12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Cepat dan Praktis

Rabu, 08 Mei 2019 13:54 Penulis: Editor KapanLagi.com
12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Cepat dan Praktis
ilustrasi mengecilkan perut (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Mempunyai perut buncit, kadang bisa jadi sangat mengganggu bagi sebagian besar orang. Penyebab perut buncit sendiri bisa disebabkan banyak faktor seperti malas berolahraga, stress maupun hormon dan usia. Selain bisa menurunkan rasa percaya diri, menumpuknya lemak dalam perut bisa memicu timbulnya penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan juga kolesterol tinggi.

Banyak cara untuk dapat mengecilkan perut, baik secara alami maupun dengan obat-obatan. Namun, ada baiknya menggunakan bahan-bahan alami karena biasanya bahan alami tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut secara mudah, cepat dan pastinya aman? Kalian bisa melakukan berbagai cara di bawah ini.

1. Mengonsumsi Teh Hijau 

Seperti yang kita tau, teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menurunkan resiko kanker, teh hijau juga mampu menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut karena mengandung antikoksidan bernama katekin yang tinggi. Bagaimana caranya? Cukup minum teh hijau tanpa gula secara teratur sebelum makan. Dengan meminumnya sebelum makan, dapat membuat perut terasa lebih kenyang sehingga akan mengurangi porsi makan. Selain itu, kamu juga bisa meminumnya sebelum olahraga untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Konsumsi Buah Berry

Buah berry (credit: shutterstock)Buah berry (credit: shutterstock)

Mengonsumsi buah beri juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut. Kandungan polifenol yang banyak terdapat pada buah beri berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang mana hal itu bermanfaat untuk membakar lemak secara efisien. Selain itu, buah beri juga bermanfaat melawan lemak dan juga sumber vitamin C tinggi yang baik untuk tubuh.

3. Makan Makanan yang Mengandung Potasium

Makanan yang mengandung potasium seperti pisang, yoghurt, semangka, ubi, dan alpukat dapat membantu mengecilkan perut. Potasium atau biasa disebut kalium sendiri memiliki peranan utama sebagai elektrolit dalam tubuh dan juga dapat membantu mengurangi penimbunan air dalam perut sehingga membuat perut tidak buncit.

4. Makan dengan Porsi yang Kecil

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengecilkan perut ialah makan dengan porsi kecil. Cara ini cukup mudah dan juga efektif bila dilakukan secara teratur. Jika kalian biasanya makan dengan porsi yang besar sebanyak 3 kali sehari, kalian bisa mengubahnya dengan makan porsi kecil namun dengan jarak 2 sampai 3 jam. Hal ini bermanfaat untuk mencegah lingkar perut semakin melebar dan juga dapat membakar lebih banyak lemak.

5. Minum Lebih Banyak Air Putih

air mineral (credit: shutterstock)air mineral (credit: shutterstock)

Minum air putih bisa menjadi cara selanjutnya untuk mengecilkan perut. Air putih sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti melancarkan sistem pencernaan, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, dan juga membuat perut tetap rata. Selain itu, dengan meminum cukup air putih dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh sehingga dapat mengurangi penimbunan air. Mengonsumsi banyak air putih juga dapat mencegah kita untuk makan terlalu banyak.

6. Jeruk Nipis dan Madu 

Campuran jeruk nipis dan madu juga dapat menjadi alternatif lain untuk kalian yang ingin mengecilkan perut. Campuran keduanya dapat membantu mendorong pembakaran lemak agar bekerja secara maksimal. Caranya pun cukup sederhana, kalian hanya perlu mencampurkan setengah buah jeruk nipis dan satu sendok teh madu ke dalam satu gelas air hangat. Lalu minum setiap pagi hari sebelum makan untuk menghilangkan lemak.

7. Tidur Secara teratur 

Pola tidur yang tidak teratur bisa menjadi salah satu penyebab perut menjadi buncit. Rasa lapar yang biasanya menyerang di tengah malam, dapat dihindari jika kalian tidur dengan teratur. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang dikutip di alodokter, waktu dan kualitas tidur juga turut berpengaruh dalam meningkatnya jumlah jaringan lemak di perut.

Tak hanya itu, kurangnya jam tidur dapat menghasilkan hormon stres yang bernama kortisol yang mana berefek pada meningkatnya timbunan lemak di area perut. Jadi, biasakan tidur secara teratur, ya! 

8. Hindari Alkohol dan Minuman Bersoda

ilustrasi alkohol (credit: shutterstock)ilustrasi alkohol (credit: shutterstock)

Mengonsumsi alkohol dan soda sangat tidak disarankan jika kalian ingin memiliki perut yang rata. Dengan mengonsumsi alkohol, tubuh akan membakar lemak 36% lebih lambat. Selain itu, kandungan gula dan kalori yang banyak terkandung dalam alkohol dapat berubah menjadi lemak dalam tubuh nantinya. Terlebih, jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat menyebabkan kegemukan. 
Mengonsumsi soda pun juga demikian. Minuman bersoda banyak mengandung gas dan gula yang dapat membuat perut semakin buncit.

9. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan yang berserat menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut yang banyak direkomendasikan. Hal itu dikarenakan serat dapat memperlambat penyerapan makanan sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung serat antara lain kacang-kacangan, wortel, brokoli, mangga, pir dan pisang.

10. Olahraga Secara Teratur

Selain menjaga pola makan dan tidur teratur, olahraga juga penting untuk dapat mengecilkan perut sekaligus menjaga bentuk tubuh. Banyak jenis olahraga yang bisa kalian coba untuk mengecilkan perut seperti aerobik, jalan cepat, lying leg raise, sit up, side plank, swing kettle pose dan bicycle crunches. Tapi, sebelum olahraga jangan lupa melakukan pemanasan dulu, ya agar terhindar dari cidera.

11. Konsumsi Banyak Kacang-Kacangan

kacang-kacangan (credit: shutterstock)kacang-kacangan (credit: shutterstock)

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengecilkan perut yakni mengonsumsi kacang-kacangan. Mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin bermanfaat untuk membentuk otot dan juga memperbaiki pencernaan. Tak hanya itu, kandungan serat yang cukup banyak dalam kacang-kacangan akan membantu kalian merasa kenyang lebih lama. Selain itu, menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak dua kali dalam seminggu, akan lebih mudah menjaga berat badan dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

12. Hindari Stress 

Stress dapat menjadi salah satu penyebab penumpukan lemak pada perut yang membuat perut menjadi buncit. Mengapa demikian? Karena saat kalian stress, kelenjar adrenal akan melepaskan kortisol atau hormone stress secara berlebihan. Hal itu dapat menyebabkan meningkatkan nafsu makan sekaligus membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut.

Cara mengecilkan perut sebenarnya tidaklah sulit, namun membutuhkan konsistensi dan juga komitmen yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, sudah siap mengecilkan perut dengan cara-cara diatas?

 

Penulis: Devi Puspita

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI