Cocok Jadi Bekal Berpergian, Ini 7 Makanan yang Bisa Cegah Mabuk Perjalanan

Senin, 07 September 2020 18:33 Penulis: Puput Saputro
Cocok Jadi Bekal Berpergian, Ini 7 Makanan yang Bisa Cegah Mabuk Perjalanan
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Berpergian jadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Tak heran, tak sedikit orang yang menjadikan berpergian atau traveling sebagai hobi. Meski menyenangkan, nyatanya ada juga orang yang tidak menyukai kegiatan ini. Mabuk perjalanan bisa jadi alasannya. Padahal, mabuk perjalanan bisa dicegah. Salah satunya, dengan membawa bekal makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan.

Ya, makan dalam kendaraan selama perjalanan jauh memang bisa jadi salah satu cara mengatasi mabuk perjalanan. Namun, ternyata tak semua jenis makanan berkhasiat mencegah mabuk perjalanan. Malahan, makanan tertentu bisa meningkatkan risiko mengalami mabuk perjalanan.

Jadi, agar tak salah membawa bekal, simak ulasan beberapa makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Permen

Permen jadi salah satu bekal andalan banyak orang saat berpergian. Selain praktis, permen mempunyai banyak pilihan rasa. Namun, untuk mengatasi mabuk perjalanan, sebaiknya kalian pilih permen dengan rasa asam menyegarkan, seperti lemon, mint, atau jahe. Permen dengan rasa-rasa tersebut terbukti ampuh menghilangkan rasa asam dan mual.

Hindari permen dengan rasa manis yang bisa membuat eneg, seperti rasa susu, krim, atau karamel. Sebab permen rasa ini justru dipercaya bisa memicu rasa mual.

2. Jeruk

Selain permen, buah-buahan juga bisa jadi salah satu makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan. Salah satu buah yang cocok dijadikan pegal berpergian ialah jeruk. Jeruk mempunyai yang asam dan segar. Hal ini membuat jeruk berkhasiat dalam menyegarkan mulut, sehingga berdampak pada berkurangnya rasa mual. 

3. Pisang

Jeruk bukan satu-satunya buah yang termasuk dalam jenis makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan. Pasalnya, pisang ternyata juga punya manfaat serupa. Walaupun tidak mempunyai rasa yang asam dan menyegarkan, pisang mengandung cukup tinggi kalium dan protein.

Pisang dipercaya bisa memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh. Sebab, jika asupan nutrisi tidak terpenuhi, tubuh tidak akan punya cukup energi. Akibatnya, daya tahan tubuh saat melakukan perjalanan lebih rentan terganggu, sehingga lebih berisiko mengalami mabuk perjalanan. Oleh karena itu, membawa bekal 1-2 buah pisang saat berpergian bisa jadi satu cara untuk mencegah mabuk.

4. Jahe

Sudah sejak lama jahe dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang punya banyak khasiat. Selain bisa memberi rasa hangat, jahe ternyata juga mampu mengatasi rasa mual di perut, gangguan pencernaan, dan perut kembung. Tak mengherankan jika banyak yang memanfaatkan jahe untuk mengatasi mabuk saat berpergian.

Selama berpergian, kalian bisa membawa jahe dalam bentuk minuman seperti wedang jahe, atau dalam bentuk makanan seperti permen. Meminum air jahe sebelum berangkat dipercaya bisa mengurangi risiko mabuk perjalanan. Sementara, permen jahe bisa kalian konsumsi saat mulai merasa mual akibat mabuk perjalanan.

5. Biskuit Kering

Makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan berikutnya adalah biskuit kering. Dilansir dari hellomotherhood.com, biskuit kering diyakini dapat membantu meredakan sakit perut dan mencegah mual hingga muntah saat mabuk perjalanan. Lebih lanjut, jenis biskuit yang paling disarankan untuk mencegah mabuk perjalanan adalah biskuit gandum.

Biskuit kering jenis gandum diyakini dapat membantu mengurangi jumlah air liur di mulut. Secara tidak langsung, hal tersebut akan turut mengurangi perasaan mual dan sakit perut. Sebaliknya, saat menempuh perjalanan hindari jenis biskuit dengan rasa pedas atau rasa bawang. Sebab, kedua jenis rasa tersebut justru bisa memicu rasa mual dan sakit perut.

6. Air Lemon dan Madu

Seperti yang dibahas sebelumnya, rasa asam dan menyegarkan bisa jadi salah satu solusi dalam mengatasi mabuk perjalanan. Oleh karena itu, lemon juga termasuk dalam jenis makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan. Maka, untuk bekal minum saat di perjalanan kalian bisa membawa air lemon.

Agar khasiatnya semakin bertambah, kalian bisa menambahkan madu. Sebab seperti yang kita tahu, madu merupakan salah satu bahan alami yang berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Air Kelapa

Selain air lemon dengan madu, air kelapa juga bisa jadi salah satu pilihan bekal minuman saat berpergian. Sejak lama air kelapa dikenal ampuh dalam menetralisir racun dalam tubuh. Berdasarkan manfaat tersebut, air kelapa juga diyakini bisa meredakan mabuk di perjalanan.

Nah, itulah di antaranya beberapa jenis makanan yang bisa cegah mabuk perjalanan. Jadi, kalian bisa menjadikan makanan-makanan di atas sebagai bekal saat berpergian. Dengan begitu, risiko mengalami mabuk perjalanan akan lebih kecil.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI