4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Putuskan Career Break, Biar Lebih Siap Hadapi Tantangan Baru

Minggu, 14 Agustus 2022 10:00 Penulis: Wuri Anggarini
4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Putuskan Career Break, Biar Lebih Siap Hadapi Tantangan Baru
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Career break atau rehat sejenak dalam karier bisa menjadi pilihan buat yang merasa burnout atau stuck dalam perjalanan kariernya. Awalnya mungkin menjadi sebuah keputusan yang cukup 'menyeramkan' karena ada banyak hal yang dipertaruhkan. Namun, jika dilakukan dengan penuh perencanaan, career break dapat memberikan banyak manfaat. Mulai dari memberikan kesempatan untuk meningkatkan skill yang dimiliki, mendongkrak motivasi, hingga membantu membuatmu menemukan tujuan baru dalam hidup.

Jadi, apa saja sih yang harus dilakukan setelah memutuskan career break agar lebih siap menghadapi tantangan baru?

1. Self-Reward karena Berani Keluar dari Zona Nyaman

Memutuskan career break bukanlah hal yang mudah, karena harus keluar dari zona nyaman pekerjaan yang dijalani saat ini. Kalau dulu bisa gajian setiap bulan, setelah memutuskan career break sudah jelas bahwa kamu nggak lagi mendapatkan penghasilan. Jadi, saatnya merayakan keberanianmu dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri. 

Sebagai self reward, cobalah mencari inspirasi hadiah berupa sesuatu yang memang diinginkan dan memiliki makna mendalam. Misalnya saja, koleksi perhiasan berlian wanita dari The Palace Jeweler yang banyak jadi favorit para pencinta perhiasan di tanah air. Beragam koleksi perhiasan berlian, dari exclusive diamond pendant hingga anting berlian berkualitas, bisa menjadi pilihan sebagai hadiah career break yang dijalani.

Intip koleksi MOELA, koleksi perhiasan berlian terjangkau dari The Palace Jeweler yang launching tahun lalu dengan harga Rp 999ribuan, tahun ini kembali hadir dengan harga Rp 888ribuan saja. Siapa bilang perhiasan berlian itu mahal?

Koleksi Moela dari The Palace (c) Instagram/thepalace_idKoleksi Moela dari The Palace (c) Instagram/thepalace_id

Nggak hanya itu saja, The Palace Jeweler juga meluncurkan seri Kasmaran rilisan Juni, yang merupakan pengembanagn dari Kasmaran rilisan Februari lalu. Pada seri Kasmaran ini, The Palace berkolaborasi dengan maestro fashion Indonesia, Anne Avantie. Dengan tema penuh cinta dan sarat kearifan lokal, unique diamond pendant Kasmaran hadir sebagai pelindung sekaligus pengikat asmara, serta menjadi lambang harapan dan doa bagi yang sedang kasmaran.

Seri Kasmaran rilisan Juni dari The Palace (c) Instagram/thepalace_id Seri Kasmaran rilisan Juni dari The Palace (c) Instagram/thepalace_id

Menariknya lagi, koleksi Nusantara dengan desain ready-to-wear kini bisa didapatkan di semua gerai The Palace yang ada di Indonesia. Jadi, semakin mudah memilih cincin berlian wanita atau model perhiasan terbaru lainnya yang akan menjadi self-reward buatmu.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak yang menganggap bahwa perhiasan berlian itu mahal. Untuk mematahkan anggapan tersebut, The Palace meluncurkan TVC terbaru dengan alur cerita yang menarik dan menghibur.

Ada 2 seri TVC yang akan dihadirkan oleh The Palace, seri yang pertama dirilis pada bulan Agustus 2022 ini. Video campaign yang dikeluarkan oleh The Palace tersebut selaras dengan tagline mereka yaitu Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin. Yuk, langsung saja tonton TVC terbarunya di sini.

New 3T TVC dari The Palace (c) The Palace JewelerNew 3T TVC dari The Palace (c) The Palace Jeweler

The Palace mengusung tagline #Therlengkap, karena menawarkan pengalaman belanja yang unik dan berbeda yaitu dengan konsep one stop shopping destination. Harga yang ditawarkan juga #Therjangkau bagi pencinta perhiasan di tanah air. The Palace pun #Therjamin karena memberikan jaminan yang disampaikan dengan terbuka dan transparan, baik dari ragam kualitas berlian dan ketepatan kadar emas di setiap produknya.

Temukan informasi selengkapnya tentang produk #ThePalaceJeweler dengan mengunjungi situs resmi The Palace Jeweler, follow Instagram @thepalace_id, dan jangan lewatkan update seru lainnya di TikTok The Palace.

 

 

 

2. Refleksi Diri untuk Mencari Tahu Apa yang Ingin Dilakukan

Career break menjadi masa yang tepat untuk melakukan refleksi diri dan menentukan apa yang ingin dilakukan selanjutnya. Jika masih ingin berkarier dalam bidang yang sama, maka penting untuk upgrade skill selama career break agar kamu bisa naik level ketika kembali bekerja nanti.

Namun, jika merasa ingin melakukan hal lain, seperti switching career atau malah membuka bisnis sendiri, manfaatkan momen career break ini untuk menggali berbagai ilmu baru. Intinya, lakukanlah refleksi diri dan benar-benar dengarkan impian dan apa yang ingin dilakukan di masa depan.

 

 

 

3. Pertimbangkan Freelance Job agar Tetap Mendapatkan Pemasukan

Career break memang otomatis bikin kamu jadi pengangguran. Tapi, ada saatnya nih godaan untuk belanja produk skincare atau koleksi liontin berlian terbaru yang jadi incaran datang. Nah, pertimbangkan juga melakukan freelance job agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan.

Freelance job yang lebih fleksibel sangat cocok menjadi pemasukan tambahan selama menjalani career break. Siapa tahu ternyata dari project kecil-kecilan yang dikerjakan ini malah bisa memberikan insight baru untuk tujuan karier di masa depan.

 

 

 

4. Rancang Strategi Setelah Masa Career Break Berakhir

Di masa awal career break mungkin banyak yang memilih untuk beristirahat, traveling, atau melakukan hal yang disukai lainnya. Namun, jangan terlalu lama terlena dalam momen tersebut. Segera mulai pertimbangkan juga apa yang akan dilakukan setelah career break berakhir.

Jika ingin kembali bekerja, segera terapkan strategi apa saja yang harus dilakukan selama masa break ini untuk upgrade skill yang dimiliki. Misalnya, dengan memperbanyak mengikuti webinar atau online course, belajar bahasa asing lain, atau ciptakan networking baru.

Bagi yang ingin membangun bisnis, mulailah merancang bisnis apa yang akan dijalankan dan strategi untuk mewujudkannya. Jadi, waktu yang berjalan selama career break berlangsung nggak habis terbuang sia-sia.

Beberapa hal di atas bisa dilakukan selama masa career break, agar lebih siap menghadapi berbagai tantangan baru. Semoga sukses, ya!

 

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI