15 Wisata Kuliner Malam Jogja yang Punya Kenikmatan Hakiki, Dijamin Bikin Nagih!

Rabu, 12 Februari 2020 10:25 Penulis: Wuri Anggarini
15 Wisata Kuliner Malam Jogja yang Punya Kenikmatan Hakiki, Dijamin Bikin Nagih!
©Shutterstock


Kapanlagi Plus - "Ramai kaki lima menjajakan sajian khas berselera

Orang duduk bersila"

Potongan lirik lagu Yogyakarta karya salah satu band legendaris di Indonesia, Kla Project, memang paling tepat menggambarkan suasana kota tersebut. Nggak hanya menawarkan keramahan dan nuansa budaya yang kental, Jogja juga menjadi daerah yang kaya kuliner. Nggak heran banyak spot yang menjadi tempat berburu para traveler yang sedang berlibur ke kota tersebut.

Di tengah keramahan dan ketenangan kotanya, Jogja menjadi kawasan yang nggak pernah mati. Kalau lagi ingin mencari wisata kuliner malam Jogja sekaligus tempat nongkrong untuk menikmati suasana menghabiskan malam di sana, ada banyak deretan tempat yang jadi rekomendasinya. Simak ulasannya satu per satu di sini sebelum merencanakan perburuan kulinermu sendiri.

1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Ngobrolin soal wisata kuliner malam Jogja, bakal kurang sah rasanya kalau nggak memasukkan angkringan di daftar teratas. Angkringan jadi tempat nongkrong dan berburu kuliner favorit di Jogja karena harganya yang ramah di kantong. Kalau mau nyobain gimana rasanya nongkrong di salah satu angkringan favorit di Jogja, datang langsung saja ke Angkringan Kopi Jos Lik Man.

Menu yang ada wisata kuliner malam Jogja yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan angkringan jenis lainnya. Menu murah meriah khas angkringan Jogja bisa kamu temukan di sini, seperti Sego Kucing atau nasi bungkus yang memiliki porsi kecil dengan harga murah, sate ati, sate usus, sate puyuh, gorengan, dan minuman panas atau dingin.

Nah, ada yang unik dari Angkringan Kopi Jos Lik Man ini, karena kamu bisa menjajal menu ciri khas mereka yaitu Kopi Jos, apa itu? Jadi, minuman ini merupakan kopi hitam yang diseduh dengan air panas dan dimasukkan bongkahan bara api ke dalam gelasnya. Suara ‘joss’ akan langsung terdengar dari proses pencampuran ini. Bongkahan bara ini juga yang menjadikan cita rasa kopi terasa unik dan beda. Wisata kuliner malam di Jogja yang satu ini berlokasi di utara Stasiun Tugu Yogyakarta, buka mulai jam 5 sore hingga jam 3 dini hari.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Pecinta makanan pedas wajib banget mampir ke wisata kuliner malam Jogja yang satu ini. Gudeg Mercon Bu Tinah menyajikan menu oseng mercon super pedas. Bayangin aja jika menu yang satu ini dikombinasikan dengan gudeg yang punya cita rasa khas manis. Hmm, pastinya bikin tambah ngiler deh. Lauk tambahan lain juga disediakan di sini, seperti telur, ayam, sate, hingga gorengan.

Wisata kuliner malam Jogja yang satu ini hanya berbentuk warung tenda kaki lima sederhana. Tapi, jangan kaget jika melihat antriannya yang berjubel ketika jam buka warung tiba. Kabarnya, Gudeg Mercon Bu Tinah ini juga jadi tempat makan favorit artis dan Youtuber yang pernah singgah di Kota Pelajar tersebut. Buat yang penasaran seperti apa nendangnya gudeg mercon yang disajikan di sini, kamu bisa langsung mampir ke lokasinya yang berada di Jalan Asem Gede No 8, Cokrodiningratan, Jetis. Warung ini sendiri mulai buka pukul 9 malam hingga 1 dini hari.

3. Soto Sampah

Ngobrolin wisata kuliner malam Jogja rasanya kurang seru kalau nggak membahas Soto Sampah. Eits, meskipun namanya Soto Sampah, tapi soal rasa sudah pasti nggak ada duanya. Racikan bumbunya dijamin bikin ngiler, di mana dalam satu porsi soto kamu bisa menemukan isian nasi putih, bihun, kubis, tauge, dan seledri yang disiram dengan kuah soto bening. Kamu juga bisa memesan lauk tambahan yang disediakan, berupa telur dadar, gorengan, sate usus hingga sate ati.

Jadi salah satu rekomendasi wisata kuliner malam Jogja yang murah meriah dan menggoyang lidah, Soto Sampah pastinya nggak boleh dilewatkan dalam radar makan malam kamu. Warung Soto Sampah terletak di Jalan Kranggan No 2, Cokrodiningratan, Jetis. Soto ini buka mulai pukul 8 malam hingga habis. Jangan sampai kelewatan makan-makan istimewa di Jogja!

4. Wedang Ronde Lek Dhie

Kalau lagi ingin menikmati wisata kuliner malam Jogja yang bisa menghangatkan tubuh, Wedang Ronde Lek Dhie layak banget jadi rekomendasi pilihan. Isiannya antara lain kolang kaling, roti tawar, kacang tanah goreng, potongan roti tawar dan candil yang disiram dengan kuah jahe hangat.

Namun, ada yang berbeda dari wisata kuliner malam Jogja satu ini. Yang bikin unik jika dibandingkan dengan angkringan lainnya adalah Lek Dhie dikenal sebagai sosok yang ramah dan kekinian banget. Bahkan, di setiap malam di warungnya dia sering memutar musik dari Youtube lewat laptopnya. Jadilah warung wedang ronde ini makin asyik karena bikin pengunjung berasa ditemani live music. Nah buat yang ingin mencari Wedang Ronde Lek Dhie ini, kamu bisa langsung mengunjungi lokasinya yang nggak jauh dari kawasan Malioboro, tepatnya di Jalan Dagen No 7-12. Warung ini buka mulai jam 5 sore sampai 12 malam.

5. Lumpia Lestari Mataram

Lagi ingin mencicipi wisata kuliner malam Jogja yang ringan dan nggak terlalu berat? Coba aja berburu Lumpia Lestari Mataram. Soal citarasa nggak usah diragukan lagi deh. Dalam tiap gigitannya kamu bisa merasakan kulit lumpia yang crunchy yang dipadukan dengan isian lezat. Mulai dari wortel, rebung, bumbu, dan isian tambahan seperti ayam, uritan, ati ampela, hingga udang.

Wisata kuliner malam Jogja yang satu ini terasa makin istimewa karena memiliki harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 4 – 7 ribu saja per buah, tergantung isian yang dipilih. Ingin menjajal Lumpia Lestari Mataram? Langsung saja datang ke lokasinya yang ada di Jalan Urip Sumoharjo atau yang juga dikenal sebagai Jalan Solo. Gerobak lumpia ini buka mulai jam 5 sore hingga jam 9 malam. Pastikan kamu jangan sampai kehabisan!

6. Warmindo Bu Siti

Masih sering ngerasa mie instan buatan warung lebih enak daripada buatan sendiri di rumah? Kalau gitu, jangan lupa mampir ke Warmindo Bu Siti. Wisata kuliner malam Jogja yang satu ini populer dengan kelezatan olahan mie instannya, sampai-sampai pengunjung harus rela antri menunggu pesanan di sana. Apa sih keistimewaan dari warung mie instan yang satu ini?

Di Warmindo Bu Siti, kamu bakal menjumpai mie nyemek dengan cita rasa manis khas Jogja. Buat yang ingin merasakan sensasi pedas juga bisa request varian yang lebih nendang kok. Jika ingin menambah telur, kamu bisa memilih antara telur ayam atau bebek. Selain itu, masih ada lauk tambahan lain yang bisa bikin mie instan yang disantap lebih nikmat, seperti sate usus, sate bakso, dan gorengan. Warmindo Bu Siti ini terletak di Jalan Sisingamangaraja No 35 yang buka mulai jam 5 sore hingga jam 2 dini hari.

7. Nasi Goreng Kambing Pak Gito

Kamu pecinta nasi goreng kambing? Kalau gitu jangan sampai melewatkan Nasi Goreng Kambing Pak Gito yang termasuk wisata kuliner malam Jogja populer. Siapkan diri dimanjakan dengan nasi goreng berisi potongan daging kambing nan empuk, acar, dan emping yang tersaji dengan sempurna. Pastinya jadi kenikmatan tersendiri bagi para foodie yang berburu makanan di sana.

Warung wisata kuliner malam Jogja yang satu ini hampir setiap hari ramai oleh pembeli. Lokasinya sendiri berada di Jalan Langensari, Gondokusuman. Warung ini terletak di dekat kampus AA YKPN dan ATA YKPN yang buka mulai jam 5 sore sampai 11 malam.

8. Nasi Campur Teri Gejayan

Kalau lagi laper berat dan ingin mencari makan malam yang murah meriah saat di Jogja, datang saja ke Nasi Campur Teri Gejayan. Populer sebagai salah satu wisata kuliner malam Jogja yang jadi idola, inilah tempat makan sepuasnya yang menghadirkan pilihan lauk memanjakan perut. Mulai dari tempe, tahu, telur, dan gorengan yang pastinya bakal nikmat kalau dicampur nasi hangat.

Nasi Teri Gejayan bisa kamu cicipi langsung di lokasi, yaitu Jalan Affandi, Kelitren, Gondokusuman. Harga per porsinya cukup hemat di kantong, yaitu Rp 10 – 15 ribu, tergantung lauk yang dipilih. Wisata kuliner malam Jogja ini buka setiap malam mulai jam 9 malam hingga 03.30 pagi. Wah, cocok jadi pilihan kuliner pengisi perut yang lapar di tengah malam.

9. Dimsum Uma Yum Cham

Ini dia salah satu wisata kuliner malam Jogja yang lagi ngehits banget. Dimsum Uma Yum Cham lagi jadi buruan para pecinta kuliner di Kota Gudeg tersebut. Kuliner berbahan dasar daging ayam dengan isian udang, lobster, daging asap, jamur, hingga kepiting. Nikmati bareng dengan saus asam manisnya yang menggoda, dijamin lezatnya jadi tiada tara.

Salah satu yang bikin wisata kuliner malam Jogja ini selalu ramai pengunjung adalah harganya yang ramah di kantong, yaitu sekitar Rp 3 ribu aja per bijinya. Dimsum Uma Yum Cham ini terletak di Pasar Condronegaran, Gedongkiwo, Mantrijeron. Kedainya buka mulai jam 6 sore sampai 9 malam. Buat yang penasaran gimana rasanya, langsung aja cus ke lokasi.

10. The House of Raminten

Kalau mencari wisata kuliner malam Jogja, rasanya belum pas jika nggak mampir ke The House of Raminten. Spot yang satu ini menghadirkan tempat yang nyaman ala restoran, tapi dengan menu dan harga yang tetap ramah di kantong. Beberapa menu yang bisa dipilih antara lain sego kucing, nasi pecel, bakmi Jawa, ayam koteka, garang asem, mangut lele, dan masih banyak lagi menu tradisional lainnya.

The House of Raminten berlokasi di Jalan Faridan M. Noto, Kotabaru, Gondokusuman. Saat memasuki ruangan, siapkan diri disambut dengan atmosfer khas Jawa yang kental, mulai dari pelayan yang mengenakan pakaian adat khas Jawa dan alunan gamelan yang berkumandang. Berminat datang langsung ke sana?

11. Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Kalau tadi sudah ada rekomendasi nasi goreng kambing, sekarang ada lagi rekomendasi nasi goreng lainnya buat yang nggak terlalu suka makan kambing. Nasi Goreng Sapi Padmanaba adalah pilihan wisata kuliner malam Jogja yang paling tepat! Di tiap porsinya kamu akan menyantap nasi goreng yang dikombinasikan dengan telur ceplok, potongan daging sapi, acar, dan emping. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin perut lapar kan ya?

Aroma rempah yang kuat menjadi ciri khas dari wisata kuliner malam Jogja yang satu ini. Satu porsi nasi goreng sapi dibanderol harga yang cukup ramah di kantong kok, nggak sampai Rp 20 ribu sudah bisa bikin perut kenyang hati senang. Cobain sendiri sensasinya, datang langsung ke Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman. Warungnya sendiri buka mulai jam 6 sore hingga 12 dini hari.

12. Mie Ayam Kamehame

Ada banyak variasi wisata kuliner malam Jogja yang punya kenikmatan hakiki. Kalau lagi ingin mencicipi olahan mie tengah malam dengan sensasi pedas yang menggigit, Mie Ayam Kamehame jadi tempat yang pas buat kamu. Soalnya, di warung yang satu ini kamu bisa memesan mie ayam dengan level kepedasan sesuai selera. Nikmat mana yang kamu dustakan nih!

Level pedasnya sendiri cocok buat kamu yang ingin menantang diri, mulai dari level 2 (cabe 12), level 4 (cabe 24), level 6 (cabe 36), dan level 10 (cabe 80). Dipadukan dengan tekstur mie yang besar tapi terasa kenyal, wisata kuliner malam Jogja yang satu ini dijamin lezatnya. Nah, untuk kuahnya sendiri mengusung cita rasa manis dan gurih khas Jogja. Jika kamu nggak suka makanan pedas, bisa kok memesan yang tanpa cabe atau sambal sama sekali. Mie Ayam Kamehame ini sendiri terletak di emperan toko Jalan Urip Sumoharjo, Klitren, Gondokusuman. Warungnya buka mulai jam 10 malam hingga 3 dini hari.

13. Wedang Bajigur Mas Chandra

Aneka wedang tradisional juga cocok menjadi kuliner malam Jogja yang layak diburu. Salah satunya adalah Wedang Bajigur Mas Chandra. Meskipun minuman ini sebenarnya berasal dari Jawa Barat, tapi mencicipinya sambil menikmati suasana malam kota Jogja juga bakal bikin suasana tetap seru. Wedang Bajigur Mas Chandra sendiri berlokasi di Jalan Magelang yang buka mulai jam 17.30 hingga habis. 

14. Sate Klathak Pak Bari

Mencicipi wisata kuliner malam Jogja rasanya belum lengkap kalau nggak mampir membeli sate klathak. Makanan yang satu ini dikenal khas berasal dari Bantul. Ada yang unik dari sate ini, yaitu menggunakan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji. Bumbunya sendiri biasanya hanya garam dan merica.

Warung Sate Klathak Pak Bari menjadi salah satu dari wisata kuliner malam Jogja yang banyak diburu wisatawan. Terlebih tempat makan tersebut sempat menjadi lokasi syuting film ADA APA DENGAN CINTA 2, nggak heran semakin banyak orang yang penasaran. Dalam setiap porsi sate klathak Pak Bari kamu bisa menyantap 2 tusuk sate, nasi putih, dan kuah gulai yang terasa sedap. Lokasi warungnya sendiri berada dalam Pasar Jejeran atau Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Bantul. Warung ini buka setiap malam mulai pukul 18.30 sampai 1 dini hari.

15. Serabi Bandung Kang Sena

Mau ngemil aja sambil menikmati suasana malam kota Jogja? Kalau gitu, wisata kuliner malam Jogja yang layak diburu adalah Serabi Bandung Kang Sena. Varian serabinya beragam dengan pilihan topping yang bisa disesuaikan selera. Mulai dari serabi manis dengan topping meses, susu, keju, durian, taro, green tea, hingga serabi asin dengan topping telur, kornet, ayam, jagung, dan daging sapi.

Kalau mau mampir ke Serabi Bandung Kang Sena, kuliner malam Jogja ini berlokasi di Jalan Affandi yang dulunya dikenal dengan Jalan Gejayan, Depok, Sleman. Jam bukanya setiap malam, yaitu mulai pukul 6 sore hingga 11 malam.

Ada banyak banget kan wisata kuliner malam Jogja yang bisa jadi pilihan untuk menemani perut lapar di tengah malam saat liburan? Saatnya tentukan tujuanmu dan nikmati kuliner malam Jogja yang menggoda selera. Selamat liburan, KLovers!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI