11 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Sendirian

Rabu, 11 Maret 2020 13:20 Penulis: Puput Saputro
11 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Sendirian
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Menahan ngantuk bisa menjadi permasalahan yang tidak mudah bagi beberapa orang. Pasalnya rasa ngantuk suka datang di waktu yang tak tepat, misalnya saat bekerja atau berkendara. Di saat-saat seperti itu, rasa ngantuk bisa mengancam kelangsungan aktivitas kita.

Apalagi jika rasa ngantuk datang saat kita sedang berkendara sendirian. Bukan hanya kelancaran aktivitas yang terancam, melainkan juga keselamatan kita dan keselamatan pengendara lain juga. Jadi, bisa dibayangkan betapa pentingnya untuk kita yang biasa berkendara mengetahui cara mengatasi ngantuk yang ampuh.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering mengalami ngantuk saat berkendara sendirian, kamu bisa mencoba cara mengatasi ngantuk berikut.

 

1. Beristirahat Cukup Sebelum Berkendara

Seperti yang kita tahu, bahwa rasa ngantuk bisa disebabkan karena kelelahan. Oleh karena itu, salah satu langkah preventif yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat berkendara adalah dengan mengatur aktivitas kita sebelum berkendara.

Jangan sampai terlalu kelelahan saat akan berkendara. Akan lebih baik jika kita memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur yang cukup terlebih dahulu sebelum mulai berkendara.

2. Jangan Makan Terlalu Banyak Sebelum Berangkat

Penyebab mengantuk selain kelelahan yang paling umum adalah kekenyangan. Ternyata hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Dilansir dari alodokter.com, merasa ngantuk setelah makan bisa mungkin terjadi karena saat mencerna makanan.

Dimana tubuh melepaskan hormon serotonin dan melatonin yang bisa menimbulkan ngantuk. Itulah sebabnya, ada baiknya kita menjaga makan sebelum berkendara.

3. Jangan Meminum Obat sebelum Berkendara

Beberapa jenis obat-obatan mempunyai efek samping tertentu, salah satunya efek rasa mengantuk. Jadi sebaiknya kita tidak meminum obat sebelum berkendara. Jika memang sedang sakit dan harus meminum obat tertentu, berilah waktu jeda antara minum obat dan berkendara setidaknya 1-2 jam.

4. Jangan Meminum Minuman Beralkohol

Sama seperti obat, minuman beralkohol juga bisa memberikan efek rileks yang berujung pada rasa mengantuk. Selain itu, meminum-minuman beralkohol juga justru bisa membahayakan keselamatan.

5. Menepi Lalu Lakukan Peregangan

Cara mengatasi ngantuk saat berkendara selanjutnya adalah dengan menepi lalu meregangkan otot-otot tubuh. Regangkan bagian-bagian tubuh yang sudah mulai pegal, misalnya tangan atau pinggang. Selain meregangkan, kamu juga bisa memijatnya pelan-pelan, termasuk bagian mata yang sudah mulai kelelahan.

6. Mencuci Muka

Jika tidak memungkinkan, kalian bisa menepi ke tempat yang terdapat kamar kecil, seperti pom bensin, mini market, atau tempat ibadah. Setelah itu, cuci muka di sana.

Mencuci muka terbukti mampu menghilangkan rasa ngantuk dengan efektif. Selain itu, mencuci muka juga akan membuat kamu menjadi segar kembali.

7. Meminum Kopi

Kopi memang sudah terbukti bisa membuat kita bisa lebih fokus dan terhindar dari rasa ngantuk. Tapi tentunya cara ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu menepi di tempat yang menyediakan kopi. Kecuali, jika kamu membawa bekal minuman kopi saat berkendara.

8. Meminum Air Putih

Selain meminum kopi, ternyata meminum air putih juga bisa menghindarkan kita dari rasa mengantuk. Hal ini karena kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab rasa mengantuk.

Jadi ada baiknya, saat berkendara kamu membawa bekal air putih. Tidak hanya untuk mengatasi ngantuk, meminum air putih juga akan mengurangi rasa pegal di sekujur badan.

9. Memakan Permen atau Mengunyah Permen Karet

Cara mengatasi ngantuk yang bisa dicoba selanjutnya adalah dengan memakan permen atau mengunyah permen karet. Untuk menghilangkan rasa ngantuk pilihlah permen dengan rasa segar seperti mint.

10. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi pilihan cara untuk mengatasi ngantuk saat berkendara. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan untuk pengendara roda dua maupun roda empat. Namun, akan lebih aman dan efektif untuk dilakukan oleh pengendara roda empat.

Untuk pengendara roda dua yang mau menggunakan cara ini dengan menggunakan earphone. Tapi, diimbau untuk tidak memaksimalkan volume suara musik. Jadi, meskipun sambil mendengarkan musik, pastikan kamu masih mendengar suara kendaraan lain.

11. Menepi dan Beristirahat Sejenak

Lelah saat berkendara sebenarnya merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu, ada baiknya saat berkendara jarak jauh, atur waktu beristirahat kita secara konsisten dan berkala. Jangan terlalu memaksakan keadaan dan daya tahan tubuh kita.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI