7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan, Hindari Membaca Buku dan Main Ponsel

Rabu, 19 Agustus 2020 17:33 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan, Hindari Membaca Buku dan Main Ponsel
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Berpergian atau melakukan perjalanan jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun,meriang untuk beberapa orang lainnya melakukan perjalanan justru jadi suatu hal yang menyebalkan. Saat berpergian jarak jauh, mabuk perjalanan jadi salah satu hal yang paling dikhawatirkan. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu cara mengatasi mabuk perjalanan.

Tak hanya mengganggu kenyamanan, mabuk perjalanan juga bisa mengganggu kesehatan. Jika mengalaminya, tubuh bisa merasa lemas, mual, hingga pusing. Akibatnya, tubuh menjadi tidak fit dan aktivitas di tempat tujuan akan terhambat. Akan tetapi, kalian tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Lantas bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan? Berikut beberapa ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Makan Sebelum Berpergian

Karena terburu-buru orang sering melewatkan makan sebelum berpergian. Padahal, berpergian dengan perut kosong bisa memperbesar kemungkinan mabuk perjalanan. Untuk mencegah terjadinya mabuk, sempatkan untuk mengisi perut dengan makan kira-kira 45-60 menit sebelum berangkat berpergian.

Beberapa jenis makanan seperti roti, daging, dan biskuit dipercaya bisa memberi efek tenang pada perut. Dampaknya, kita akan lebih terhindar dari rasa mual hingga muntah di perjalanan.

2. Pilih Tempat Duduk

Jika kalian berpergian memakai transportasi umum seperti bus atau kereta, kalian harus memilih tempat yang tepat. Ya, ternyata posisi kita duduk akan sangat menentukan kondisi kita selama di perjalanan. Pilih tempat duduk dengan sirkulasi udara terbaik, terutama apabila kalian berpergian dengan kendaraan tanpa AC.

Saat berpergian dengan bus, sebisa mungkin, kalian bisa memilih tempat duduk di bagian depan atau yang berada di dekat jendela. Dengan begitu, pandangan mata akan lebih leluasa sehingga lebih kecil risiko untuk pusing, kemudian mual.

Apabila berpergian dengan kereta, kalian bisa memilih tempat duduk yang menghadap ke depan. Artinya, jangan memilih kursi yang membuat kalian seolah berjalan mundur karena berlawanan arah dengan kota tujuan. Sebab, duduk di kursi tersebut bisa memicu pusing dan berujung pada mual.

3. Ngemil

Kalian yang hobi ngemil cukup beruntung. Sebab ternyata ngemil bisa jadi salah satu cara mengatasi mabuk perjalanan. Selain menyempatkan makan sebelum berangkat, makan atau ngemil selama di perjalanan juga sangat bermanfaat. Untuk mencegah mabuk di perjalanan, disarankan untuk makan dalam jumlah kecil atau ngemil setiap 1-2 jam sekali.

Namun kalian tak bisa ngemil dengan sembarang camilan. Pilihlah camilan yang cukup hambar, dan rendah asam lemak. Selain itu hindari pula makanan pedas dan berminyak karena justru bisa menyebabkan mual. Alkohol sebaiknya juga dihindari, karena selain bisa mengakibatkan hilang konsentrasi, alkohol juga bisa memicu dehidrasi.

4. Hindari Bermain Ponsel atau Membaca Buku

Mungkin bagi sebagian orang, bermain ponsel atau membaca buku adalah kegiatan yang menyenangkan dilakukan di perjalanan. Meski terlihat menyenangkan, ternyata kedua kegiatan ini bisa membahayakan kesehatan jika dilakukan di dalam kendaraan. Membiarkan mata hanya fokus pada satu titik seperti buku atau layar ponsel, justru akan membuat pusing.

Sebaliknya, gunakan perjalanan jauh sebagai momen mata beristirahat. Tak hanya dengan tidur, kalian juga bisa mengistirahatkan mata dengan melihat pemandangan di jendela. Sebisa mungkin, tatap objek di luar yang jaraknya jauh, seperti pohon, gunung, awan dan sebagainya. Tak hanya berfungsi mengistirahatkan, hal ini juga baik untuk kesehatan otot mata.

5. Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara dalam kendaraan berperan penting dalam kondisi kita di perjalanan. Apabila berpergian dengan mobil pribadi, sesekali kalian bisa membuka jendela untuk mendapatkan aliran udara dari luar. Merasakan hembusan angin terbukti ampuh bisa membuat seseorang merasa rileks dan tenang. Dengan begitu, akan lebih kecil risiko merasakan mual atau mabuk di perjalanan.

Jika sirkulasi udara dalam kendaraan baik, kalian bisa melakukan latihan pernapasan. Latihan ini berfungsi untuk semakin menenangkan perhatian dan perasaan. Kalian bisa latihan dengan mengambil napas dan mengeluarkannya secara perlahan. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari perasaan tidak enak atau tidak nyaman yang bisa memicu mual dan mabuk perjalanan.

6. Meminum Obat Antimabuk

Salah satu cara mengatasi mabuk di perjalanan yang paling ampuh dan paling sering dilakukan adalah meminum obat antimabuk. Saat ini, di pasaran sudah banyak dijual obat antimabuk. Selain berguna menahan rasa mual, obat ini juga kerap mengakibatkan ngantuk. Sehingga, orang yang meminumnya akan tidur di perjalanan dan terhindar dari mabuk.

7. Makan Permen Menyegarkan

Selain obat antimabuk, cara mengatasi mabuk juga bisa dilakukan dengan memakan permen. Permen dengan rasa menyegarkan seperti mint atau jahe sangat baik dikonsumsi di perjalanan. Permen rasa jahe dan mint akan memberikan sensasi menyegarkan di mulut dan tenggorokan. Selain itu, kedua jenis permen ini juga efektif menenangkan pencernaan. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari rasa mual dan mabuk perjalanan.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan. Kalian bisa menerapkan cara-cara di atas saat melakukan perjalanan. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI