Tak Hanya Menyegarkan, Ini 13 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Bisa Mengobati Asma

Kamis, 28 Januari 2021 12:33 Penulis: Puput Saputro
Tak Hanya Menyegarkan, Ini 13 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Bisa Mengobati Asma
Manfaat daun mint (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Daun mint bisa jadi salah satu jenis dedaunan yang paling populer di dunia. Di berbagai belahan dunia, daun mint selama ini sering dipakai sebagai bahan makanan satu minuman. Bukan tanpa alasan, sebab daun ini memang bisa menambah sensasi menyegarkan pada makanan atau minuman. Tidak menyegarkan, ada banyak manfaat daun mint yang bisa didapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

Selama ini manfaat daun mint untuk kesehatan mungkin memang kurang begitu banyak orang tahu. Padahal, daun mint punya sejumlah khasiat untuk kesehatan tubuh. Sebab, dalam daun mint ternyata terkandung sejumlah senyawa yang baik untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Atasi Masalah Pencernaan

Sudah jadi rahasia umum kalau dalam daun mint terkandung mentol. Mentol inilah yang kemudian membuat daun mint punya cita rasa dingin menyegarkan. Selain menyegarkan, ternyata kandungan mentol dalam daun mint juga baik untuk pencernaan. Kandungan mentol dipercaya bisa memberikan efek relaksasi tadi otot saluran pencernaan yang tegang.

Dengan begitu, secara tidak langsung mengonsumsi daun mint akan membuat saluran pencernaan bekerja lebih lancar, sesuai dengan ritmenya. Untuk mendapatkan manfaat daun mint dalam mengatasi masalah pencernaan ini, kalian bisa langsung mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak, atau mencampurnya dengan minuman, seperti teh atau dengan makanan, seperti salad.

 

2. Meredakan Demam

Selain mengatasi masalah pencernaan, kandungan mentol dalam daun mint juga diyakini bisa meredakan gejala demam. Tidak hanya demam biasa, daun mint diyakini bisa meredakan demam akibat gejala flu dengan cara melegakan saluran pernapasan yang biasa terhambat karena flu. Sama seperti untuk mengatasi masalah pencernaan, untuk meredakan demam daun mint bisa dikonsumsi sebagai campuran minuman atau makanan.

 

3. Melegakan Pernapasan

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa daun mint punya khasiat untuk melegakan pernapasan. Hal ini sudah tak terbantahkan lagi, sebab seperti yang kita tahu, kandungan mentol dalam daun mint bisa menimbulkan efek segar dan melegakan napas. Bahkan tidak hanya melegakan saja, mengonsumsi daun mint juga bisa membuat napas kita terasa lebih segar.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, ada baiknya kalian menambahkan daun mint dalam menu diet kalian. Sebab, daun manfaat daun mint yang selanjutnya berkaitan dengan berat badan. Ya, daun mint dipercaya punya khasiat bisa menurunkan berat badan. Kalian bisa mencampurnya dalam menu makanan seperti salad, atau mencampurnya dalam minuman seperti teh atau infused water.

 

5. Baik untuk Ibu Menyusui

Kerap kali ibu menyusui mengalami rasa sakit atau nyeri saat menyusui bayinya. Umumnya hal ini bisa disebabkan karena kulit area puting yang mengalami pecah-pecah. Nah, untuk mengurangi rasa sakit tersebut, ibu menyusui bisa menggunakan daun mint. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak daun mint ke puting atau payudara, setelah bayi menyusui. Agar lebih lembut, kalian juga bisa mencampurkan minyak daun mint dengan gel atau air. 

 

6. Menyehatkan Otak

Manfaat daun mint berikutnya berkaitan dengan kesehatan otak. Daun mint dipercaya bisa menjaga kesehatan otak kita, sebab aroma harumnya yang bisa menimbulkan efek relaksasi. Artinya, dengan mencium aroma daun mint yang menyegarkan, otak kita akan lebih tenang dan tidak mudah stres.

Untuk mendapatkan manfaat satu ini, kalian cukup menghirup aroma harum daun mint. Kalian bisa mencium aroma dari daun mint yang kalian tanam langsung, atau daun mint yang sudah diseduh air hangat.

 

7. Baik untuk Kesehatan Mulut

Saat mengonsumsi daun mint, kalian pasti merasakan efek segar di mulut. Selain memberi efek segar, daun mint juga bisa mengatasi masalah kesehatan mulut lain, seperti bau mulut. Selain itu, kandungan dalam daun mint juga dipercaya bisa menjadi antiseptik alami untuk kebersihan mulut. Itulah sebabnya, mengapa daun yang satu ini sering dijadikan sebagai bahan atau perasa dalam permen karet atau produk kesehatan dan kebersihan mulut. Sebab, daun mint memang berkhasiat untuk kesehatan mulut.

 

 

 

8. Mengatasi Bau Mulut

Daun mint dikenal sebagai salah satu herbal yang mempunyai bau harum dan menyegarkan. Menyambung manfaat daun mint sebelumnya, mengonsumsi daun mint secara rutin akan membuat nafas menjadi lebih segar dan terhindar dari bau mulut. Dengan begitu, kesehatan mulut juga akan lebih terjaga.

 

9. Sumber Antioksidan

Tak banyak yang tahu, ternyata daun min bisa menjadi salah satu asupan yang kaya akan antioksidan. Sebagaimana yang kita tahu, dalam tubuh antioksidan mempunyai peran yang sangat penting. Antioksidan akan melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas.

Tak sampai di situ, radikal bebas juga diketahui bisa menjadi pemicu dari berbagai penyakit. Artinya, saat kebutuhan antioksidan terpenuhi dengan daun mint, tubuh akan jadi lebih sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit.

 

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa yang tak ingin mempunyai kulit bersih dan sehat? Setiap orang tentu menginginkannya. Ternyata daun mint bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih. Pasalnya, daun mint yang mempunyai sifat dingin dan sejuk dipercaya dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Daun mint bisa dipakai sebagai pelembap kulit, dicampur dengan produk alami lain seperti susu atau yogurt. Tidak saja membuat kulit jadi lembap dan bersih, daun mint juga diyakini membawa sejumlah manfaat untuk kulit. Mulai dari mengecilkan pori-pori, hingga mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan vitamin A dalam daun mint juga dipercaya ampuh mencegah jerawat.

 

11. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya akibat dari otot-otot kepala yang tegang. Untungnya, daun mint dapat mengatasi masalah ini.

Daun mint dapat memberikan sensasi rileks pada tubuh, sehingga akan merenggangkan otot-otot kepala yang tegang. Manfaat daun mint ini bisa didapat cukup dengan menghirup aroma dari daun mint. Manfaat jangka panjang, hal ini juga diyakini bisa menjauhkan kita dari stres dan gejala depresi.

 

12. Mengobati Asma

Seperti yang sempat disinggung di awal, daun mint mempunyai khasiat luar biasa dalam menjaga sistem pernapasan. Lebih spesifik, siapa sangka ternyata daun mint juga bisa dipakai salah satu obat alternatif dari penyakit sesak napas, seperti asma. Hal ini lantaran kandungan mentol dalam daun mint yang bersifat antiinflamasi, sehingga akan bekerja melancarkan saluran pernapasan penderita asma. Selain asma, daun mint juga diyakini bisa mengatasi masalah sesak napas lain seperti akibat gejala flu.

 

13. Mengatasi Alergi

Meski daun mint tergolong sebagai tanaman yang cukup populer, nyatanya hanya sedikit orang yang tahu kalau tanaman herbal ini bisa mengobati alergi. Ya, daun mint yang mengandung antioksidan dan zat antiinflamasi bernama asam rosmarinic, serta mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Hal ini membuat daun mint dipercaya dapat mengatasi masalah alergi, seperti gatal, bengkak, dan ruam di kulit.

Itulah di antaranya, 13 manfaat daun mint untuk kesehatan. Meski ada banyak manfaatnya, untuk mengonsumsinya tetap perhatikan jumlah takaran. Jangan sampai, niat baik memperoleh manfaat kesehatan justru jadi sebaliknya, hanya gara-gara mengonsumsi terlalu banyak.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI