4 Cara Membersihkan Earphone Berwarna Putih Agar Tetap Terlihat Bersih dan Selalu Baru

Selasa, 07 Juni 2022 15:07 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Cara Membersihkan Earphone Berwarna Putih Agar Tetap Terlihat Bersih dan Selalu Baru
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Sudah menjadi rahasia umum jika semua item berwarna putih akan selalu cepat terlihat kotor ketika terdapat noda sedikit saja. Salah satu yang mudah sekali terlihat kotor adalah earphone berwarna putih.

Bukan tentang performa audio, namun earphone berwarna putih yang sudah kotor bisa menurunkan kepercayaan diri pengguna bahkan hingga di tahap enggan untuk digunakan di tempat umum.

Untuk itu, earphone putih kesayangan perlu dibersihkan dengan tepat agar tetap terlihat seperti baru. Seperti apa sih caranya?

1. Pisahkan Silikon pada Earphone Jika Ada

Awali membersihkan earphone putih dengan cara memisahkan tiap bagiannya terlebih dahulu. Bagian paling utama yang perlu dipisahkan adalah silikon pada kepala earphone. Kemudian pisahkan juga kawat pengikat yang biasanya menempel pada kabel earphone. Setelah itu, bersihkan bagian silikon tersebut hingga nggak ada lagi noda yang tersisa.

2. Bersihkan Filter Earphone dengan Cotton Buds

Untuk mengoptimalkan pembersihan, gunakan cotton buds guna menjangkau kotoran yang membandel. Jika kotoran masih sulit dihilangkan, kamu bisa meneteskan sedikit alkohol pada ujung cotton buds sehingga akan mempermudah pembersihan.

Namun satu hal yang pasti, bersihkan secara lembut dan minim tenaga. Hal ini penting mengingat earphone cenderung rapuh dan bisa mengalami kerusakan jika nggak berhati-hati dalam membersihkannya.

3. Keringkan dengan Tisu

Setelah pembersihan, proses yang penting untuk dilakukan adalah pengeringan. Hal ini nggak boleh diabaikan, sebab permukaan earphone yang lembap dan nggak dikeringkan secara sempurna malah akan menimbulkan kotoran lain. Selain itu, lembapnya earphone juga bisa memicu korsleting yang berujung pada kerusakan.

4. Gunakan Baby Oil untuk Membersihkan Kabel Earphone

Nggak cuma bagian kepalanya, kabel dari earphone juga perlu dibersihkan agar tetap terlihat seperti baru. Jika dilihat dengan saksama, permukaan kabel akan terlihat ternoda baik dari debu atau yang lain.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kapas yang telah diteteskan baby oil. Usapkan secara merata dan kabel earphone kesayangan akan kembali putih dan bersih seperti baru.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI