15 Fakta Unik Game Arena of Valor (AOV), Yuk Download dan Mainkan

Senin, 26 November 2018 16:02 Penulis: Editor KapanLagi.com
15 Fakta Unik Game Arena of Valor (AOV), Yuk Download dan Mainkan
http://toolsandtoys.net

Kapanlagi Plus - Siapa nih disini yang termasuk gamers? buat kamu parra gamers pasti udah nggak asing lagi kan sama yang namanya game MOBA bernama AOV? Yaps! Arena of Valor, atau yang lebih dikenal sebagai AOV, adalah permainan player-vs-player (PVP) online yang bisa kamu mainkan secara gratis di smartphone loh.

Nah, mungkin selama ini yang kamu tahu tentang AOV hanyalah game berantem, adu jurus, dan saling rebut tower. Padahal, masih ada lho fakta-fakta menarik di balik permainan yang berhasil menarik minat jutaan pengguna dari seluruh dunia ini.

Penasaran kan? Berikut 15 Fakta Unik Game Arena of Valor (AOV) yang perlu kamu ketahui.

1. Mobile Game Dengan Pendapatan Paling Tinggi Di Dunia

Meskipun ada banyak game PVP online lain di pasaran, namun AOV berhasil menjadi game PVP yang memiliki pendapatan tertinggi lho. Di tahun 2017 saja, AOV berhasil meraih keuntungan hingga USD1,76 miliar. Kira-kira, berapa triliun rupiah itu ya? Wah, gak kebayang deh.

2. Masing-masing Hero Memiliki Kisah Perjalanan Yang Sangat Heroik

AOV memiliki sedikitnya 67 hero yang bisa kamu mainkan.
Masing-masing hero ini memiliki jurus atau skill andalan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu loh.
Selain memiliki penampilan yang keren, para hero ini juga memiliki kisah yang menarik lho. Misalnya saja hero Liliana yang memiliki cerita yang sangat inspiratif.
Liliana adalah hero yang mampu berubah wujud menjadi rubah ekor sembilan yang sangat anggun dan memiliki keingintahuan yang besar loh guys.
Besarnya rasa keingintahuan ini membuat Liliana ingin bergabung dengan kaum manusia sebagai mata-mata untuk mengumpulkan semua informasi yang bisa membantu Empirical Army.
Selain itu, Liliana merupakan hero yang tangguh dengan berbagai skill yang siap membuat kamu menjuarai game AOV.

3. Satu-satunya Game Yang Menjadi Official Demonstration Sport Asian Games 2018

Hal yang unik dari Asian Games 2018 ini adalah diperlombakannya eSport yang diikuti oleh kontingen dari berbagai negara. Saat ini pun ada enam game yang diperlombakan. Namun hanya AOV yang menjadi Official Demonstration Sport Asian Games 2018, Official Demonstration Sport adalah olahraga yang dimainkan untuk mempromosikan cabang olahraga dalam sebuah ajang perlombaan bergengsi. Artinya, AOV telah resmi dipilih untuk mempromosikan cabang olahraga eSport di Asian Games 2018 ini.
Wajar saja sih, karena memang AOV dimainkan hingga 80 juta pengguna setiap harinya guys.

4. Ada Hero Baru Asli Indonesia, Wiro Sableng!

Beberapa waktu lalu, AOV telah menambahkan hero dari DC Comics seperti Batman, Superman, Flash, dan Wonder Woman.
Selain hero internasional, kamu juga bisa bermain AOV menggunakan hero legendaris asli Indonesia yang super kocak. Yap! Betul banget, kamu bisa menggunakan hero Wiro Sableng lengkap dengan Kapak Naga Geni 212 andalannya mulai 28 Agustus 2018 sampai 30 September 2018 secara permanen dan gratis guys.

5. Terdapat 2 Jenis Pertempuran Yaitu Ranked Match dan Quick Match

Dalam games AOC terdapat 2 arena pertempuran yang bisa kamu pilih loh, yaitu dengan memperhatikan ranking (ranked match) dan pertempuran acak (quick match).
Pertempuran acak sendiri masih dibedakan menjadi grand battle, valley skirmish, hook wars, abyssal clash, solo battle dan death match. Di mana semua bisa dimainkan kapan saja kecuali hook wars yang hanya bisa dimainkan saat weekend tiba.

6. Terdapat Berbagai Variasi Room-chat

Tentu akan terasa bosan jika bermain suatu game tanpa adanya komunikasi dengan pemain lain bukan? Arena of Valor menyediakan ruang untuk mengobrol yang dikelompokkan menjadi 3 yaitu obrolan umum, teman dan regional yang dipilih oleh pemain.
Selain untuk chat, dalam ruang obrolan akan ada undangan untuk bermain bersama., sehingga akan memudahkan dan lebih efisien waktu untuk membentuk tim.

7. Terdapat Event Yang Menarik Setiap Harinya

Untuk menarik minat pengguna gamer, terutama gamers, AOV mengadakan event yang berbeda untuk setiap bulannya loh. Mulai dari event mendapatkan Hero secara gratis, mendapatkan item-item yang menarik dan lain-lain. Bahkan saat ini AOV mengadakan event dengan hadiah smartphone merk tertentu. Tak tanggung-tanggung AOV juga mengadakan event berhadiah uang tunai sebesar 7 milliar rupiah. Wow!

8. Rata-Rata Pemainnya Adalah Perempuan

Mendengar tulisan di atas mungkin Anda sedikit merasa heran bukan? Bagaimana bisa game yang menawarkan konsep pertarungan di suatu arena dengan saling membunuh dan menghancurkan pertahanan tim lain ini banyak dimainkan perempuan walau game seperti ini normalnya dimainkan untuk laki-laki.
Tapi dari faktanya memang demikian. Dari total keseluruhan pemain Arena of Valor, 54% pemainnya merupakan Perempuan. Sangat menarik bukan?

9. Dapat Dimainkan Di Nintendo Switch

Sifat tidak mudah puas memang layak disandang oleh Tencent sebagai developer terbaik game asal China. Sudah terkenal di mobile tak membuatnya berhenti sampai di situ. Kini AOV juga siap dimainkan di konsol Nintendo Switch loh.
Bahkan grafis yang disajikan akan terlihat semakin memukau sehingga kamu para gamers akan semakin betah ketika memainkannya. Ditambah lagi akan ada fitur terbaru yang disediakan di dalamnya mode “Hook War Mode” yang akan berfungsi untuk menyempurnakan ‘motion control' pada Joycon di Nintendo Switch.
Tentu menambah akan seru ketika memainkannya bukan?
Dengan tersedianya di Nintendo Switch inilah yang membuat Garena AOV unggul dari pesaing utamanya di moba mobile yaitu Mobile Legends.

10. Target Utama untuk Pasar Global

Sukses di pasar China dan beberapa kawasan Asia lainnya tidak membuat Tencent sebagai developer berpuas diri. Pembenahan terus dilakukan agar permainan 5 vs 5 ini banyak di terima di negara lain. Bahkan kabarnya pihak terkait siap melakukan penyesuaian mengenai beberapa hero agar negara lain lebih nyaman dalam memainkannya.
Perlu diketahui bahwa banyak heronya berasal dari mitologi China. Jika ada penyesuaian maka akan mudah diterima negara lain, seperti dari sumber mengatakan jika Arena of Valor versi Amerika tidak memakai karakter hero dari mitologi China melainkan diganti dengan karakter superhero seperti Komik DC.

11. Dapat Sebutan Racun

Tahun 2017 lalu bisa dibilang menjadi mimpi buruk bagi AOV, Beberapa kasus terungkap ke publik bahkan korbannya anak di bawah umur, yaitu pada seorang gadis yang baru berusia 11 tahun ketahuan mencuri 100,000 Yuan atau sekitar Rp 200 juta dan seorang siswa yang baru berusia 13 tahun nekat melompat dari sebuah gedung kabarnya diomelin terus karena terlalu sering bermain.
Tak ayal banyak media di China menyebut bahwa permainan yang satu ini sangat berbahaya.
Kasus ini juga membuat Tencent mengalami kerugian cukup besar sebesar USD 17,5 miliar disebabkan saham AOV yang menurun cukup drastis sebesar 5,1%. Karena kasus tersebut kini di China menetapkan aturan batas waktu bermain agar kasus serupa tidak terulang lagi.

12. Memiliki Nama Yang Berbeda Dari Berbagai Negara

Dulunya Arena of Valor (AOV) ternyata memiliki nama lain yang banyak loh, sebut saja Arena Realm of Valor dari Thailand, Honor of King dari China, Penta Storm dari Korea Selatan, Strike of Kings dari Eropa, dan Mobile Arena dari Indonesia.
Dikarenakan penamaan yang terlalu banyak di game, mungkin dapat membuat kebingungan untuk sebagian orang maka Tencent selaku publisher utama dari game moba ini mengusulkan pergantian nama yang bakal diterapkan pada semua negara dengan tujuan mempermudah orang untuk mengenalinya, yah dapat dikatakan biar ada “brand” tetapnya.
Kerennya lagi pada tanggal 3 Agustus 2017, Indonesia resmi menjadi negara pertama yang mendapat kesempatan untuk mengubah nama dan logo in-game dari Mobile Arena menjadi Arena of Valor.

13. Kolaborasi Dengan DC Comics

AOV merupakan satu-satunya moba yang berkolaborasi dengan superhero DC Comics dan berlisensi pula. Adapun hero-hero yang dimunculkan seperti Batman, Joker, Wonder Woman, Superman dan Flash. Jadi jangan heran kalau sering mendengar sindiran “MOBA KOK BATMAN!”.

14. Bekerjasama Dengan Dubber Terkenal

Skin Ryoma Bloodthirst memiliki efek dimana saat dipakai, akan mengubah voice dari hero Ryoma tersebut. Spesialnya adalah Kazuya Nakai lah yang menjadi dubbernya.
Untuk yang belum kenal Kazuya Nakai, dia adalah dubber anime kondang di Jepang dan salah satu karakter anime populer yang di dubbing oleh Kazuya Nakai adalah Roronoa Zoro dari One Piece.

15. Mode Permainan Yang Beragam

Nggak hanya seru, ternyata AOV juga memastikan para pemainnya agar tidak merasda bosan sama permainannya loh guys. Hal tersebut dilihat dari AOV menyediakan beragam pilihan mode permainan yang menarik dan khas. Pertama, ada Grand Battle yang jadi arena utama AoV, dimana sistem mode ini sama kayak sistem Dota 2 maupun Mobile Legend, yaitu adu cepat antara lima hero dari masing-masing tim untuk menghancurkan markas musuh. Kedua, ada Hook Wars, yaitu arena dengan misi menguasai zona kontrol dengan nempatin sebanyak mungkin anggota tim sekaligus mempertahankannya. Ketiga adalah Abyssal Clash, arena untuk pertandingan deathmatch dan yang terakhir adalah Valley Skirmish, yaitu arena pertarungan 3vs3 dalam satu lane. Terakhir adalah Solo Battle, yaitu mode pertarungan satu lawan satu.

Itulah ulasan mengenai daya tarik yang dimiliki AOV. Jadi, udah download game ini belum?

Novi Hardita Larasati

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI