20 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Simpel, dan Bisa Dilakukan Di Rumah

Rabu, 08 Mei 2019 13:01 Penulis: Editor KapanLagi.com
20 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Simpel, dan Bisa Dilakukan Di Rumah
Ilustrasi gambar (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Hari gini siapa sih yang nggak mau punya wajah putih bersih? Well, memang nggak bisa dipungkiri lagi guys. Memiliki wajah putih sekaligus bersih bukan lagi pilihan tetapi idaman, baik bagi pemilik wajah maupun orang yang melihatnya. Sekarang ini sudah marak sekali berbagai macam produk kecantikan pemutih wajah. Namun jika kalian tidak berhati-hati dalam memilih produk pemutih wajah, bisa saja hasilnya bukan malah memutihkan tetapi sebaliknya. Terus gimana dong? Solusinya mungkin kalian bisa memulai dengan bahan-bahan pemutih wajah yang alami dari tanaman seperti buah dan sayur, serta bahan alami lainnya. Karena sebenarnya bahan yang alami lebih baik dan akan menjauhkan kalian dari resiko-resiko buruk pada wajah yang nggak kalian inginkan.

Buah, sayur, serta bahan alami lainnya yang ada di sekitar kalian sangat bisa kalian manfaatkan untuk membantu memutihkan wajah guys. Selain alami, bahan-bahan tersebut mudah dijumpai, simpel, dan pastinya sehat untuk wajah kalian. Untuk mengetahui info lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Masker Tepung Beras

Ilustrasi tepung beras (credit: Shutterstock)Ilustrasi tepung beras (credit: Shutterstock)

Tepung beras memiliki kandungan asam amino dan vitamin yang dapat menambah kadar kolagen sehingga dapat mencerahkan kulit wajah, membuat kulit kalian terasa lebih halus, dan konon juga dapat menangkal radiasi sinar UV yang membuat warna kulit kalian menjadi gelap. Cara membuat masker dari tepung beras sangat mudah. Pertama, kalian siapkan tepung beras dan tambahkan air. Lalu, aduk hingga mengental. Kemudian aplikasikan ke wajah dan tunggu selama 15 menit. Terakhir, bilas. Untuk hasil yang maksimal kalian bisa pakai secara rutin setiap hari.

2. Masker Tomat

Buah tomat dipercaya memiliki kandungan bebagai macam vitamin seperti vitamin, A, B,C, dan Magnesium yang dapat mencerahkan kulit wajah, serta dapat menyamarkan area gelap pada kulit wajah. Caranya: blender tomat sampai halus, aplikasikan ke wajah dan tunggu sampai 30 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih. Pakai secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Masker Alpukat

Ilustrasi buah alpukat (credit: Shutterstock)Ilustrasi buah alpukat (credit: Shutterstock)

Buah alpukat ternyata juga berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah loh guys. Ini karena kandungan vitamin, C, E dan lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat berfungsi untuk menangkal sinar radiasi UV yang bikin kulit kalian gelap. Cara membuat masker alpukat juga sangat gampang. Pertama, tumbuk halus buah alpukat, lalu aplikasikan ke wajah. Tunggu selama 25 menit, kemudian bilas.

4. Masker Lidah Buaya

Sensasi lidah buaya yang dingin memuat kulit wajah menjadi segar. Kandungan vitamin, A, B dan E nya berkhasiat memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengupas kulit lidah buaya hingga tersisa dagingnya. Lalu potong kecil, aplikasikan ke kulit wajah secara merata. Kemudian bilas.

5. Masker Mentimun

Selain lidah buaya, tanaman yang memberi efek dingin dan segar lainnya adalah mentimun. Mentimun sendiri memiliki kandungan vitamin B1, B7, dan C yang dapat memutihkan kulit wajah secara alami. Cara pakainya juga gampang yaitu dengan blender mentimun sampai halus dan oleskan ke kulit wajah. Tunggu 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal gunakan setiap hari.

6. Teh hijau

Ilustrasi teh hijau (credit: Shutterstock)Ilustrasi teh hijau (credit: Shutterstock)

Karena warnanya yang hijau kekuningan, sebagian orang salah paham wajahnya akan jadi hijau juga. Padahal ya guys, teh hijau itu punya khasiat untuk membuat kulit wajah menjadi bening dan bersih karena kandungan antioksidan, vitamin B, dan magnesium yang ada di dalamnya. Cara membuat maskernya pun juga mudah. Pertama, rendam daun teh hijau dengan air panas. Lalu diamkan selama 30 menit, setelah dingin aplikasikan pada wajah.

7. Masker Bengkoang

Buah yang biasanya dimakan untuk rujak ini ternyata punya khasiat untuk memutihkan kulit wajah guys. Karena buah ini kaya akan vitamin C yang dapat membuat kulit wajah menjadi sehat dan bersinar. Caranya, blender bengkuang sampai halus. Lalu ambil sari nya saja (buang ampasnya). Kemudian aplikasikan ke wajah. Tunggu sampai 20 menit dan terakhir bilas. Untuk hasil yang baik gunakan secara rutin.

8. Masker Putih Telur

Mungkin beberapa dari kalian ada yang nggak asing lagi dengan masker ini, karena manfaatnya yang memang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah kalian menjadi lebih cerah. Cara pakainya yaitu, ambil bagian putih telur, lalu kocok dulu sampai berbusa. Kemudian aplikasikan ke wajah dan gunakan tisu untuk melapisi masker (gunanya untuk membantu mengangkat kotoran yang ada di wajah). Tutup lagi dengan mengoleskan putih telur. Tunggu hingga 30 menit, dan bilas.

9. Masker Madu

Ilustrasi madu (credit: Shutterstock)Ilustrasi madu (credit: Shutterstock)

Madu nggak cuma manis buat lidah guys, tapi juga manis buat kulit wajah. Eits tapi ini bukan sekedar gombal belaka. Konon, Madu kaya akan antioksidan nya yang baik untuk mencerahkan kulit wajah guys. Selain itu juga dipercaya dapat membuat kulit menjadi halus. Cara buatnya juga simpel. Pertama, siapkan 1 sdm madu, lalu aplikasikan ke wajah. kemudian tunggu 30 menit, dan bilas.

10. Masker Susu

Susu nggak cuman baik buat tubuh loh guys. Susu (murni) juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit wajah karena kandungan laktosa dan vitamin nya yang dapat menyamarkan noda hitam yang ada di area wajah. So, jangan lupa untuk coba cara ini. Pertama, siapkan susu segar (bisa pake full cream) 2 sdm dan campurkan dengan madu 1 sdm. Lalu, aplikasikan ke wajah. Tunggu 30 menit, dan bilas.

11. Kopi dan Gula

Siapa bilang kopi dan gula nggak bisa buat masker? Nyatanya, kopi mengandung zat yang disebut kafein yang bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah serta gula yang mengandung zat pemanis alami yang dapat mengencangkan kulit wajah. Cara bikin masker nya juga gak ribet. Pertama, siapkan 1 sdt bubuk kopi dan gula, campur dengan air secukupnya. Lalu, aduk sampai berbentuk pasta. Cara mengaplikasikannya kali ini agak unik, yaitu dengan digosok-gosokkan ke muka. Dengan demikian kotoran dan sel kulit mati seketika terangkat. Terakhir, jangan lupa bilas.

12. Masker Pepaya

Ilustrasi pepaya (credit: Shutterstock)Ilustrasi pepaya (credit: Shutterstock)

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C dan A yang baik untuk memutihkan kulit secara alami. Cara bikin masker pepaya juga nggak kalah gampang dari yang lain nya. Pertama, blender buah pepaya hingga halus, lalu aplikasikan ke wajah. Tunggu 20 menit, dan bilas.

13. Masker Kentang

Salah satu bahan makanan pengganti nasi yang satu ini ternyata juga memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit wajah secara alami karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Caranya yaitu, rebus kentang dan haluskan. Lalu tambahkan 2 sdm susu segar (bisa pake full cream). Aplikasikan ke wajah, tunggu 30 menit, dan bilas.

14. Masker Lobak Putih

Ilustrasi lobak putih (credit: Shutterstock)Ilustrasi lobak putih (credit: Shutterstock)

Lobak putih memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun apa jadinya kalau sayur ini dipercaya bisa memutihkan kulit wajah? Kalian harus coba. Lobak putih mengandung vitamin C dan B kompleks yang dapat membuat kulit wajah menjadi sehat. Caranya yaitu, blender 1 buah lobak putih hingga halus. Tambahkan 2 sdm minyak zaitun. Lalu aplikasikan ke wajah, tunggu samapi 30 menit, lalu bilas.

15. Masker Yogurt

Minuman hasil fermentasi susu ini juga punya khasiat untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan asam laktat yang ada dalam yogurt berfungsi untuk mengangkat kulit mati sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi cerah. Caranya: siapkan yogurt murni, aplikasikan langsung ke wajah, tunggu beberapa saat, dan bilas.

16. Masker Strawberry

Buah Strawberry mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Caranya, blender buah stroberi (secukupnya) hingga halus. Lalu, tambahkan susu murni, aduk sampai mengental. Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering dan meresap ke wajah. Terakhir, bilas.

17. Masker Kacang Almond

Ilustrasi gambar (credit: Shutterstock)Ilustrasi gambar (credit: Shutterstock)

Kacang almond diyakini dapat mencerahkan kulit wajah serta memutihkan. Cara bikin masker dari kacang almond juga mudah. Pertama, siapkan kacang almond dan rendam ke ke dalam air susu selama kurang lebih 12 jam. Lalu kupas kulitnya, tumbuk kacang hingga halus. Campurkan 1 sdt teh bubuk cendana dan teh madu, aduk sampai rata. Aplikasikan pada wajah, tunggu sekitar 30 menit. Terakhir, bilas.

18. Masker Perasan Air Beras

Ternyata perasan air beras juga bisa kalian manfaatkan untuk memutihkan kulit wajah loh guys. Gimana enggak? Kandungan zat oryzanol yang ada di dalamnya sangat baik untuk melindungi kulit kalian dari sinar UV. Caranya, siapkan air perasan beras. Tunggu sampai mengendap, lalu ambil endapan nya. Aplikasikan ke wajah, tunggu sampai kering dan meresap ke wajah. Terakhir, bilas.

19. Masker Buah Pisang

Selanjutnya, buah pisang, juga dipercaya dapat membuat kulit menjadi putih dan membuat kulit menjadi halus. Caranya, tumbuk satu buah pisang sampai halus. Campurkan 1 sdm madu, lalu aplikasikan ke wajah. Tunggu 20 menit, dan bilas.

20. Ampas Teh

Ampas teh ternyata memiliki manfaat bagi kulit wajah loh guys Dipercaya kaya akan vitamin E nya yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah serta menghilangkan komedo di wajah. Caranya juga gampang, yaitu dengan menyiapkan ampas dari kantong teh hijau, lalu tambahkan ½ sdt madu dan perasan lemon. Kemudian aplikasikan ke wajah. Biarkan hingga berkisar 5-10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Selamat mencoba.

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

 

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI