123 Kata-Kata Sedih Hati yang Menyentuh, Wakili Perasaan Haru Mendalam

Senin, 05 Juli 2021 15:11 Penulis: Dhia Amira
123 Kata-Kata Sedih Hati yang Menyentuh, Wakili Perasaan Haru Mendalam
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sebuah pelajaran dalam hidup tak selalu datang dari perasaan bahagia saja, namun juga perasaan sedih dan kecewa. Sehingga semua hal yang membuat sedih hati, tentu tak boleh dianggap sebagai keburukan, yang ada harus dijadikan sebuah pelajaran berharga. Ya, walaupun hal tersebut tentu tak mudah. Sebenarnya ada banyak sekali kata-kata sedih hati yang bisa menjadi nasihat hingga ungkapan hati kalian.

Saat seseorang merasakan kesedihan dan rasa kecewa yang luar biasa, tentu hal ini dapat membuat kita merasa seperti terpuruk dan jatuh. Walaupun banyak motivasi yang harus membuat kita bangkit, tetapi hal tersebut tidaklah mudah. Butuh sebuah keikhlasan dan kesabaran yang luar biasa untuk bangkit. Perlahan dan tertatih-tatih tentu harus dilakukan untuk membuat kita menjadi seseorang yang lebih kuat dari sebelumnya.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada kata-kata sedih hati yang menyentuh dan penuh akan makna mendalam. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Sedih Hati Tentang Kehidupan

Kata-kata sedih hati yang pertama yaitu ada kata-kata tentang kehidupan. Ya, dalam hidup kita tak selalu bisa merasakan sebuah kebahagiaan. Ada saja perasaan sedih hati yang dapat membuat kita merasa jatuh. Dan berikut ini beberapa kata-kata sedih hati tentang kehidupan yang mungkin bisa mewakili perasaan kalian:

1. "Sakit sekali rasanya ketika kamu sudah melakukan yang terbaik, tapi ternyata masih tidak cukup."

2. "Jangan khawatir akan hari esok kesusahan hari ini cukuplah hari ini."

3. "Ketika kamu merasa sangat terluka atas sikap orang lain, maka berdoalah kepada Allah agar kamu tidak berbuat seperti apa yang telah dilakukannya."

4. "Aku tidak tahu apakah tempatku benar-benar di sini. Aku tidak punya seorangpun untuk diajak bicara."

5. "Setiap kali orang bertanya padaku apakah aku baik-baik saja, hal ini semakin mengingatkan bahwa aku tidak baik-baik saja."

6. "Daripada tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoalah kepada Allah yang maha mengendalikan dan temukan kedamaian." - Dr. Bilal Philips

7. "Proses pendewasaan dalam hidup ini adalah melalui ujian-ujian yang terjadi dalam hidupmu."

8. "Bagiku, tidur bukanlah sekadar melepas lelah, melainkan sebuah pelarian."

9. "Bukan hal yang mudah melepaskan atau mempertahankan apa yang semula baik tiba-tiba berubah drastis menjadi amat buruk."

10. "Salah satu perlindungan dari kekecewaan adalah memiliki kesibukan." - Alain de Botton

11. "Aku berharap aku dapat memberikan rasa sakitku hanya untuk sesaat sehingga kamu dapat memahami betapa kamu menyakitiku." - Mohsen El- guindy

12. "Beberapa hari hanyalah hari yang buruk, itu saja. Kamu harus mengalami kesedihan untuk mengetahui kebahagiaan, dan saya mengingatkan diri saya sendiri bahwa tidak setiap hari akan menjadi hari yang baik, begitulah adanya!" - Dita Von Teese

13. "Air mata yang menetes untuk orang lain bukanlah pertanda kelemahan. Itu adalah tanda hati yang murni." - Jose N. Harris

14. "Banyak hal berubah. Dan teman-teman pergi. Hidup tidak berhenti untuk siapa pun." - Stephen Chbosky

15. "Rasa sakit berkeras saat dirawat. Tuhan berbisik kepada kita dalam kesenangan kita, berbicara dalam hati nurani kita, tetapi berteriak dalam kesakitan kita. Itu megafon-Nya untuk membangkitkan dunia yang tuli." - CS Lewis

16. "Sungguh menyakitkan melihat orang yang sangat kamu cintai, mencintai orang lain. Tapi, itu lebih menyakitkan ketika kamu mengetahui bahwa kamu hanyalah jembatan mereka untuk menyeberang ke orang yang mereka cintai."

17. "Menyedihkan mengetahui bahwa saya sudah selesai. Tapi, melihat ke belakang, saya punya banyak kenangan indah." - Bonnie Blair

18. "Kamu bertemu semua orang dua kali dalam hidup ini, saat mereka datang dan saat mereka pergi." - CC Aurel

19. "Selama ini cinta tidak mengenal kedalamannya sendiri sampai saat perpisahan." - Kahlil Gibran

20. "Tidak ada yang lebih buruk daripada ketika seseorang yang seharusnya mencintaimu, pergi begitu saja." - Ava Dellaira

21. "Kamu tidak pernah bisa mengontrol dengan siapa kamu jatuh cinta, bahkan ketika kamu berada di saat yang paling menyedihkan dan membingungkan dalam hidupmu. Kamu tidak jatuh cinta dengan orang lain karena mereka menyenangkan. Itu terjadi begitu saja." - Kirsten Dunst

22. "Biarlah jiwaku tersenyum melalui hatiku dan hatiku tersenyum melalui mataku agar aku dapat menyebarkan senyuman yang kaya di dalam hati yang sedih." - Paramahansa Yogananda

23. "Biarkan aku menyimpan bagian terakhir hatiku sebelum kau merobek semuanya." - Lykke Li

24. "Dinding yang kita bangun di sekitar kita untuk menahan kesedihan, juga menahan kegembiraan." - Jim Rohn

25. "Hal yang paling menyakitkan adalah kehilangan diri sendiri dalam proses terlalu mencintai seseorang, dan lupa bahwa kamu juga spesial." - Ernest Hemingway

2. Kata-Kata Sedih Hati Tentang Kisah Cinta

Kemudian yang selanjutnya yaitu ada kata-kata sedih hati tentang kisah cinta. Dalam sebuah kisah cinta tak selalu terasa bahagia saja, namun ada pula perasaan yang membuat hati merasa sedih. Dan berikut ini ada beberapa kata-kata sedih hati tentang kisah cinta yang mungkin dapat menyentuh hati kalian:

26. "Jika kamu melupakanku, aku mungkin kehilangan orang yang tidak peduli padaku, tapi kamu kehilangan orang yang sangat peduli padamu."

27. "Seandainya yang di sana bisa lebih mengerti bahwa cemburu dan curiga ini karena rindu, mungkin nggak setiap hari selalu bertengkar begini"

28. "Aku nggak akan marah dengan keadaan kita yang saling berjauhan, tapi yang membuat aku marah adalah sikap acuhmu itu."

29. "Mungkin jika tak ada jarak aku bisa mencintaimu lebih baik atau mungkin sebaliknya."

30. "Dan sampai saat ini pun belum ada usahamu untuk menghubungi. Apa kamu di sana sudah kecantol sama orang lain?

31. "Aku memang bukan orang yang mudah jatuh cinta, namun aku bukanlah orang yang mau mempermainkan rasa."

32. "Ingatlah bahwa di sini ada orang yang menunggu dengan ketulusan, ketika kita dipisahkan oleh jarak."

33. "Selama Allah beserta kita, apalah artinya bersedih hati, apalah artinya takut, dan apalah artinya cemas."

34. "Hanya berdoa yang bisa aku lakukan ketika rindu ini terlalu berat untukmu, dan aku berharap semoga kamu di sana selalu baik-baik saja."

35. " Aku tidak membenci jarak, yang aku benci adalah kabarmu yang tak kunjung hadir."

36. "Cinta yang didasari oleh ketulusan akan tetap bertahan sampai kapanpun, meskipun cinta tersebut tidak pernah bersatu."

37. "Mungkin aku tidak akan pernah kembali ketika aku sudah pergi dari kehidupan, bukan aku yang menginginkan tapi kamu yang ingin aku aku pergi."

38. "Kamu adalah orang yang tak tersentuh namun keberadaannya ada, seseorang yang tak terlihat, namun kerinduannya begitu melekat.

39. "Ya Rabb bantu tegarkan hatiku agar aku tidak mudah larut dalam kesedihan."

40. "Apa yang aku tulis itu semua adalah harapan. Berharap suatu saat kau bisa peka dengan perasaanku."

41. "Ketika kepercayaan dirusak, kata maaf sudah tak ada artinya lagi."

42. "Jika kau tidak bahagia denganku, maka setidaknya berbahagialah tanpa diriku." - Yoon Myeong Joo (Descendants of the Sun)

43. "Setelah seseorang menyakitimu, kamu sudah tidak sama lagi." - Curiano

44. "Aku ingin kembali ke waktu ketika kamu pertama kali memperkenalkan diri."

45. "Orang orang tidak menyadari ini, kesepian selalu dianggap remeh." - Tom Hansen (500 Days of Summer)

46. "Bagaimana mungkin kita saling jatuh cinta, namun ditakdirkan untuk tidak bersama?" Bernard Batubara

47. "Jika aku harus memberitahumu bagaimana cara mencintaiku atau memberitahu diriku sendiri, jaga cintamu dan jaga kata katamu." - Najwa Zebian

48. "Sejujurnya, aku merasa sangat bodoh karena mempertahankan sesuatu yang terus menerus menyakitiku."

49. "Cinta pada yang tidak mencintai. Berharap pada yang tidak pasti. Peduli pada yang tidak peduli. Sakitnya, waktu menyesal nanti." - Raditya Dika

50. "Aku akan menunggumu sampai datang hari di mana aku bisa melupakanmu atau sampai datang hari di mana kamu sadar kamu tak bisa melupakanku." - Herrryicm

3. Kata-Kata Sedih Hati yang Bijak

Kata-kata sedih hati yang lainnya yaitu ada kata-kata sedih hati yang bijak. Ya, kata-kata ini tak hanya dapat mewakili perasaan kalian yang sedang sedih saja, namun juga dapat menjadi sebuah nasihat bijak dalam kehidupan. Berikut ini beberapa kata-kata sedih hati yang bijak tersebut:

51. "Orang menangis bukan karena mereka lemah. Itu karena mereka terlalu tangguh untuk waktu yang lama." - Johnny Depp

52. "Tuhan, kumohon berikan kesabaran untuk menghadapi sakit hati yang amat mendalam ini dan rasa sedih yang amat mendalam ini."

53. "Aku ingin kembali ke waktu ketika kamu pertama kali memperkenalkan diri."

54. "Di balik senyuman adalah kesedihan."

55. "Jika kau tidak bahagia denganku, maka setidaknya berbahagialah tanpa diriku."

56. "Sukacita dan rasa sakit terbesar kita, datang dalam hubungan dengan orang lain."

57. "Aku mungkin menyesal mencintaimu untuk sementara. Tapi untukmu, kamu akan menyesal telah kehilangan diriku sepanjang hidupmu."

58. "Menunggu dua jam hanya untukmu tetapi akhirnya kenapa menjadi seperti ini. Kamu tidak menghargai hatiku dan kasih sayangku sama sekali."

59. "Orang-orang tidak menyadari ini, kesepian selalu dianggap remeh." - Tom Hansen, 500 Days of Summer

60. "Setelah seseorang menyakitimu, kamu sudah tidak sama lagi."

61. "Hari esok pasti ada, tetapi esok belum pasti untuk kita. Ingat-ingatlah untuk menghadapi esok yang pastikan datang."

62. "Bukannya hati ini tak sakit dan bukannya hati ini tak hancur, bukan pula hati ini tak perih, namun hanya kepasrahan yang mengiringi."

63. "Kadang-kadang dibutuhkan patah hati untuk membangunkan kita dan membantu kita melihat bahwa kita jauh lebih berharga daripada yang kita yakini." - Mandy Hale

64. "Aku menunggu hingga datang hari di mana aku bisa melupakanmu atau hari di mana kau menyadari kau tidak bisa melupakanku."

65. "Aku ingin mendengar saat kamu bilang 'aku sayang banget sama kamu', tetapi tak bisa lagi."

66. "Jika kamu tak tau apa yang kamu cintai, kamu hilang arah."

67. "Terkadang kau tak tahu betapa berartinya sesuatu sampai ia menghilang."

68. "Pundakku mungkin takkan selalu ada saat kamu bersedih dan menangis, tapi cintaku akan selalu ada untukmu."

69. "Aku berharap ada perban yang dapat kugunakan untuk menyembuhkan luka yang ada di hatiku."

70. "Dinding yang kita bangun di sekitar kita untuk menahan kesedihan, juga menahan kegembiraan." - Jim Rohn

71. "Karena pernah dicintai olehmu, aku jadi tidak bisa merasakan cinta orang lain." - You're the Apple of My Eyes

72. "Kalaupun aku jatuh cinta dengan orang lain, perasaan itu tidak akan pernah sama ketika aku mencintaimu."

73. "Tau Banjarnegara? Banyak janji kau umbar, tapi kau pergi tanpa bicara." - Wira Setianagara

74. "Lagi dan lagi, kau aku maafkan. Aku kau manfaatkan." - Fiersa Besari

75. "Mencintaimu sama dengan berperang; dan aku tidak akan pernah melakukannya lagi." - Warsan Shire

4. Kata-Kata Sedih Hati Tentang Rasa Kecewa

Rasa kecewa memang menjadi sebuah perasaan yang dapat membuat hati merasakan kesedihan mendalam. Dan berikut ini ada beberapa kata-kata sedih hati yang mungkin dapat mengungkapkan perasaan kecewa kalian:

76. Terkadang, ketika kamu kecewa, itu membuatmu lebih kuat."

77. "Keberhasilan terbaik seseorang datang setelah kekecewaan terbesar mereka."

78. "Jika aku bertemu dengan kekecewaan, semakin cepat aku mengetahuinya, semakin banyak kehidupan yang harus aku hilangkan."

79. "Jangan biarkan kekecewaan menghancurkan harapan. Sesungguhnya, Tuhan menyukai hambanya yang berdoa dalam harapan, meski pernah dikecewakan."

80. "Dalam hidup, jika kamu mampu belajar tuk lebih menerima daripada terlalu berharap, kamu akan memiliki lebih sedikit kekecewaan."

81. "Bahkan para penemu handal nan ternama harus mengalami belasan, puluhan hingga ribuan kali percobaan gagal sebelum menemukan titik sukses."

82. "Sungguh luar biasa mengetahui ada seseorang yang bisa menghancurkan hatimu dan kau tetap mencintainya dengan serpihan-serpihan itu."

83. "Kuharap kamu terus mengingat jika titik tertinggi dari kekecewaan adalah tidak peduli lagi sama sekali."

84. "Menyedihkan ketika kamu menyadari bahwa kamu tidak sama pentingnya dengan seseorang seperti yang kamu kira sebelumnya."

85. "Aku mungkin terlihat baik-baik saja, tapi aku sama sekali tak merasa begitu."

86. "Kekecewaan adalah kesedihan yang indah, akhir yang pas untuk kisah cinta dan harapan yang tragis."

87. "Pelangi hanya terjadi saat hujan turun. Ketabahan hanya terbentuk saat luka menusuk jiwa."

88. "Walaupun kau sering melukai hatiku, sering membuatku kecewa, dan walaupun kau tidak menerima cintaku, izinkanlah aku untuk selalu mencintaimu hanya bisa tersenyum meskipun kecewa."

89. "Sakit memang sakit rasanya, kecewa memang kecewa yang kudapatkan, tetapi akulah yang memilih untuk mencintaimu."

90. "Kehilangan seseorang yang kita cinta memang sangat menyakitkan, tapi itu bukan akhir segalanya, kita bisa bahagia meski tanpa dia."

91. "Benar pepatah bijak mengatakan, lebih baik banyak musuh dan nyata, daripada punya satu teman yang selama ini kita percaya ternyata musuh dalam selimut."

92. "Kekecewaan hanyalah cara Tuhan untuk mengatakan 'Aku punya sesuatu yang lebih baik'. Sabar, jalani hidup, miliki iman."

93. "Jangan terlalu berharap pada seseorang, karena ketika dia tak mampu memenuhi harapanmu, kekecewaan akan hiasi harimu."

94. "Orang yang hidup penuh dengan rasa syukur jarang merasa kecewa apalagi putus asa."

95. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

96. "Kunci hidup bahagia adalah Jalani, Nikmati dan Syukuri."

97. "Menghilangkan sifat dengki pada diri kita akan membantu kita menuju kesuksesan baik dunia maupun akhirat."

98. "Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

99. "Ingatlah bahwa terkadang tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, dapat menjadi hal terbaik untukmu."

100. "Kuatkan dirimu untuk melepaskan dan cukup bijaksana untuk menunggu apa yang pantas kamu dapatkan."

5. Kata-Kata Sedih Hati yang Islami

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata sedih hati yang Islami. Kata-kata ini tak hanya dapat membuat hati kalian merasa lebih baik, namun kata-kata sedih hati yang Islami ini pun dapat menjadi sebuah nasihat yang bijak. Berikut ini beberapa kata-kata sedih hati yang Islami tersebut:

101. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." - HR Bukhari dan Muslim

102. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS. At-Taubah: 40

103. "Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati."

104. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." - Ali Bin Abi Thalib

105. "Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di mana pun kamu berada, Allah Maha Tahu."

106. "Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan ada di tangan Allah."

107. "Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati." - QS. Ali Imran: 13

108. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan; tingkatkan kualitas salatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Alquran, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta. -Mufti Ismail Menk

109. "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - QS. Al-Insyirah: 5-6

110. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah.

111. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." - QS. Yusuf: 86

112. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah, dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah." - Dr. Bilal Philips

113. "Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran.

114. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

115. "Ketahuilah bahwa sabar diibaratkan kepala dari tubuh seseorang. Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuh orang tersebut akan membusuk (mati). Sama halnya dengan jika kesabaran seseorang telah hilang, maka semuanya akan rusak." - Ali bin Abi Thalib.

116. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia." - Mufti Ismail Menk

117. "Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu."

118. "Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

119. "Salah satu tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati, karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

120. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang diuji dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat."

121. "Jika sesuatu di hadapanmu membuatmu takut dan sesuatu di belakangmu membuatmu sakit, maka lihatlah ke atas. Allah tidak pernah gagal untuk menolongmu."

122. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi." - Imam Syafii

123. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

Itulah kata-kata sedih hati yang menyentuh dan penuh makna. Kata-kata sedih hati ini pun bisa menjadi sebuah ungkapan untuk perasaan mendalam kalian.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI