12 Manfaat Timun untuk Wajah yang Luar Biasa, Mencegah Penuaan Dini - Mata Bengkak

Rabu, 30 Desember 2020 19:35 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Timun untuk Wajah yang Luar Biasa, Mencegah Penuaan Dini - Mata Bengkak
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Timun atau mentimun yang dalam nama ilmiahnya Cucumis sativus L adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung air. Bagian tengah mentimun mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat anti radang dan antioksidan yang baik bagi wajah. Tidak heran bila manfaat timun untuk wajah sangat luar biasa.

Bahkan timun sering digunakan sebagai masker, atau bahan utama dalam berbagai jenis skincare wajah. Bahkan menggunakan timun sebagai masker wajah dipercaya dapat menyejukkan kulit, mengurangi iritasi dan kulit bengkak, serta mengobati jerawat dan kulit terbakar karena kandungan dalam timun.

Dan apa saja ya manfaat timun untuk wajah? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 12 manfaat timun untuk wajah yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kandungan Gizi Buah Timun

Sebelum kalian mengetahui apa saja manfaat buah timun untuk wajah, yuk simak dulu beberapa kandungan yang luar biasa pada buah timun. Berikut ini beberapa kandungan gizi pada buah timun:

  • Air
  • Asam folat
  • Antioksidan
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Biotin
  • Potasium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Silika
  • Mangan

2. Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat timun untuk wajah yang pertama yaitu dapat mengatasi mata bengkak. Yup! Mata bengkak memang sangat mengganggu penampilan, biasanya mata bengkak terjadi akibat menangis semalaman, hingga terlalu banyak mengonsumsi tepung di malam hari.

Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menggunakan manfaat timun untuk menghilangkan mata bengkak kalian. Bahkan metode ini sangat terbukti ampuh untuk mengatasi mata yang lelah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki kemampuan untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit berkat kandungan flavonoid dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Dua kandungan tersebut bekerja dengan memberikan efek dingin, sehingga mentimun dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar sehingga tampilan membengkak akan berkurang. Dan meredakan mata bengkak dengan cepat secara alami.

 

3. Menghilangkan Mata Panda

Tak hanya mampu mengatasi mata bengkak saja, namun manfaat timun untuk wajah juga bisa menghilangkan mata panda loh KLovers. Mata panda memang mengganggu penampilan, lingkaran hitam pada area mata ini diakibatkan oleh banyak sekali hal. Dan banyak yang percaya bahwa manfaat timun ini mampu menghilangkan hal tersebut.

Itu karena di dalam timun terdapat kandungan folat dan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan folat dan vitamin C dalam mentimun diduga dapat mengurangi lingkaran hitam di mata, dan mencerahkan warna pada lingkar mata kalian.

 

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat timun untuk wajah yang lainnya yaitu, dapat mencegah penuaan dini. Karena begitu banyak kandungan gizi dalam timun, membuat timun dapat mencegah terjadinya penuaan dini seperti kerutan halus, hingga flek hitam. Komponen antioksidan dalam mentimun yakni vitamin C dan asam folat memiliki manfaat untuk mengurangi kerut-kerut wajah tanda penuaan.

Vitamin C dalam mentimun berfungsi merangsang pengembangan sel-sel baru dalam tubuh manusia termasuk sel-sel kulit. Sedangkan asam folatnya dapat membantu melawan racun-racun dari lingkungan di sekitar yang bisa membuat wajah terlihat lelah dan muncul flek hitam.

 

5. Melindungi Paparan Sinar Matahari

Tidak heran bila timun sering digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam skincare wajah. Hal ini karena timun memiliki manfaat dalam melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Manfaat timun untuk wajah ini karena timun memiliki kandungan UV alami. Timun adalah tabir surya alami, bahkan krim dan lotion perlindungan matahari yang dipasarkan dengan timun telah ditemukan memiliki hasil positif.

Hal ini disebabkan oleh flavonoid, tanin, dan vitamin C dalam timun yang memberikannya properti antioksidan. Semua kandungan ini membantu memerangi radikal bebas perusak sel yang dihasilkan oleh sinar UV. Timun juga memiliki efek menghilangkan rasa sakit. Sehingga tidak heran bila keberadaan timun di tabir surya dapat menjadi pereda sinar matahari.

 

6. Menyembuhkan Bekas Luka

Bila kalian memiliki bekas luka di wajah, maka kalian bisa loh menggunakan manfaat timun untuk wajah ini. Bekas luka memang akan sangat mengganggu penampilan bila berada di wajah, dan untuk menghilangkan bekas luka secara alami, kalian bisa menggunakan timun. Menurut data penelitian, timun menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian juga mengungkap timun sebagai pereda nyeri yang ampuh dan penenang untuk kulit yang terbakar matahari. Menjadi agen hemostatik alami atau yang mempercepat pembekuan darah, membantu menyembuhkan bekas luka kulit.

 

7. Mengatasi Iritasi Kulit

Kemudian manfaat timun untuk wajah yang lainnya yaitu dapat mengatasi iritasi kulit. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan rasa tak nyaman pada wajah, terutama di bagian pipi, hidung, dahi, dan dagu. Bahkan dapat menimbulkan iritasi dan masalah kulit yang cukup serius. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menggunakan manfaat timun untuk wajah bila mengalami iritasi.

Karena kandungan mineral seperti kalium dan sulfat, mentimun dapat menenangkan kondisi kulit yang terbakar matahari. Efek dingin yang didapatkan dari mentimun juga memiliki manfaat untuk mencegah peradangan serta mengurangi rasa sakit dan iritasi akibat sengatan panas matahari, ruam, dan gigitan serangga.

 

8. Mencegah Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu, bahkan banyak sekali orang-orang yang bingung bagaimana cara mengatasi jerawat secara alami. Namun nyatanya timun bisa loh mengatasi masalah jerawat di wajah. Yup! Timun dapat mengurangi dan menghentikan jerawat yang akan timbul di wajah.

Sel kulit mati dan kulit berminyak adalah hal yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Dalam hal ini, mentimun memiliki sedikit sifat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori wajah. Sari mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai toner yang akan membersihkan noda-noda pemicu jerawat.

 

9. Mengatasi Kulit Berminyak

Bukan hanya mengecilkan pori-pori saja, nyatanya manfaat timun untuk wajah juga dapat mengatasi kulit berminyak loh KLovers. Menurut sebuah penelitian yang meneliti manfaat timun pada kulit yaitu, timun dapat menurunkan kadar sebum secara signifikan. Sebum dalam zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di kulit.

Bahkan hal ini akan mengakibatkan sel-sel kulit mati timbul, menyumbat folikel kulit, yang akhirnya menyebabkan erupsi dalam bentuk jerawat. Dalam sebuah penelitian, formulasi timun diamati untuk mengurangi kadar air kulit dan meningkatkan kehilangan air tubuh melalui kulit. Ini merupakan sebuah fenomena yang dikenal sebagai kehilangan air transepidermal dengan memperkuat efek anti jerawat.

 

10. Menyegarkan Kulit

Bukan hal yang asing lagi bila manfaat timun untuk wajah dapat memberikan efek menyegarkan. Efek timun yang menyegarkan dan mengencangkan kulit ini menjadikannya toner kulit alami yang luar biasa. Kalian dapat menggunakan jus mentimun atau mencairkannya dengan air untuk digunakan sebagai toner penghilang minyak atau sisa riasan. Hal ini juga lagi-lagi karena kandungan airnya yang tinggi, yang membuat kulit kalian lembab dan kenyal.

 

11. Mengatasi Dermatitis

Siapa bila timun hanya bisa mengatasi masalah jerawat? Nyatanya timun juga mampu mengatasi masalah dermatitis loh KLovers. adalah peradangan pada kulit yang menimbulkan gejala mengganggu, seperti ruam kemerahan serta kulit yang terasa gatal, kering, dan bersisik.

Hal ini karena, kandungan asam askorbat (vitamin C) dan asam caffeic dalam timun mampu mencegah retensi air, sehingga membuat timun menjadi pilihan yang bagus untuk masalah kulit. Bahkan ekstrak mentimun yang dioleskan sangat membantu untuk luka bakar dan dermatitis, atau peradangan kulit.

 

12. Mencerahkan Kulit

Kemudian manfaat timun untuk wajah yang lainnya yaitu, dapat mencerahkan kulit wajah. Timun dapat menurunkan kandungan melanin pada kulit, menjadikannya baik untuk menghilangkan sun burn. Ketika kulit kalian berubah menjadi berwarna cokelat, itu menyebabkan peningkatan kandungan melanin kulit, membuatnya terlihat lebih gelap.

Menurut beberapa penelitian, biokimia yang terdapat dalam ekstrak timun menghambat tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin, dan itulah bagaimana timun menghambat sintesis melanin. Efek ini juga karena aktivitas antioksidan di timun.

Ekstrak timun kaya akan vitamin, terutama vitamin C, yang berupa antioksidan. Kandungan ini dapat menetralkan radikal bebas berbahaya yang dihasilkan oleh sinar UV selama paparan sinar matahari, sehingga mengurangi produksi melanin.

 

13. Mengatasi Kulit Kering

Dan manfaat timun untuk wajah yang terakhir yaitu dapat mengatasi masalah kulit kering. Kulit yang terlalu kering pasti dapat membuat kalian merasa tidak nyaman. Pasalnya, kulit yang terlalu kering dapat menimbulkan rasa tertarik, gatal, bahkan tampak seperti bersisik.

Jika ini terjadi, maka kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami seperti timun. Manfaat timun untuk wajah salah satunya adalah dapat melembabkan kulit. Kandungan air yang cukup pada timun membantu kulit kering menjadi lembap. Kalian bisa menggunakan timun sebagai masker agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Itulah 12 manfaat timun untuk wajah yang dapat kalian ketahui. Karena timun merupakan bahan alami, jadi tidak masalah bila timun digunakan secara rutin ya KLovers. Bahkan melakukan hal ini secara rutin akan memberikan efek yang maksimal untuk kulit kalian.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI