11 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Baik Bagi Pria dan Wanita, Bisa Bentuk Otot Tubuh Jadi Ideal

Selasa, 08 Desember 2020 09:31 Penulis: Nurul Wahida
11 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Baik Bagi Pria dan Wanita, Bisa Bentuk Otot Tubuh Jadi Ideal
Manfaat sit up (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Beragam manfaat sit up untuk kesehatan dapat diperoleh tubuh jika dilakukan dengan tepat dan sesuai. Sit up menjadi olahraga paling sederhana dan mudah dipraktikkan setiap orang namun menawarkan manfaat yang luar biasa. Gerakan sit up umumnya dapat membentuk otot bagian perut dan dada terlihat lebih ideal.

Sit up menjadi salah satu gerakan dasar olahraga yang mudah untuk dipraktikkan. Gerakan olahraga ini sangat praktis untuk dilakukan baik di rumah ataupun tempat olahraga lainnya. Latihan sit up dengan gerakan sederhananya ini dapat mengencangkan otot tangan, dada, pinggang, paha, dan perut. Tak heran apabila sejumlah orang yang melakukan sit up secara rutin memiliki tubuh yang terlihat ideal terutama pada bagian perut dan dada.

Namun ternyata ada beragam manfaat sit up yang juga bisa diperoleh tubuh jika dilakukan secara rutin dan dengan teknik tepat. Manfaat sit up ini baik untuk pria dan wanita sebagai olahraga sederhana yang menjadi salah satu faktor membentuk tubuh lebih ideal. Tak perlu biaya mahal atau bahkan cara rumit, hanya dengan sit up ternyata menawarkan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Untuk lebih lengkap membahas mengenai manfaat sit up berikut ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Adapun manfaat sit0 up untuk kesehatan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini.

1. Membentuk Postur Tubuh

Manfaat sit up untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. Melansir dari healthline.com sit up dapat membantu memperbaiki postur tubuh yang salah dan tidak tepat. Misalnya saja terkait dengan masalah pada tulang belakang, bahu, ataupun pinggul bisa teratasi dengan melakukan sit up secara rutin.

Sebab dengan memiliki postur tubuh yang ideal dapat menawarkan manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi rasa sakit sendi dan otot, mencegah otot tegang serta lain sebagainya terkait dengan masalah otot dan tulang.

2. Menguatkan Otot

Manfaat sit up untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menguatkan otot pada tubuh. Dalam hal ini seperti diketahui latihan sit up memang memiliki gerakan utama yang mampu menggerakkan otot pada perut, dada, tangan, pinggul ataupun paha.

Melansir dari healhtline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gerakan sit up dapat mencegah kemungkinan seseorang mengalami sarcopenia yang berkaitan dengan hilangnya kemampuan fungsi otot karena faktor usia. Untuk itulah manfaat sit up bagi kesehatan ini dapat membantu menguatkan otot tubuh.

3. Memiliki Keseimbangan Tubuh Yang Baik

Manfaat sit up untuk kesehatan tubuh juga dapat menjadikan kalian bisa memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik. Sehingga dengan tubuh yang seimbang tersebut dapat meminimalisir kalian jatuh ketika tubuh mendapatkan tekanan ataupun menopang beban berat. Selain itu melansir dari bola.com, otot yang terletak pada bagian panggul merupakan salah satu sisi penyeimbang tubuh yang mendapat manfaat dari latihan sit up.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang Belakang

Manfaat sit up untuk kesehatan dapat meningkatkan kesehatan tulang belakang. Sebab seperti diketahui sebelumnya sit up dapat membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik termasuk meningkatkan kesehatan tulang belakang. Dalam hal ini sit up akan memperkuat tulang belakang dan mencegahnya rapuh hingga rentan terhadap cedera. Melansir dari jenreviews.com, sit up mampu memperkuat otot tulang belakang jadi lebih kuat dan mencegah masalah cedera di usia senja.

5. Mencegah Cedera dan Nyeri Punggung

Manfaat sit up selanjutnya adalah dapat mencegah cedera dan nyeri pada punggung. Hal ini masih berkaitan dengan manfaat pada poin sebelumnya yakni dapat memperkuat otot punggung. Sehingga dengan kuatnya otot pada punggung, pinggul dan panggul maka kemungkinan cedera dan masalah nyeri punggung dapat dikurangi.

Meski begitu latihan sit up yang tepat dan sesuai perlu diperhatikan agar kalian benar-benar dapat manfaat dari sit up sebagai olahraga rutin harian. Konsultasi dengan dokter bisa dipertimbangkan jika memiliki masalah pada tulang punggung ataupun panggul.

6. Menyehatkan Diafragma

Manfaat sit up juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan diafragma. Dimana diafragma menjadi organ tubuh yang berfungsi sebagai saluran pernapasan. Dalam hal ini sit up membantu tubuh melatih pernapasan menjadi lebih baik lagi dan dapat memperbaiki pola pernapasan. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sit up dapat membantu memperkuat diafragma dan meningkatkan fungsi pernapasan.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat sit up untuk kesehatan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh merupakan proses yang penting bagi tubuh untuk mengubah asupan nutrisi menjadi energi. Dengan metabolisme yang berjalan baik, tentunya dapat meningkatkan kesehatan organ tubuh lainnya.

Dalam hal ini manfaat sit up rupanya bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika melakukan sit up tentunya akan lebih banyak kalori yang dikeluarkan, hal inilah yang dapat membantu metabolisme tubuh berjalan lancar. Selain itu dengan metabolisme tubuh yang meningkat untuk membakar kalori dapat membantu mengontrol berat badan kalian lebih ideal.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat sit up untuk kesehatan dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung tetap stabil. Dalam hal ini sejumlah masalah jantung seperti penyakit jantung ataupun gagal jantung dapat dicegah dengan melakukan olahraga sit up. Melansir dari liputan6.com, gerakan sit up sebelum tidur dapat membantu meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung yang akan melancarkan sistem kerja pada jaringan jantung.

9. Bentuk Otot Tubuh Lebih Ideal

Manfaat sit up yang cukup familiar diketahui banyak orang adalah dapat membantu membentuk otot tubuh jadi lebih ideal. Dalam hal ini sejumlah otot tubuh seperti perut dan dada bisa terlihat lebih ideal dan kencang. Sebab gerakan sit up membuat otot-otot pada bagian tubuh tersebut semakin kencang dan kuat. Alhasil kalian bisa memiliki bentuk otot tubuh yang ideal dan perut yang rata atau six pax. Namun perlu dipahami agar mendapat manfaat sit up lakukan gerakan sederhana tersebut dengan tepat dan sesuai.

10. Memperbaiki Mood

Masalah mood yang naik turun dan sering berubah-ubah juga bisa diatasi dengan melakukan sit up. Sebab manfaat sit up ternyata dapat membantu memperbaiki mood kalian agar lebih stabil dan baik. Melansir dari liputan6.com, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa melakukan sit up sebelum tidur dapat membantu memperbaiki mood lebih baik keesokan harinya.

Alhasil aktivitas kalian di pagi hari menjadi lebih lancar dan semangat awali hari. Pastikan agar kalian melakukan sit up yang benar dan tepat ya KLovers.

11. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat sit up selanjutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar tentunya dapat menyehatkan organ tubuh lainnya termasuk melancarkan sirkulasi oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Melansir dari bola.com, melakukan sit up secara rutin bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh jaringan tubuh untuk mencegah beragam gangguan kesehatan seperti jantung, saraf pusat dan lain sebagainya.

Nah itulah 11 manfaat sit up untuk kesehatan yang penting diketahui. Manfaat sit up tersebut dapat dirasakan baik pria ataupun wanita terutama baik untuk membentuk otot tubuh yang lebih ideal.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI