15 Cara Minum Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan, Nggak Boleh Asal-asalan!

Selasa, 18 Juni 2019 16:18 Penulis: Editor KapanLagi.com
15 Cara Minum Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan, Nggak Boleh Asal-asalan!
Ilustrasi teh hijau (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Tanpa kita sadari teh hijau memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh kita. Mungkin jika meminum sekali dua kali saja tidak akan memberi efek apa-apa. Lain halnya ketika kamu meminum teh hijau setiap harinya. Pasti kamu dapat merasakan efek yang baik bagi tubuh kamu. Salah satunya adalah menurunkan berat badan. Singkat saja, kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau ini yang nantinya akan melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga proses pencernaan perut pun jadi lancar.

Meminum teh hijau ternyata nggak bisa secara sembarangan loh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini karena manfaat teh hijau yang luar biasa bagi tubuh, sehingga untuk mendapatkan manfaat itu cara menyeduh nya pun harus dalam prosedur yang benar dan tepat. Supaya teh hijau yang kita konsumsi tidak sia-sia hanya karena cara membuat dan cara meminumnya yang salah. Dilansir dari Liputan6.com, Nurul Manikam, seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa cara penyeduhan teh hijau dapat memengaruhi dampak teh hijau itu sendiri kepada tubuh kita. Menurutnya penyeduhan teh hijau yang baik dan benar adalah dengan tingkat kepekatan yang pas, tanpa gula, dan lamanya penyeduhan pun sangat diperhatikan.

Nah agar tidak salah kaprah saat mengonsumsi teh hijau yang dapat secara efektif menurunkan berat badan kamu, yuk intip 15 cara meminum teh hijau untuk menurunkan berat badan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber seperti doktersehat, wikihow dan bacaterus.com.

1. Minum Teh Hijau Tanpa Gula

Ilustrasi teh hijau tanpa gula (credit: Shutterstock)Ilustrasi teh hijau tanpa gula (credit: Shutterstock)

Cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah dengan tidak memberikan campuran apapun ke dalam teh hijau, termasuk juga gula. Karena pada dasarnya teh hijau memiliki rasa khas nya sendiri dan jadi nggak terasa jika diberi tambahan. Tak hanya itu, seperti dilansir dari bacaterus.com, penambahan gula atau bahan lainnya ke dalam teh hijau akan membuat teh hijau kelebihan kandungan kalori nya. Maka dari itu akan lebih baik jika kamu minum teh hijau tanpa bahan tambahan apapun.

2. Cari Teh Hijau Dengan Bahan Alami/ Merk Berkualitas

Jangan salah memilih teh hijau ya. Kamu harus pandai memilih merk teh hijau yang berkualitas. Lebih baik kamu cek ingredients kemasan teh hijau sebelum kamu membelinya. Pastikan kamu memilih teh hijau yang hanya mengandung bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan. Ada lagi satu tips buat kamu, pastikan kamu membeli teh hijau dari daun teh asli. Artinya tidak dalam kemasan bubuk. Biasanya semakin berkualitas teh hijau, harganya akan semakin mahal. Namun sekali lagi, kamu harus benar-benar memastikan sebelum membelinya.

3. Sajikan Disaat Panas (Suhu Hangat)

Ilustrasi menuang teh hijau (credit: Shutterstock)Ilustrasi menuang teh hijau (credit: Shutterstock)

Seperti yang telah dikatakan oleh ahli gizi, Nurul Manikan dikutip dari Liputan6.com, setelah diseduh teh hijau tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Karena akan menyebabkan teh hijau teroksidasi. Bahkan menurut beliau harus langsung diminum (hangat) supaya tubuh dapat secara langsung merasakan dampaknya. Untuk lebih jelasnya, teh hijau dengan daun teh asli sebaiknya diseduh dengan air panas bersuhu 80 sampai 90 derajat celcius. Jika terlalu panas mungkin kamu bisa menunggu nya sebentar selama 2 sampai 4 menit hingga agak hangat. Baru setelah itu kamu bisa meminumnya. Perlu diingat bahwa untuk teh hijau, kamu harus meminum sampai habis. Artinya jangan ditinggalkan sampai tersisa.

4. Tidak Lebih Dari Enam Bulan

Jika usia teh hijau yang kamu minum lebih dari enam bulan, maka kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau akan hilang. Sehingga bisa dikatakan teh hijau kamu menjadi tidak berkhasiat. Maka dari itu, tetap perhatikan penggunaan the hijau ini ya guys. Cara minum teh untuk menurunkan berat badan yang satu ini selain pagi hari setelah sarapan adalah siang hari setelah seharian beraktivitas dan juga saat malam hari setelah makan malam

5. Minum Teh Setiap Hari dan Jadikan Sebagai Kebiasaan

Ilustrasi minum teh hijau(credit: Shutterstock)Ilustrasi minum teh hijau(credit: Shutterstock)

Banyak orang percaya bahwa teh hijau baiknya diminum 3 sampai 6 kali sehari. Juga waktu yang baik untuk minum teh hijau ini adalah saat pagi hari setelah sarapan. Karena jika dikonsumsi sebelum sarapan atau dalam kondisi perut yang kosong akan menimbulkan asam lambung. Cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan selain pagi hari setelah sarapan adalah saat siang hari setelah seharian beraktivitas dan saat malam hari setelah makan malam.

6. Minum Teh Untuk Penahan Lapar

Konon, jika kamu rutin mengonsumsi teh hijau ini setiap harinya maka akan menghindarkan kamu dari rasa lapar. Jadi jika kamu doyan ngemil sebelumnya, kemungkinan besar kamu tidak  akan merasakan rasa lapar lagi seperti biasanya. Penasaran? cobain aja. Mungkin itulah mengapa teh hijau ini disebut baik untuk menurunkan berat badan guys. Karena kebiasaan nggak ngemil inilah yang nantinya secara nggak langsung bisa membantu menurunkan berat badan kamu.

7. Minum Teh Hijau Sebelum Makan

Selanjutnya, tips cara minum teh hiijau untuk menurunkan berat badan lainnya adalah minum teh hijau 30 menit sebelum makan. Karena diyakini bisa mengurangi rasa lapar kamu. Kamu akan merasa kenyang jika meminum teh 30 menit sebelum makan setiap harinya. Banyak yang percaya jika kamu melakukan cara ini setiap harinya maka porsi makan kamu akan berkurang karena sudah kenyang sebelum makan.

8. Konsumsi Dalam Porsi Yang Cukup

Cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi teh hijau secara berlebihan. Hanya karena memilki khasiat yang luar biasa bagi tubuh, namun bukan berarti kamu bisa berlebihan mengonsumsinya. Oleh karena itu tetap patuhi aturan minum teh hijau yang sewajarnya ya yaitu sebanyak 2 sampai 3 kali saja dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menghindari kandungan antioksidan yang berlebihan dalam tubuh, yang nantinya mengakibatkan gangguan kesehatan.

9. Konsumsi Teh Hijau Saat Olahraga

Ilustrasi minum teh saat olahraga (credit: Shutterstock)Ilustrasi minum teh saat olahraga (credit: Shutterstock)

Asal kamu tahu, salah satu cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan yang tidak kalah efektif adalah minum teh pada saat atau setelah berolahraga. Ini karena senyawa aktif yang ada pada teh hijau seperti epigalokatekin galat, dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan memecah hormon norepinefrin dalam tubuh sehingga dapat menghancurkan lemak dan memindahkannya ke darah. Akibatnya lemak di tubuh kamu akan berkurang.

10. Mengonsumsi Teh Hijau Sebelum Tidur

Ada beberapa orang yang tidak menganjurkan kamu minum teh hijau saat malam hari sebelum tidur. Karena kandungan kafein pada teh hijau ini dapat menyebabkan kamu jadi susah tidur nantinya. Akan tetapi, menurut doktersehat, minum teh hijau sebelum tidur justru sangat baik untuk proses metabolisme tubuh ketika tidur karena metabolisme tubuh akan bekerja dengan maksimal sehingga dapat menurunkan berat badan. Jadi lakukan yang kamu yakini saja ya.

11. Imbangi Dengan Makan-Makanan Yang Sehat

Ini artinya cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan tidak melulu berkaitan dengan teh hijau saja. Tetapi juga makanan yang kita makan. Ada baiknya kita yang sudah berkomitmen untuk menurunkan berat badan dengan cara minum teh hijau juga menjaga pola makan yang sehat. Karena akan sia-sia jika mengonsumsi teh hijau namun tidak diimbangi dengan mengonsumsi makan-makanan yang sehat 

12. Jangan Mengandalkan Teh Hijau Di Restoran

Kamu bisa saja mengonsumsi teh hijau yang ada di restoran. Tapi asal kamu tahu, tidak seperti di Jepang, di restoran Indonesia teh hijau yang dijual justru tidak memberi efek apa-apa. Karena biasanya restoran Jepang yang ada di Indonesia menyeduh teh hijau dalam ceret yang berukuran besar sehingga menyebabkan teh hijau menjadi encer. Sedangkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teh hijau baiknya diseduh dalam keadaan pekat.

13. Nikmati Setiap Tegukan 

Mungkin ada sebagian dari kalian yang belum mengetahui tips ini sebelumnya. Yaps cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan menikmati setiap tegukan teh. Hal ini menjadi sangat penting bagi tradisi meminum teh di jepang karena meminum teh bisa dilakukan untuk merileks kan diri dengan bermeditasi. Secara otomatis rasa tenang akan timbul ketika minum teh dengan cara ini.

14. Tetap Minum Teh Saat Dalam Perjalanan

Supaya kebiasaan minum teh kamu tidak tertunda meskipun hanya satu hari saja. Tetaplah minum teh hijau kemanapun kamu pergi. Caranya adalah dengan membawa termos dan teh hijau kamu. Bisa saja jika kamu tidak melanjutkan kebiasaan ini, keinginan kamu untuk ngemil dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat jadi timbul lagi. Akhirnya kamu memulai kebiasaan meminum teh hijau dari nol lagi.

15. Mudahkan Proses Dalam Menyeduh Teh Hijau

Buat kamu yang belum pernah menyeduh teh hijau sebelumnya mungkin akan bingung tentang gimana cara menyeduh teh hijau yang benar. Bisa saja saking bingungnya proses menyeduh teh kamu akan ribet dan makan waktu. Makanya ikuti cara ini. Caranya sediakan kettle listrik. Dengan kettle listrik ini nantinya akan memudahkan kamu untuk menyeduh teh hijau. Kamu hanya perlu mengisi kettle dengan air kemudian memasukkan teh hijau sesuai takaran.

Jadi setelah ini kamu sudah tahu kan gimana caranya mengonsumsi the yang benar dan tepat supaya bisa menurunkan berat badan kamu dengan maksimal. 15 Cara minum teh untuk menurunkan berat badan tadi adalah tips buat kamu sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI