antiradang dan antioksidan yang mampu melancarkan aliran darah dan mencegah aterosklerosis. Oleh karena itu, jus pepaya masuk dalam daftar minuman sehat untuk jantung yang bisa kalian konsumsi.

Membuat jus atau langsung memakan buah pepaya secara keseluruhan bisa mendukung kemampuan jantung kalian dalam menjalankan fungsinya. Ditambah lagi, mengonsumsi likopen bisa menurunkan risiko kematian yang disebabkan penyakit jantung secara signifikan.

2. Jus Tomat

Selain dalam pepaya, likopen juga bisa kalian dapat dari buah tomat. Dengan mengonsumsi jus atau buah ini secara langsung, kalian bisa terhindar dari kekurangan likopen. Kadar likopen rendah pada seseorang perlu diwaspadai karena hal ini dapat menaikkan risiko serangan jantung dan stroke.

Apalagi, tomat juga mengandung antiinflamasi dan bisa menekan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh kalian.

3. Jus Alpukat

Selain jus buah yang telah disebut, jus alpukat juga menjadi minuman untuk jantung kuat yang patut kalian coba. Hal itu bisa terjadi karena kandungan lemak dalam alpukat bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Selain itu, alpukat junga mengandung kalium, salah satu mineral yang baik untuk jantung. Sejumlah 975 miligram kalium atau setara 28 angka kecukupan gizi harian kalian bisa dipenuhi oleh buah yang satu ini.

4. Infused Water Jeruk

Untuk membuat minuman untuk jantung kuat yang simpel, kalian bisa menyiapkan air putih dan irisan jeruk. Mencampur irisan jeruk segar dan air putih bisa menghasilkan infused water yang baik untuk jantung. Buah jeruk dan lemon mengandung banyak nutrisi, termasuk antioksidan flavonoid dan minyak esensial yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengonsumsi infused water, kebutuhan tubuh akan cairan akan terpenuhi secara maksimal sehingga tubuh bisa terhidrasi dengan baik. Selain itu, jus jeruk pun bisa membantu menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

2. Minuman Sehat untuk Jantung dari Teh, Kopi, dan Susu

5. Teh

Berdasarkan informasi dari American Heart Association yang dilansir dari halodoc.com, konsumsi teh secara rutin bisa mengurangi risiko stroke, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung. Namun, kalian perlu melakukan pemilihan teh tanpa pemanis saat membelinya dalam kemasan. Untuk mendapatkan minuman untuk jantung kuat dari teh, lebih baik kalian membuatnya sendiri agar tahu pasti kandungan di dalamnya.

6. Kopi

Bagi kalian yang suka meminum kopi, ada kabar baik bahwa minuman yang cukup populer ini ternyata baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapat minuman untuk jantung kuat dari kopi, kalian perlu memastikan bahwa tak ada kandungan krim atau gula di dalamnya. Itu berarti, kopi paling bagus dan sehat, yaitu kopi hitam polos yang bisa kalian konsumsi.

7. Teh Daun Kelor

Apa kalian tahu bahwa teh tak hanya berasal dari daun teh? Kini, banyak sekali teh dari tanaman lain yang cukup populer, salah satunya daun kelor. Kandungan vitamin C, antioksidan yang tinggi, betakarote, dan quercetin atau antioksidan yang berfungsi menurunkan tekanan darah membuatnya menjadi salah satu tanaman dalam golongan superfood.

Tentu kalian tak mau melewatkan manfaat ini kan? Cara mendapat manfaat dari minuman untuk jantung kuat ini pun cukup mudah. Kalian hanya perlu menjadikan daun kelor sebagai serbuk dan menyeduhnya seperti teh biasa.

8. Teh Kembang Sepatu (Hibiscus)

Ekstrak hibiscus yang bisa didapat dari seduhan kembang sepatu ternyata bisa menjadi minuman sehat untuk jantung kuat. Pasalnya, ekstrak tersebut mengandung antioksidan polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari sehatq.com, terdapat riset yang dilakukan pada 25 partisipan pria membuktikan bahwa rutin mengonsumsi ekstrak hibiscus sebanyak 250 mililiter dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah dibandingkan hanya mengonsumsi air putih saja.

9. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan susu rendah lemak yang bisa kalian konsumsi sebagai minuman untuk jantung kuat. Selain rendah lemak, kini ada produk dengan kandungan sterol yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, terdapat juga kandungan kalsium yang tinggi dan tentu saja, baik untuk kesehatan tulang kalian.

3. Minuman Sehat untuk Jantung Lainnya

10. Air Putih

Jika ditanya tentang minuman untuk jantung kuat, air putih jelas masuk dalam daftarnya. Bahkan, air putih merupakan minuman yang paling mudah didapat, paling aman, dan menyehatkan. Namun, kalian perlu memastikan bahwa air putih yang kalian konsumsi matang atau terhindar dari bakteri berbahaya. Dengan mengonsumsinya sebanyak 6-8 cangkir atau sekitar 1,5-2 liter perhari, asupan cairan bagi tubuh akan terpenuhi dan tetap terhidrasi dengan baik.

11. Cokelat Hitam

Cokelat berasal dari biji kakao yang mengandung mineral dan antioksidan. Kandungan tersebut akan bermanfaat bagi jantung jika kalian mengonsumsinya. Produk dari kakao yang mengandung antioksidan flavonoid tersebut bermanfaat untuk kardiovaskular, membantu menurunkan tekanan darah, memaksimalkan fungsi pembuluh darah sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk membuat minuman sehat untuk jantung, kalian perlu menghindari gula dalam jumlah tinggi. Sebagai alternatif, kalian bisa menyeduh satu sendok bubuk kakao dengan madu sebagai pemanis alami dalam secangkir air panas.

12. Soda Diet

Selama ini, mungkin kalian beranggapan bahwa soda bukanlah minuman sehat karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Padahal, sebenarnya kalian bisa tetap mengonsumsi soda asalkan bisa memilih yang kandungan gulanya rendah. Jumlah konsumsinya pun perlu kalian batasi. Misalnya, satu kali dalam seminggu.

Pembatasan itu perlu kalian lakukan karena pemanis buatan di dalamnya pun perlu kalian hindari.

KLovers, itulah sejumlah minuman sehat untuk jantung kuat yang bisa kalian pilih. Intinya, kalian perlu menghindari kandungan gula tinggi yang identik dengan minuman menyegarkan karena gula yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah.

(Sumber: Halodoc.com, Briliofood.net, Sehatq.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI