3 Cara Membuat Slime Dari Shampo Dengan Praktis Dan Murah Meriah

Sabtu, 15 Juni 2019 14:00 Penulis: Editor KapanLagi.com
3 Cara Membuat Slime Dari Shampo Dengan Praktis Dan Murah Meriah
Ilustrasi slime(cr: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Kalau dengar kata slime mungkin beberapa orang ber fikir kalau itu sebuah kotoran karena jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah kotoran, tapi jangan salah KLovers, kali ini berbeda loh. Slime yang di maksudkan adalah sebuah mainan anak-anak, dengan tekstur agak sedikit lengket, kenyal, lembut dan berwarna-warni. Mainan ini di gemari dan menjadi populer beberapa tahun belakang ini di kalangan anak-anak dari umur 2-11 tahun bisa jadi lebih.
Dari teksturnya yang lembut dan kenyal membuat banyak orang gemas dan rela untuk mengocek uang banyak hanya untuk membeli mainan ini yang satu ini karena cukup dengan meremas-remas mainan ini kata orang sudah bisa menghilangkan rasa bosan atau kejenuhan.
Tapi jangan khawatir KLovers karena kamu bisa punya slime tanpa harus mengeluarkan uang banyak dan kamu bisa praktek kan langsung dirumah dengan praktis dan bahannya-bahannya di jamin murah meriah!


Yuk simak cara membuat slime dari shampoo :

1. Cara Membuat Slime Dari Shampoo dan Meizena 

Bahan :

1) Siapkan wadah mangkuk plastik/kaca.
2) Sendok
3) Lemari pendingin
4) Shampoo 120ml
5) Tepung Meizena 280gram
6) Air 90ml
7) Pewarna makan (sesuai selera)
8) Wewangian (sesuai selera)
9) Glitter (optional)

Cara Membuat :
1) Masukkan sampo kental ke dalam wadah mangkuk. Pilihlah sampo dengan konsistensi yang kental. Lalu tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan sesuai selera dan wewangian agar slime nantinya baunya lebih segar.
2) Setelah itu tambahkan glitter jika KLovers ingin slimenya berkelap-kelip.
3) Langkah selanjutnya ialah menambahkan tepung meizena sedikit demi sedikit aduk dengan sendok. Jika slime yang KLovers inginkan kurang kenyal kalian bisa menambahkan tepung meizena lebih banyak.
4) Lalu tambahkan air 90ml ke dalam adonan slime sambil di ulenin, jika KLover ingin slimenya lebih lembek tambahkan air lagi tapi kalau KLover ingin slimenya keras seperti adonan jangan tambahkan air lagi.
5) ulenin adonan slime hingga bahan-bahan merata
6) Masukkan adonan slime yang sudah merata ke dalam lemari pendingin selama 10-60 menit.
7) Langkah terakhir untuk memastikan slime sudah kenyal ulenin kembali adonan slime.(dilansir dari wikihow.com)


2. Cara Membuat Slide Dari Shampoo dan Pasta Gigi 

Bahan :

1) Shampoo
2) Pasta Gigi
3) Pewarna makanan (sesuai selera)
4) Tusuk gigi
5) Lemari Pendingin
6) Wadah mangkuk

Cara Membuat :
1) Masukkan sampo kental ke dalam wadah mangkuk. Pilihlah sampo dengan konsistensi yang kental. Sampo berwarna putih atau non-transparan dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Keluarkan sekitar 2 sendok makan atau dua kali tekan (30 ml) sampo ke dalam wadah mangkuk dan masukkan pewarna makanan secukupnya.
2) Tambahkan sedikit pasta gigi. Pasta gigi non-transparan (berwarna putih atau min) dapat menjadi pilihan terbaik, tetapi kamu juga bisa menggunakan pasta gigi “bergaris”. Tambahkan pasta gigi dengan takaran seperempat dari banyaknya sampo yang digunakan. Satu sendok teh pasta gigi dirasa sudah cukup.
3) Aduk kedua bahan menggunakan tusuk gigi. Ketika diaduk, sampo dan pasta gigi akan membentuk campuran kental. Proses ini memakan waktu sekitar satu menit.
4) Tambahkan lebih banyak sampo atau pasta gigi jika dibutuhkan, dan aduk kembali bahan-bahan. Jika tekstur slime terlalu keras, tambahkan lebih banyak sampo. Jika slime terlalu encer, tambahkan pasta gigi. Aduk kembali bahan-bahan selama sekitar satu menit atau hingga tekstur dan warnanya lebih lembut.
5) Bekukan slime selama 10-60 menit. Periksa adonan setelah 10 menit. Teksturnya akan terasa lebih keras, tetapi tidak padat seperti es. Jika slime masih terasa terlalu encer, bekukan kembali selama sekitar 50 menit.
6) Ulenin adonan slime hingga teksturnya lebih halus. Keluarkan slime dari lemari pembeku. Giling dan remas adonan menggunakan jari hingga teksturnya kembali terasa lembut dan elastis.

3. Cara Membuat Slime Dari Shampoo dan Garam

Bahan :

1) Shampoo
2) Garam
3) Pewarna Makanan (sesuai selera)
4) Tusuk gigi
5) Lemari Pendingin
6) Wadah mangkuk


Cara Membuat :
1) Masukkan sampo ke dalam wadah kecil. Keluarkan sampo sebanyak 1-2 kali tekan botol untuk saat ini. Kamu bisa menggunakan jenis sampo apa pun, tetapi sampo kental berwarna putih dapat menjadi pilihan terbaik dan tambahkan pewarna makanan secukupnya.
2) Tambahkan pasta gigi. Gunakan pasta gigi sebanyak sepertiga jumlah sampo yang sebelumnya ditambahkan. Kamu bisa menggunakan pasta gigi apa pun. Pasta gigi non-transparan merupakan pilihan paling populer untuk membuat slime, tetapi untuk proyek ini, pasta gigi gel dapat menjadi pilihan yang lebih baik
3) Aduk bahan-bahan hingga tercampur. Kamu bisa mengaduk bahan-bahan menggunakan tusuk gigi, stik es loli, atau sendok kecil. Terus campurkan adonan hingga warna dan tekstur slime merata. Jangan khawatir jika pada tahap ini, adonanmu belum tampak seperti slime
4) Tambahkan sedikit garam dan aduk kembali adonan. Tetap aduk hingga sampo, pasta gigi, dan garam membentuk slime. Proses ini memakan waktu sekitar satu menit. Sekarang, adonan Anda mulai tampak seperti slime.
5) Sesuaikan konsistensi sambil tetap mengaduk adonan. Tambahkan sampo, pasta gigi, dan garam sedikit demi sedikit sambil tetap mengaduk adonan. Slime siap dimainkan ketika adonan mulai menggumpal dan tidak lagi menempel ke dinding wadah.

Demikian 3 cara membuat slime dari shampoo yang bisa kamu praktek kan dirumah dengan bahan-bahan yang murah meriah. Selamat mencoba KLovers.


Penulis : Andy Nuzululsani Zulfina Arifansyah

 

(kpl/mag/nnn)



MORE STORIES




REKOMENDASI