12 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Mudah Banget Caranya

Selasa, 21 Mei 2019 14:08 Penulis: Editor KapanLagi.com
12 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Mudah Banget Caranya
ilustrasi diet (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Siapa sih yang enggak ingin memiliki tubuh ideal? Memiliki tubuh yang ideal pastilah menjadi impian sebagian besar orang, terutama bagi perempuan. Bukan hanya dapat menunjang penampilan, memiliki tubuh ideal juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Karena itu, banyak hal yang biasanya dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satu caranya yakni dengan menurunkan berat badan atau berdiet. Hal ini lah yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang demi mencapai tubuh yang ideal. Salah satu cara diet yang biasanya dilakukan yaitu dengan berolahraga. Selain sehat untuk tubuh, olahraga juga dapat membakar lemak yang dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Tapi jika kamu adalah tipe orang yang kurang menyukai olah raga tapi sedang ingin menurunkan berat badan, jangan khawatir, kamu masih tetep bisa lho menurunkan berat badan tanpa olahraga. Bagaimana caranya? Yuk simak 12 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang dilansir dari beberapa sumber di bawah ini.

1. Makan dengan Porsi yang Lebih Sedikit

ilustrasi makan dengan porsi sedikit (credit: shutterstock)ilustrasi makan dengan porsi sedikit (credit: shutterstock)

Cara pertama yang juga cukup banyak diterapkan kebanyakan orang untuk mengurangi berat badan yakni dengan mengubah porsi makan menjadi lebih sedikit. Banyak manfaatnya lho jika kita makan dengan porsi yang lebih sedikit diantaranya dapat membuat berat badan kita stabil, meningkat energi dalam tubuh dan juga mencegah sembelit. Selain itu, makan dengan porsi yang kecil dapat mengurangi risiko kita terkena obesitas dan diabetes.

Meskipun mengurangi porsi makan, kamu tetap bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Tak hanya sehat, kamu juga bisa merasa kenyang lebih lama.

2. Konsumsi Banyak Protein

Jika kamu ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga, salah satu cara yang bisa kamu coba yakni dengan mengonsumsi banyak protein. Salah satu zat gizi ini dapat berfungsi meningkatkan perasaan kenyang dan menahan nafsu makan sehingga dapat membantumu mengurangi kencenderungan makan secara berlebihan. Protein sendiri banyak terdapat pada ikan, telur, ayam, dan juga kacang-kacangan.

3. Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat

ilustrasi makanan kaya serat (credit: shutterstock)ilustrasi makanan kaya serat (credit: shutterstock)

Selain banyak mengonsumsi protein, mengonsumsi makanan yang mengandung serat juga tak kalah penting untukmu yang ingin menurunkan berat badan. Cara yang satu ini juga tergolong efektif karena makanan yang mengandung serat, sama halnya dengan protein, dapat membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama namun dengan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan makanan lainnya. Beberapa makanan yang mengandung serat diantaranya yakni oatmeal, sayuran, buah-buahan, sereal gandum dan juga kacang-kacangan.

4. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Bukan hanya disarankan karena baik untuk kesehatan, mengunyah makanan secara perlahan juga bisa lho menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan bagi kamu yang kurang suka atau malas berolahraga. Dengan makan secara perlahan, kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Seperti yang dilansir dalam alodokter, dengan makan secara perlahan berarti memberi kesempatan pada tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa lambung telah terisi penuh. Makan secara perlahan juga merupakan salah satu cara termudah dan tak perlu mengeluarkan ekstra tenaga untuk menurunkan berat badan.

5. Makan Dengan Piring yang Kecil

Salah satu trik yang bisa membantumu menurunkan berat badan yakni dengan menggunakan piring berukuran kecil untuk makanan yang kurang sehat dan juga sebaliknya, gunakan piring yang besar untuk makanan yang sehat. Hal itu merupakan trik untuk otak karena dengan menggunakan piring yang lebih kecil, makanan akan terlihat lebih banyak. Sehingga secara tak langsung dapat mengurangi kita untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Selain itu, seperti yang dilansir dalam detikhealth, berdasarkan penelitian yang dilakukan America's Cornell University, makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan sebesar 2 pound atau 0,9 kg per bulan. Karena dengan makan menggunakan piring yang kecil akan memberikan isyarat pada otak jika kita sudah kenyang dengan sepiring makanan. Hal ini dapat membantu kita mengontrol asupan makanan yang kita konsumsi.

6. Hindari Makan Sambil Menonton TV atau Main HP

ilustrasi makan sambil bermain handphone (credit: shutterstock)ilustrasi makan sambil bermain handphone (credit: shutterstock)

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yakni hindari makan sambil menonton TV atau main HP. Saat makan, ada baiknya jika kita tidak sambil melakukan hal yang lainnya karena terkadang jika makan dibarengi dengan hal lain akan membuat kita lebih fokus ke hal itu dan tak sadar sudah berapa banyak makanan yang telah kita makan. Selain itu, jika kita makan tidak dengan konsentrasi yang penuh, akan membuat kita cepat merasa lapar lagi. Dengan makan sambil menonton TV atau bermain HP akan membuat konsentrasi kita terganggu sehingga memberikan perasaan kenyang lebih lama. Terlebih, konsentrasi dan daya ingat dapat membantu untuk mengontrol nafsu makan.

7. Konsumsi Banyak Air Putih

Selanjutnya, dengan banyak mengonsumsi air putih juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan lho. Seperti yang telah kita tau, minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat mengurangi berat badan. Air putih sendiri dapat membantu kita merasa lebih kenyang apalagi jika kita minum sebelum makan. Hal ini akan sangat efektif untuk mengontrol porsi makan kita.

8. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan juga sangat berpengaruh lho untuk menurunkan berat badan. Dengan mengatur pola makan, dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif disamping juga baik untuk kesehatan tubuh. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji seperti junk food dan juga makanan yang manis karena makanan tersebut banyak mengandung lemak dan kalori yang tinggi sehingga bisa menaikkan berat badanmu. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang baik untuk tubuh juga tak kalah penting.

9. Cukup Tidur

ilustrasi tidur (credit: shutterstock)ilustrasi tidur (credit: shutterstock)

Tidur yang cukup juga dapat membantumu menurunkan berat badan karena saat tubuh kita mendapatkan istirahat yang cukup, metabolisme dalam tubuh akan bekerja dengan baik selain juga kita dapat terhindar dari rasa lapar pada malam hari. Selain itu, seperti yang dilansir dalam alodokter, kekurangan waktu tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus berat badan, terlebih jika ditambah dengan stress. Jadi, tidur yang cukup itu juga penting ya, terlebih buat kamu yang sedang berdiet.

10. Aktif bergerak

Cara menurunkan berat badan lainnya yang tanpa kita sadari yakni dengan aktif bergerak. Aktif bergerak bukan selalu berarti harus olah raga ya. Kita bisa tetap aktif bergerak kok tanpa olahraga seperti contohnya membersihkan rumah atau menaiki tangga. Membawa barang belanja pun juga bisa membakar kalori. Melakukan kegiatan sehari-hari tanpa kita sadari juga bisa menjadi satu cara untuk menurunkan berat badan dengan mudah tanpa harus berolah raga.

11. Hindari Stress

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan menghindari stress. Stress ternyata juga bisa lho memicu berat badanmu menjadi naik. Seperti yang dilansir dalam klikdokter, ketika seseorang mengalami stress, tubuh akan menghasilkan hormon glukokortikoid yang mana jika hormon ini berlebih akan dapat meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga bisa menaikkan berat badan. Nah, jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan sebisa mungkin hindari stress ya atau jika kamu sedang mengalami stress, kamu bisa melampiaskannya ke hal yang lain selain makanan seperti dengan meditasi atau pun yoga.

12. Jauhkan Makanan Tidak Sehat dari Pandangan

ilustrasi menjauhkan makanan tidak sehat (credit: shutterstock)ilustrasi menjauhkan makanan tidak sehat (credit: shutterstock)

Terakhir, menjauhkan makanan yang tak sehat dari pandangan adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Kadang tanpa sadar kita menaruh makanan yang tak sehat, seperti makanan yang manis-manis misalnya dalam jangkauan mata dan mudah dijangkau juga, hal ini akan membuat kita tergiur untuk memakannya terus menerus. Alhasil, tanpa kamu sadari hal itu bisa menaikkan berat badanmu. Nah, maka dari itu mulai sekarang kamu bisa meletakkan makanan-makanan seperti itu di dalam lemari makanan atau di tempat yang jauh dari jangkauan mata ya agar tidak tergoda untuk selalu memakannya.

Menurunkan berat badan tanpa olahraga bukanlah hal yang mustahil. Tanpa kita sadari ternyata banyak hal sederhana dalam sehari-hari yang bisa kita lakukan lho untuk menurunkan berat badan. Namun tetap aja, konsisten dan kesabaran menjadi kunci utama jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat dan maksimal. Nah, siap menurunkan berat badanmu hari ini?

Penulis: Devi Puspita

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI