20 Fakta 'GODZILLA', Berat Kostum Mencapai 90 Kilogram

Senin, 15 April 2019 14:52 Penulis: Editor KapanLagi.com
20 Fakta 'GODZILLA', Berat Kostum Mencapai 90 Kilogram
Potret Godzilla dalam aktingnya

Kapanlagi Plus -
Siapa yang tak kenal Godzilla? Monster fiksi yang dicap sebagai penghancur kota ini memiliki tubuh yang besar seperti raksasa. Kepopuleran GODZILLA di seluruh dunia juga membuat pihak pembuat film mendapat keuntungan yang besar.
 
Selain ukuran tubuhnya yang besar, Godzilla juga bisa menghembuskan sinar panas radioaktif fari mulutnya. Jika Godzilla sedang marah, maka ia mampu meratakan seluruh kota dan permukiman warga, serta dapat menyerang kapal-kapal di lautan.
 
Bebrapa film GODZILLA telah dibuat pihak Hollywood dan dibintangi beberapa aktor ternama. Di tahun 1998, film ini dibintangi Jean Reno dan sukses mencuri perhatian dunia. Tahun 2014, Holyywod kembali membuat reboot Godzilla yang diperankan oleh Ken Watanabe dan Elizabeth Olsen

Di 2019, GODZILLA kembali muncul di layar lebar dalam GODZILLA: KING OF THE MONSTERS. Ia bakal muncul dengan tiga monster lainnya seperti Mothra, King Ghidorah, dan Rodan. Sebelum menonton filmnya nanti, inilah 20 fakta unik tentang Godzilla yang tak banyak diketahui orang:
 

1. Godzilla berasal dari kata “Gojira”

Godzilla (2014)Godzilla (2014)

Gojira diambil dari nama pegawai Studio Toho, yang mana menjadi tempat Film Godzilla di produksi pertama kali. Penamaan sesuatu pasti tak luput dari filosifi di baliknya, begitupun nama Godzilla yang merupakan gabungan dari Gorilla (Bahasa Inggris) dan Kujira (Bahasa Jepang) yang berarti ikan paus. Adanya tuntutan pasar di negara Barat, membuat huruf “R” dirubah menjadi “D” yang akhirnya menjadi Godzilla.


2. Konsep Awal Pembuatan

Godzilla (2014)Godzilla (2014)

Awal mula pembuatan karakter Godzilla yaitu penampakan raksasa cumi-cumi yang berubah menjadi monster raksasa, bukan seperti sekarang yang berbentuk naga atau Dinosaurus. Dengan permintaan sang Produser Tomoyuki Tanaka untuk mengganti konsep karakter Godzilla, maka para tim memutuskan untuk mengubah bentuk Godzilla menjadi seperti T-rex.


3. Kostum Godzilla yang hilang

Penemuan kostum Godzilla yang terdampar di tepi Danau Okutama (dekat Tokyo) sempat membuat heboh para penduduk disana. Pasalnya, kostum yang hilang di tahun 1992 ini, merupakan kostum Godzilla yang diambil dari sebuah garasi Toho dan bernilai sekitar US$ 39.000.

4. Perubahan Karakter Godzilla

Di tahun 1966, terdapat film yang berjudul GODZILLA VS THE SEA MONSTER yang seharusnya menjadi film kingkong. Tetapi nyatanya film ini gagal karena hak cipta kingkong yang sudah dipegang oleh MGM. Adanya perubahan karakter dari Kingkong ke Godzilla ini lah yang membuat film Godzilla menjadi film ke tujuh monster di dunia.


5. Penampakan yang bikin heboh

Saat penayangan teaser film Godzilla di Teater 3000, tiba-tiba terdapat penampakan sesosok alien yang mengejutkan penonton di sana.


6. Film yang sukses di Amerika maupun Jepang


Setelah rilis di Amerika dan meraih kesuksesan, film Godzilla ditayangkan di Jepang era 1950-an dan banyak orang mulai mengenal Godzilla. Hal ini yang membuat Tokyo mendirikan patung Godzilla setinggi hampir 20 meter yang menghiasi negeri sakura itu.


7. Beban aktor memakai kostum bisa mencapai 90 kilogram

Pada edisi perdana Godzilla, aktornya terpaksa menggunakakan pakaian seberat 90 kilogram. Demi menunjukkan karakter seram dari seorang monster yang menyerang manusia, actor harus mau menggunakan aksesoris pelengkap Godzilla. 

Pakaian seberat 90 kilogram tersebut menggambarkan monster setinggi 164 meter dengan berat 20.000 ton. Tapi kelemahannya, actor harus bergerak dengan lambat akibat memakai kostum ini.

8. Asal mula suara Godzilla

Kalau KLovers pernah menonton film ini, pasti kamu bertanya-tanya darimana asal suara Godzilla yang besar tersebut. Teryata, suara raungan yang dikeluarkan Godzilla berasal dari gosokan sarung tangan diatas string bass violin, lo. Wah nggak nyangka banget kan?

Suara yang sudah ditimbulkan tersebut, kemudian direkam dan digunakan monster di film ini. Pastinya dong, dengan bantuan teknologi yang modern bisa menghasilkan suara yang menjadi realitas dari monster.


9. Cerita di balik Jean Reno, pemeran dalam film Godzilla 1998 

Jean Reno mengunggapkan selama proses pembuatan film ini, tubuhnya selalu basah kuyup karena kostumnya yang panas membuat badannya selalu berkeringat. Reno menjelaskan bahwa ia pernah mengukur suhu badannya saat menggunakan kostum  Godzilla menggunakan thermometer, dan hasilnya menunjukkan 60 derajat celcius.


10. Terinspirasi dari beberapa hewan


Cenderung memiliki bentuk seperti dinosautus dan terkadang seperti kadal besar, namun sebenarnya desain Godzilla terinspirasi dari bayak hewan seperti beruang, komodo, anjing, dan elang.

11. Miliki Banyak musuh yang kuat-kuat

Dari tahun ke tahun, selalu hadir episode-episode Godzilla yang terus dinantikan. Di setiap episode itulah, Godzilla akan bertemu dan bertarung  dengan monster-monster raksasa baru yang tak kalah kuatnya, seperti misal yang terkenal adalah King Ghidorah, Mothra, dan lain-lain.

12. Susahnya mencari material kostum Godzilla

Tim Artisik film Godzilla mengatakan bahwa tantangan terbesar saat membuat kostum ini adalah sebelumnya mereka belum pernah membuat kostum seperti ini. Karena mencari material kostum sangat susah , sehingga mereka memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar, seperti bambu, kawat, dan kabel.


13. Pengisi suara film Godzilla

Versi barat dari film ini, sebagian besar pengisi suara latar dengan baritone tinggi dilakukan oleh George Takei. George Takei merintis debut pertamanya dengan berakting di film Godzilla tahun 1955 dengan judul Godzilla Raids Again. Salah satu pemain serial Star Trek ini sungguh bersungguh-sungguh dalam berkontibusi  untuk penyumbangan suaranya tersebut.

14. Melawan Avengers

Hadirnya sosok Godzilla di kehidupan Marvel membuat Godzilla diangkat dalam cerita melawan beberapa super hero, salah satunya yaitu pasukan Fantastic Four. Ini dilakukan karena konsep film Batman vs Godzilla tidak dapat terealisasikan , sehingga pihak Marvel mengambil celah demi keuntungan untuk diangkat dalam serial komik melawan Avengers ke dalam 4 volume.

15. Pembuatan cerita ulang

Di tahun 1998, Film Godzilla versi Amerika pernah dilakukan reboot, atau pembuatan cerita ulang yang diperankan oleh Bart Simpson (Cartwright), Ned Flanders (Shearer), dan Moe Szyslak (Azaria).


16. Menjadi nama fosil

Godzilla (2014)Godzilla (2014)


Godzilla menjadi nama fosil yang ditemukan di timur laut New Mexico, Gojirasaurus quayi kira-kira sepanjang 18 meter dan hidup sekitar 210 juta tahun yang lalu selama periode Triassic.

17. Penghargaan kaki Godzilla

Tau nggak sih? ternyata kaki monster Godzilla mendapat penghargan dari perfilman Hollywod Walk of Fame di tahun 2004 lo.

18. Insiden Kebakaran

Sebelum akhirnya Godzilla bertarung dengan Mothra di tahun 1964, ada hal yang tak diduga terjadi. Yaitu baju atau kostum si monster Godzilla ini terbakar begitu saja.

19. Gereja Godzilla

Gereja God-Zillah didirikan pada saat decade sebelum adanya konsepsi radiokatif. Tepat di belakang halaman gereja ini terdapat kerangka baja dinosaurus yang berbentuk patung dan dapat dilihat seperti memegang salib dan tanda tertentu. Pendeta Gary Connerpun ikut memuji kemegahan patung Godzilla ini.


20. Akting lucu sebuah iklan bersama Godzilla

Di tahun 1992, perusahaan sepatu raksasa Nike, mengajak tokoh Godzilla untuk mengisi salah satu scene bersama pembasket Charles Barkley untuk bermain basket. Bisa dibayangkan lah ya, tubuh besar Godzilla saat bermain basket bagaimana.
 
Itulah fakta-fakta unik Godzilla yang mungkin baru kamu ketahui. Fakta keberapa yang bikin kamu geleng-geleng kepala? 

Penulis: Valentya Chusni

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI