4 Lifehack Atasi Mabuk Perjalanan, Bekal Traveling pasca Pandemi Usai

Sabtu, 02 April 2022 16:24 Penulis: Jeffrey Winanda
4 Lifehack Atasi Mabuk Perjalanan, Bekal Traveling pasca Pandemi Usai
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Kabar gembira datang jelang Idul Fitri. Pemerintah akhirnya mengizinkan untuk masyarakat melakukan mudik ke kampung halaman pada liburan nanti. Asalkan sudah vaksin, masyarakat diizinkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan moda transportasi umum seperti bus kota, kereta api, hingga pesawat.

Setelah dua tahun terakhir harus stay di rumah aja, bukan nggak mungkin momen mudik nanti terdapat beberapa gangguan seperti mabuk perjalanan. Hal ini memang terlihat sepele, namun mabuk perjalanan bisa sangat mengganggu ketika melakukan perajalanan.

Meski begitu, ada beberapa trik yang bisa digunakan agar terhindar dari mabuk perjalanan. Apa saja sih?

1. Memejamkan Mata Sejenak ketika Perjalanan

Ketika rasa mual dan pusing sudah muncul, maka cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya adalah dengan cara beristirahat serta memastikan tubuh dalam kondisi relax. Lebih lanjut, memejamkan mata sejenak sembari menyandarkan tubuh akan meringankan mual yang muncul.

Selain itu, hentikan juga berbagai aktivitas yang memerlukan fokus seperti membaca buku atau mengakses smartphone. Hal ini diperlukan untuk memastikan tubuh benar-benar relax.

2. Sering Mengubah Posisi Tubuh

Meski terkesan sederhana, rutin mengubah posisi tubuh bisa mengurangi gejala mabuk perjalanan seperti mual lho. Oleh sebab itu, mengubah posisi tubuh secara berkala akan membantumu tetap bugar tanpa terkendala oleh rasa mual yang muncul. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh bisa bisa semakin mual jika kamu duduk dalam posisi menghadap belakang atau samping.

Kamu juga bisa berjalan-jalan sejenak atau sekadar meregangkan tubuh di tengah perjalanan jika memungkinkan. Cara ini akan membantu meringankan gejala mual yang muncul ketika dalam perjalanan.

3. Menyiapkan Aromaterapi

Selalu sediakan perbekalan yang berkaitan dengan kesehatan saat melakukan perjalanan ya, KLovers. Hal ini penting karena kondisi di perjalanan bisa saja berubah-ubah atas berbagai situasi.

Jika kamu merasa mual ketika berada dalam perjalanan, siapkan aromaterapi untuk bisa dihirup. Aroma ini bisa didapatkan dari berbagai minyak esensial tertentu, seperti minyak kayu putih, rempah, lavender, dan lain sebagainya. Semua aromaterapi akan memberikan dampak yang menenangkan bagi tubuh ketika kamu menyukai aroma tersebut.

4. Konsumsi Obat Mabuk Perjalanan

Jika ketiga cara di atas masih belum bisa meredakan gejala mabuk perjalanan, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan. Obat ini perlu diminum sebelum perjalanan agar dampaknya bisa dirasakan secara maksimal hingga kamu tiba di tujuan.

Siapkan obat anti mabuk perjalanan yang mengandung dimenhydrinate atau scopolamine ya. Kamu bisa menemukannya di apotek terdekat atau minimarket di sekitar tempat tinggalmu. Happy traveling, KLovers!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI