35 Kata-Kata Silaturahmi Islami dan Penuh Makna, Pesan Bijak untuk Memperkuat Persaudaraan

Kamis, 17 Juni 2021 18:55
35 Kata-Kata Silaturahmi Islami dan Penuh Makna, Pesan Bijak untuk Memperkuat Persaudaraan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Manusia dikenal sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Sesekali, kita akan membutuhkan uluran tangan orang lain saat menghadapi kesulitan. Oleh karena itu, sudah semestinya selama hidup di dunia, kita selalu menjaga hubungan baik dengan sesama. Memberikan kata-kata silaturahmi bisa jadi satu cara termudah untuk menjaga hubungan baik dengan teman atau keluarga.

Silaturahmi terbukti dapat memperkuat hubungan persaudaraan. Selama ini silaturhami lebih identik dengan perayaan hari raya Idulfitri. Padahal, silaturahmi bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu momen hari raya. Malahan, kemajuan teknologi saat ini telah membuat silaturahmi jadi lebih mudah dilakukan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata silaturahmi yang penuh makna dan bisa perkuat tali persaudaraan.

1. Kata-Kata Silaturhami Bijak

Silaturahmi tidak saja berguna untuk menjaga hubungan dengan sesama. Dengan bersilahturami, seseorang juga akan belajar kebijaksanaan. Sebab, saat bersilahturami seseorang juga belajar memahami dan menghargai orang lain. Berikut kata-kata silaturahmi yang mengajarkan kebijaksanaan.

1. "Kebersamaan itu penting, bukan hanya untuk menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik."

2. "Jadikanlah silaturahmi dengan teman-temanmu sebagai warna-warni yang penuh keindahan, penuh kasih sayang, rukun, dan damai selalu."

3. "Jagalah hubungan kita dengan sesama, tinggalkan sifat hasad, dendam, takabur, dan sebagainya. Sambung kembali silaturahmi yang telah putus."

4. "Orang yang beruntung adalah orang yang memiliki banyak pembela melalui sebuah ikatan persaudaraan."

5. "Silaturahmi, mendekatkan kebaikan, menjauhkan dari segala beban."

6. "Perluaslah relasimu, perluas kuburanmu, perpanjang umurmu, dan perlancar rezekimu hanya dengan melakukan silaturahim, menghubungi saudara lama, memaafkan kesalahan teman, dan saling mengunjungi satu sama lain."

7. "Bisnis terbaik adalah bisnis yang saling membangun silaturahim, memperluas relasi, dan membangun network."

8. "Silaturahim adalah cara terbaik untuk menjembatani dua insan yang sedang berselisih. Mendekatkan jarak yang jauh, memberikan kabar, dan saling mendoakan satu sama lain."

9. "Letakkanlah lidah di belakang akal, bukan lidah di depan akal. Karena apa? Karena lidah banyak menyebabkan silaturahim putus, dan karena lidah, penyebab kita menjadi egois."

10. "Bangunlah kariermu dengan menjaga silaturahim sesama saudara, jangan pernah mengorbankan orang lain untuk kepentingan duniamu. Karena memutuskan silaturahmi, hanya akan mempersempit rezekimu, memberikan kelemahan dalam setiap urusan duniamu."

11. "Indahnya kebersamaan akan diraih apabila sesama muslim saling menjaga silaturahim, memberikan kepedulian kepada sesama. Karena bagi seorang islam, kekuatan terbesar adalah solidnya persaudaraan muslim."

12. "Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama telah memudar, maka silaturahmi akan terpecah."

2. Kata-Kata Silaturahmi Penuh Makna

Kata-kata tentang silaturahmi tidak saja mengajak kita menjaga hubungan baik dengan sesama. Lebih dari itu, kata-kata ini juga mengandung makna yang begitu dalam. Sehingga, dari kata-kata ini kita bisa belajar banyak hal tentang hidup dan kebersamaan. Berikut kata-kata silaturahmi yang penuh makna.

13. "Di dunia ini tidak ada yang lebih banyak membuka kunci pintu dibanding berkenalan dengan banyak orang, silaturahmi." - Tere Liye

14. "Dengan silaturahim, sekat yang dulu ada dengan sendirinya memudar."

15. "Silaturahmi itu meluaskan pikiran, memperkaya sudut pandang, dan merupakan satu di antara dari sekian banyak pintu rezeki."

16. "Persaudaraan adalah penyatuan. Menjadikan anda menyatu dengan mereka. Layaknya ikatan saudara kandung yang tak mungkin bisa lepas."

2. "Silaturahmi adalah jembatan yang menghubungkan dua sisi yang berbeda dengan jiwa kasih dan sayang."

"Kalau saja semua manusia lebih mencintai sesama manusia daripada harta maka dunia ini akan nyaman dan indah dalam kebersamaan."

18. "Silaturahim tidak hanya untuk menjaga persaudaraan, akan tetapi juga menambah rezeki dan memperpanjang umur. Jadim apabila kamu ingin berkah dalam hidupmu, menjaga persaudaraan adalah yang harus dilakukan."

14. "Jarak boleh terpisah, tapi kebersamaan tetap terjaga. Itulah pengertian dari silaturahmi."

26. "Ayo berbuat baik kepada orang lain. Saling menjaga pertemanan dan tidak memusuhi. Berikan hal terbaik untuk membantu saudara kita."

29. "Liang lahat adalah tempat yang paling sempit, maka luaskanlah dengan menyambung silaturahmi."

17. "Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan." - Soekarno

19. "Sahabat ibarat mata dan tangan kita. Saat mata menangis tangan mengusap, saat tangan terluka mata menangis."

20. "Ikatan persaudaraan membuat kita tak terpisahkan, saling menguatkan, dan saling menutupi kekurangan."

21. "Matahari tak pernah memilih siapa yang harus diberikan sinar. Mari kita coba teladani itu, pahamilah perbedaan dan hargai siapa pun dia."

22. "Setiap kebersamaan pasti akan berakhir, tapi kebahagiaannya akan tetap abadi dalam kenangan indah kita."

23. "Terkadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, agar kita lebih menghargai indahnya kebersamaan."

24. "Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama telah memudar maka silaturahmi akan terpecah."

3. Kata-Kata Silaturahmi Islami

Dalam agama Islam, menjaga silaturahmi jadi satu hal yang sangat dianjurkan. Pasalnya, selain hubungan dengan sang Pencipta, menjaga hubungan dengan sesama manusia juga menjadi hal terpenting dalam menjaga ketakwaan. Berikut kata-kata silaturahmi dengan nuansa islami.

25. "Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi." - HR Tirmidzi

26. "Tidak ada dosa yang Allah percepat siksaan kepada pelakunya di dunia serta yang tersimpan untuknya di akhirat, selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi." - HR Tirmidzi

27. "Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturahmi, niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak, serta keluarganya akan mencintainya."- HR Bukhari

28. "Satu di antara golongan orang yang tidak akan mencium bau surga ialah orang suka memutuskan tali persaudaraan atau tali silaturahmi."

29. "Ada dua kaki yang sangat disukai Allah, yaitu kaki yang dilangkahkan untuk menunaikan salat fardhu dan kaki yang dilangkahkan untuk silaturahmi."

30. "Seorang muslim yang baik tentunya mendoakan saudaranya, memberikan rasa aman kepada tetangganya, dan memberikan manfaat untuk banyak orang. Silaturahmi adalah inti dari kekuatan umat muslim dalam menjaga persatuan."

31. "Silaturahmi adalah hal yang wajib dilakukan, mengunjungi saudara, memberikan doa, dan saling melindungi."

32. "Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu" - HR Ahmad

33. "Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi." - HR Bukhari

34. "Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi." - HR Muslim

35. "Tali silaturahmi adalah persaudaraan hebat yang terjalin atas dasar iman dan takwa."

Itulah di antaranya 35 kata-kata silaturahmi yang penuh makna dan bisa memperkuat persaudaraan. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI